Tag Archive | Tradisi

(Indonesian) Grilled Corn

What did you find after New Year party? First is the smell of gunpowder (the vestige of fireworks). This smell makes your city feel Gaza, full of gun shoot.

Second is the corncob. I don’t know why, but Indonesian like to have a barbeque party in the New Year night. In Java, they grilled the corns. What about in Papua? Maybe they grilled boars. So in the morning, there would be boar remnants everywhere.

In some regions, grilled corn has many tastes. Original = only with butter. Spicy = butter + hot sauce. Chocolate = butter + chocolate milk powder (milo for example). Orange = butter + orange drink powder (nutrisari for example). This is stupid. You buy a corn to taste an orange. Why don’t you buy an orange from the start? It is like you want to be baptized, but when the pastor is up to pour the water upon you, you open an umbrella.

And it is getting worse. Maybe one day they will create another taste: black menthol = butter + tobacco powder. For that flavor, they only burn the edge.

They need to invent a relaxing taste. Rest flavor = the rest of it. The corncob. So they don’t need to grill it.

After the New Year party, we will find corncobs in the street. It is very disturbing. I think, actually we can reuse and recycle it into something except compost fertilizer. Maybe after we eat the grilled corns, we can use the corncob as toy. Fake fang maybe. LIke this:

diego-ice-age-wallpapers-9-0-s-307x512

Or for you who catholic, you can collect the corncobs as much as you can. Tie them up, and then make a big rosary from those things.

Anyway. New Year Party is great. It is a party of God’s providence on earth. Earth has been surrounding the sun for years and earth is still survived. She doesn’t get confused of those maneuvers.

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Ormas Garis Keras berulah lagi (revisi)

Ya agak telat sih. abisnya MKM sibuk banget kuliah. Tapi tetep aja MKM pingin menyoroti masalah ini. Jadi katolik di Indonesia itu gak enak. Kemaren ada kejadian orang lagi doa Rosario didatengin sama orang bergamis. Dikiranya mau ikut doa Rosario, eh ternyata nggebukin.

gak cuma sekali ini, ormas-ormas kayak gini udah sering banget bikin ulah. ada temen MKM dulu dikejar FPI karena tahu dia kristen. ke sekolah dikejar, ke rumah dikejar, ke gereja dikejar. kayaknya cuma ke surga aja deh yang gak bisa dikejar FPI.

Nah, setelah kejadian ini, MKM googling. ternyata di Indonesia banyak ormas-ormas kayak gini. ada GAM (Gerakan Anti Maksiat), FJI (Front Jihad Indonesia), FPI (Front Pembela Iblis). banyak!

Tapi MKM percaya bahwa sebenarnya FPI ini Cuma orang yang gak punya tempat buat menyalurkan bakatnya. Iya, kalo dalam teori kecerdasan, FPI ini kinestetiknya tinggi. Bakat mukulin orang.

Jadi saran MKM buat FPI, mending pindah katolik aja. Di katolik kalian bisa menyalurkan bakat kekerasan kalian. Buat drama penyaliban Yesus. kami butuh orang yang bisa gebukin orang tulus dari hati. Jadi namanya tetep FPI, tapi Front Pembela Injil.

Yang nyebelin lagi adalah kata-kata dari polisi yang menangani. Katanya, kami gak boleh beribadah di rumah. Terus harus di mana? Gereja? Kami bangun gereja aja izinnya dipersulit, ditolak warga pula!

Terus kami harus ibadah di mana? Masjid? Bisa sih. Kalo yang islam kan sebelum masuk masjid, wudhu dulu. Kita juga, nyalain kran, ambil air, bikin tanda salib. Masuk!

Kalau kami bikin gereja dipersulit, ya udahlah! Kami bikin masjid aja. Nanti kita kasih nama bukan al-iklas atau al-barokah, tapi al-oysius Gonzaga.

udahlah. gak usah ngurus FPI. doakan aja mereka tobat dan menemukan jalan yang benar. Shalom Satu Jiwa!

Rima Remaja Kristiani

Maaf ya pembaca, MKM lagi hari-hari UAS, jadi susah ngepost. gantinya, MKM post puisi yang MKM buat. selamat membaca

Teman-teman yang saya kasihi.

Kondisi umat kristiani di negeri ini cukuplah ngeri

Kini, muda mudi Kristen dapat digolongkan jadi dua kategori

Yang pertama adalah yang gak tau diri

Pendeta khotbah dikira stand up comedy

Mungkin bagi mereka alkitab itu fiksi

Bagai komik naruto versi rohani

Kalau kalian ke gereja tanpa hati nurani,

Mending ambil tali, gantung diri, sambil selfie

kedua adalah mereka yang doyan pelayanan sana-sini

Semua dikorbankan atas nama melayani

Dari mulai lupa makan, lupa mandi, sampai lupa diri

Tapi tidak lupa selfie

Tapi banyak dari mereka malah jadi farisi

Pagi pelayanan di sini

Malam buka video miyabi

Jelaslah apa yang mereka nanti

Kedatangan Yesus yang kedua kali

Juga kapan ariel bikin video lagi

Kalau kalian pelayanan Cuma cari buat sensasi

Apa bedanya kalian sama politisi

Yang umbar janji Cuma buat berebut kursi

gitu. Shalom Satu Jiwa!

MKM dan Seni Musik Klasik

MKM baru aja belajar sejarah. MKM baca buku sejarah yang bagus banget. Setelah MKM buka bukunya, ternyata isinya makanan. Ya udah, MKM jadinya makan. Ada nasi pra sejarah, ceker T-rex, disiram saus fossil (minyak bumi).

Tapi MKM terhitung di antara orang-orang yang suka sesuatu yang bersejarah. Contohnya, MKM suka banget music klasik. Makan yang paling enak itu kalo diiringi sama music klasik. Makannya pake garpu tala.

MKM suka banget nulis. Bahkan kalo nulis surat, tulisan MKM itu terpengaruh dengan music klasik. MKM kalo nulis surat di partitur. Tulisannya pake not balok.

Tidur juga enak kalo diiringi music klasik. Rasanya lebih syahdu. Kalo buat tidur, MKM suka diiringi sama lagu-lagunya Bach. Terus tidurnya dikelonin Mozart. #IniHoror

Jangan salah! Musik klasik barat emang keren. Tapi Indonesia juga punya music klasik yang gak kalah keren. Salah satunya adalah gamelan. Tapi Indonesia sangat tidak peduli dengan kebudayaannya. Buktinya, banyak orang Indonesia yang tahu kalo Canon itu lagu ciptaannya Mozart, tapi gak ada yang tahu siapa yang nyiptain lagu “Suwe Ora Jamu.”

Pasti ada aja pembaca sotoy yang jawab, “Aku tahu! Didi kempot!” MKM jawab, “Didi Kempot Mbahmu!” Saking kampretnya dia jawab lagi, “Maaf. Mbahku bukan Didi kempot. Mbahku Jumain.”

Tapi gamelan ini emang kesenian yang misterius. Konon katanya, tiap alat dalam gamelan itu ada “penunggu”nya. MKM gak percaya. Kenapa? Mayoritas alat dalam gamelan itu alat music pukul. Kalo pun ada penunggunya, penunggunya pasti gak betah, tiap hari digebukin melulu.

Kita mestinya bangga dengan gamelan. Negara eropa gak mungkin bisa punya gamelan. Kalo pun punya, “penunggu”nya gak kayak di Indonesia. Kalo Indonesia, biasanya sang penunggu ini berupa macan atau hewan mistis lainnya. Kalo di luar negeri, penunggunya pasti vampir. Terus akhirnya bukan nyanyi “suwe ora jamu” malah nyanyi “Thousand Years.”

Menurut blog gak jelas yang pernah MKM baca, musik klasik bila diperdengarkan pada bayi yang di dalam kandungan, nanti bayinya kalo lahir jadi pinter. Karena gamelan adalah music klasik juga, harus ada penelitian tentang efek memperdengarkan gamelan saat kehamilan kepada anak. Mungkin kalo selama 9 bulan penuh, janin diperdengarkan dengan gamelan, nanti keluarnya jadi jalangkung. Jalangkungnya nangis, nangisnya medhok.

Generasi sekarang itu anti banget sama gamelan. Katanya suaranya gak enak. Itu pasti kebawa sampe mereka jadi orang tua. Akhirnya menurun ke anaknya. Jadi waktu di kandungan, bayinya denger gamelan, bayinya meronta seakan berkata, “Keluarkan aku mama… sakit mama… tidak….”

Sejarah dan kebudayaan adalah hal yang penting untuk dilestarikan. Tapi janganlah kamu terjebak pada masa lalu. Move on nak, move on. Daripada stalking mantan, mending stalking TL @AditMKM. Gitu. Shalom Satu Jiwa!

Kristen Na-Pas, Kristen Gak Niat

Selamat paskah hai pembaca sekalian. Cie…. Yang sejak natal gak pernah ke gereja, sekarang muncul lagi….

Ini beneran temen-temen. Gereja itu kalau lagi hari biasa (bukan natal bukan paskah) itu sepi banget. Kayak distro jas yang harga per potongnya 2 jutaan. Tapi kalo lagi hari besar, penuh banget kayak pasar. Sampe tumpeh-tumpeh.

MKM sih gak tau apa motivasinya orang yang cuma ke gereja natal paskah. Ibadahnya kayak ngisi nomer telepon sendiri di buku agenda sekolah. Itu cuma formalitas. Toh buku itu yang baca juga cuma kamu.

Kalo emang gak punya hati ke gereja, daripada cuma buat formalitas, mending gak usah sekalian. Toh nanti kalian juga gak akan diakui kog sama Tuhan Yesus.

Lalu kalian berdalih, “kan yang penting hatinya.” Ya Iman tanpa Perbuatan kan mati, keleus…

MKM sedih sama orang-orang kayak gini. Udah ke gereja cuma waktu natal paskah, bawa anak kecil pula. Itu kan membuat anak kecil yang masih polos jadi ikut berdosa.

Lagian ada anak kecil di gereja itu annoying banget. Lagi fokus-fokusnya dengerin Pastornya khotbah, eh ada anak kecil nangis. Annoying aja. Mirip kayak kita udah seneng ada calon presiden yang meyakinkan lagi mendeklarasikan pencalonannya, terus ada saingannya yang jelas-jelas akan kalah sewot. Pasti udah tau kan siapa?

MKM bukan menolak ada anak kecil di gereja, atau berniat menjauhkan anak-anak dari Tuhan. Tapi MKM menghimbau tiap orang tua buat kasih bimbingan ke anaknya. Kasih tau mereka kalau ke gereja itu tiap minggu. Kasih tau kalo pastor lagi ngomong itu kita harus fokus dengerin. Tapi kalo orang tuanya aja gak bisa dijadikan teladan, mau jadi apa anaknya? Lagi-lagi Kristen natal paskah.

Orang tua menyiasati anak yang berisik di gereja dengan cara membawa mainan kesukaan si anak. Itu salah! Selain bikin anak gak fokus, itu malah bikin anak berisik. Main mobil-mobilan, ditabrak-tabrakin ke orang sebelah, mobilnya jatuh, kecelakaan, masuk jurang, meledak, dia nangis. Semua orang jadi gak konsen.

MKM pernah misa bareng anak kecil yang dibawain buku dongeng ama orang tuanya. Dia baca, tapi gak di dalam hati. Bacanya keras-keras. Begini, “Putri bertemu kodok. Putri mencium kodok. Kodok jadi pangeran. Mereka menikah. Pangeran gak bisa move on dari kodok betina. Putri kecelakaan. Pangeran cium kodok. Kodok jadi Ibu-ibu. Pangeran dan Ibu-ibu menikah. Tamat.” #DongengSesat

Paskah itu momen kebangkitan. Kita juga harus segera mati dan hidup baru. Bertobatlah, kerajaan Allah sudah dekat! Jadilah Pengikut Kristus yang utuh. Ajarkan pada anak-anakmu kebaikan Allah. Shalom Satu Jiwa!