Tag Archive | remaja

Apa yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus

Hi readers, hi mantan.

Pernah patah hati? Putus cinta memang tak semudah yang disajikan lagu dan televisi. Getir dan perih. Tapi tetap harus dijalani. Kali ini MKM akan kasih kamu tips biar kamu bisa menjalani masa putus cinta dengan lebih positif.

1. Tau diri
Gini guys.  Maksudnya tau diri di sini bukan tau diri kalo kamu jelek. gak. Tapi gini, sering kalo orang udah sakit hati dia jadi sok kuat gitu. Gak mau dapet penghiburan dari temen. Tapi kalo udah sendirian, nangisnya sampe kurus (cairan tubuh keluar semua).

Kasih waktu tubuhmu untuk sendiri, tapi kasih juga jiwamu untuk menerima hiburan teman-teman. Jangan pernah dengerin lagu galau sendiri, ntar nangis. Mending didengerin bareng temen, sambil karaoke gitu, biar asik. Tapi jangan juga merenung bersama teman-teman. Ntar jadinya lu bullshit. Mending ambil waktu sendiri untuk refleksi, bukan tenggelam dalam kesedihan.

Nih yang butuh rekomendasi lagu buat didengerin rame-rame ama temen:
– Sheila on 7 – Lapang dada
– The Rain ft. Endank Soekamti – Terlatih patah hati
– Kungpow Chickens – Lagu yang sangat terpuji sekali

2. Bulatkan tekad
You broke up for a reason, dude. Kalian gak putus karena iseng! “Sayang kita pacaran gini-gini aja, nyoba putus yuk, siapa tau seru!” Gak gitu kan!

Jadi bulatkan tekad dan yakinkan diri kalau kalian emang harus putus. Jangan mikir buat balikan! Kalau memang balikan diperkenan terjadi oleh Yang Maha Kuasa, asal kalian dari awal sadar putus itu perlu, maka balikan kalian akan benar-benar balik dari 0. Bukan balikan yang masih menyimpan dan melanjutkan konflik lama.

3. Sibukkan diri
Gunakan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan yang produktif. Nikmatilah hal yang gak bisa kamu nikmati kalau masih pacaran. Bermainlah bersama teman-teman. Kerjakan segala sesuatu yang kau suka. Jadilah hebat, niscaya pengganti yang lebih baik akan datang.

Tapi jangan sampai ini jadi pelarian. ciri-ciri pelarian: kalau udah gak ada kegiatan ini, galau lagi. Yang tadi tuh, bulatkan tekad! Jangan lari terus tak berujung. Kamu bukan Tsubasa!

4. Berdamai
Berdamai dengan mantan itu perlu, tapi lebih penting berdamai dengan diri sendiri. Sering ada orang yang putus trus gak mau makan gitu. Kan bego. Yang sayang sama elu udah pergi satu, masa iya elu juga mau gak sayang diri sendiri? Makan!

Coba bisikkan pada dirimu sendiri, “Ayo semangat diriku!” “Kamu tidak boleh sedih, diriku!” “Ayo diriku.” Sambil tepuk-tepuk pundak sendiri. Kalau masing-masing udah bisa berdamai dengan diri sendiri, perdamaian antar mantan akan dapat tercipta.

5. Pandanglah sekitar
Ayo teman, cuci mata. Masih banyak makhluk yang lebih indah di luar sana. Buka pikiran kalian. Kalian pantas dapatkan yang lebih baik.

Lihat sekeliling, lihatlah alam. Alam begitu indah melambangkan Penciptanya. Lihat manusia-manusia yang tercipta segambar dan serupa dengan Allah. Bertanyalah lembut dalam hati, “Mantanku ciptaan siapa?”

Eh. kidding.

Lihat sekeliling, lihatlah alam. Alam begitu indah melambangkan Penciptanya. Lihat manusia-manusia yang tercipta segambar dan serupa dengan Allah. Bertanyalah lembut dalam hati, “Apa rencana-Mu untukku, ya Tuhan?” Kalau sekarang kalian harus sesakit ini, percayalah, Tuhan gak pernah seiseng itu. Pasti ada maksud.

Maka sayangilah Tuhanmu terlebih dahulu sebelum jatuh hati terlalu dalam pada manusia. Manusia hanya akan mengecewakan, tapi tidak untuk Tuhan. Peluk Dia. Bersamalah dengan Dia. Like dan Share blog ini.

#Anyway #ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Rima Remaja Kristiani

Maaf ya pembaca, MKM lagi hari-hari UAS, jadi susah ngepost. gantinya, MKM post puisi yang MKM buat. selamat membaca

Teman-teman yang saya kasihi.

Kondisi umat kristiani di negeri ini cukuplah ngeri

Kini, muda mudi Kristen dapat digolongkan jadi dua kategori

Yang pertama adalah yang gak tau diri

Pendeta khotbah dikira stand up comedy

Mungkin bagi mereka alkitab itu fiksi

Bagai komik naruto versi rohani

Kalau kalian ke gereja tanpa hati nurani,

Mending ambil tali, gantung diri, sambil selfie

kedua adalah mereka yang doyan pelayanan sana-sini

Semua dikorbankan atas nama melayani

Dari mulai lupa makan, lupa mandi, sampai lupa diri

Tapi tidak lupa selfie

Tapi banyak dari mereka malah jadi farisi

Pagi pelayanan di sini

Malam buka video miyabi

Jelaslah apa yang mereka nanti

Kedatangan Yesus yang kedua kali

Juga kapan ariel bikin video lagi

Kalau kalian pelayanan Cuma cari buat sensasi

Apa bedanya kalian sama politisi

Yang umbar janji Cuma buat berebut kursi

gitu. Shalom Satu Jiwa!

Jadi Orang Tua Yang Baik

Sering kecewa sama orang tua? Orang tua tidak mendukung perkembanganmu? Orang tua tidak mendukung kegiatanmu? Orang tua tidak mendukung pencernaanmu? Jangan salahkan mereka. Tapi kamu harus bisa jadi orang tua yang lebih baik lagi kalo kamu udah punya anak. MKM sih belum punya anak, tapi setidak-tidaknya MKM tahu cara bikin anak, eh… MKM tahu cara mengasuh anak yang baik.

Menurut blog yang gak jelas yang pernah MKM baca, ada 5 tips menjadi orang tua yang baik:

1. Memberi kepercayaan pada anak
Kalo anak punya laptop, percaya aja mereka gak nyimpen bokep. Kalo mereka ternyata nyimpen bokep, percaya aja bahwa mereka gak melakukan adegan tersebut. Kalo mereka ternyata udah melakukan adegan tersebut, percaya aja kalo mereka belum menghamili orang lain. Kalo ternyata udah hamil, percaya aja kalo anakmu bisa jadi orang tua yang baik. Kalo orang tua udah gak bisa percaya sama anaknya sendiri, siapa yang mau percaya sama anak itu?

2. Mendukung apa yang anak suka
Kalo anaknya suka baseball, jangan dibelikan bola sepak karena gak nyambung. Anakmu akan melunjak dan memukul-mukul bola sepak itu dengan stik baseball. Kalo anaknya suka sesama jenis, dukung aja. Cinta sejenis emang lagi ngetren di kalangan remaja sekarang.

3. Jangan membanding-bandingkan
Jangan pernah membandingkan anakmu dengan saudaranya, saudara sepupunya, bahkan tetangganya. Sering emak-emak marahin anaknya, “Mama kecewa sama kamu. kamu mestinya seperti anaknya Pak Hardi itu. dia bla bla bla….” Ingat, tiap orang berbeda. Dan belum tentu anakmu tahu WHO THE F*CK is pak Hardi? kalo emang pingin anak kayak anaknya pak hardi, mestinya bikin aja anak bareng pak hardi.

4. Jangan menyepelekan
Orang tua sering merasa kegiatan yang dilakukan anaknya itu gak berguna. Contoh: main karambol. Orang tua selalu memandang main karambol itu cuma ngabisin bedak. Tapi gak pernah ada orang tua yang mikir dengan anaknya main karambol, bisa main sama pak RT, trus dikenalin sama pak RW, trus dapet pekerjaan sebagai pegawai toko orang terkaya di desa, dipercaya, jadi manager, trus sukses bikin perusahaan sendiri, perusahaan karambol. Karambol bisa bikin orang jadi kaya!

Anak itu butuh dukungan dan perhatian dari orang tua. Kalo orang tua sudah memandang mereka sebelah mata, apalagi dunia? Bahkan mungkin dunia akan menutup mata pada kehadirannya. Jadilah orang tua yang baik. Untuk itu, carilah istri/suami yang baik. Shalom Satu Jiwa!

Punyaku kecil, Punya kamu kog besar?

Punya MKM sih kecil. Tapi entah kenapa setelah MKM lihat dan amati, punya temen-temen MKM besar. Apa itu? Dompet. Dompet MKM dari zaman SMP sampai hari ini ukurannya segitu aja, gak lebih. tapi entah kenapa punya cewe-cewe makin lama makin besar. Dan kini ukuran dompet cewe-cewe sudah bisa dipake untuk membunuh maling.

Kenapa ukuran dompet cewe harus besar? Katanya untuk kepentingan estetika. Apanya yang indah dari cewe-cewe bawa HP segede sandal dan bawa dompet segede kotak makan? Itu kayak ibu2 tukang gosip yang lagi nungguin anaknya yang lagi sekolah di TK.

Tak bisa dipungkiri memang cewe menyimpan banyak hal di dompet mereka. Dari mulai nota belanjaan, kartu kredit, kartu flash tempat bermain, kartu remi, kartu uno, koin Indonesia, koin luar negeri, koin tempat bermain, koin buat kerokan, foto selfie, foto ama temen, foto ama mantan, foto ama presiden, foto ama MKM, dan foto2 lain yang gak boleh ditunjukkan ke teman-temannya. Untuk penekanan, cewe jarang bawa duit kontan, biar keliatan kere, biar bisa jadi alesan ke cowo untuk minta ditraktir.

Walaupun sebenarnya itu gak penting. Untuk apa cewe2 nyimpen nota-nota belanjaan? katanya, “biar kita tahu pengeluaran kita. biar kita hemat.” Kalo emang dasarnya boros, boros aja. Toh juga nota itu dibiarin nyampah di dompet dan gak dibaca. kesimpulannya, nyimpen nota belanjaan gak akan bikin kamu hemat.

Terus kenapa kalian harus nyimpen foto di dompet? apa gunanya HAPE? Hape punya fitur buat nyimpen foto yang bagus. Kalian bisa nyimpen banyak foto sekaligus. Atau jangan-jangan semua cewe itu gaptek? dan kenapa harus foto mantan yang disimpen? Nyimpen foto mantan gak akan bikin dia balikan ama kamu.

Jangan lakukan hal yang merepotkan diri sendiri. Kebanyakan cowo suka cewe yang simple. Dan buat cowo2, jangan minder kalo dompet kalian selalu kosong. Terima aja nasibmu sambil tetap berdoa. Selama Ind*mi masih murah, kehidupan kalian terjamin. Shalom Satu Jiwa.

Pemuda? Sumpah?

Berilah aku 10 pemuda maka aku akan merubah dunia. pepatah tersebut sudah berganti dengan: berikan aku 7 pemuda maka aku akan merubah mereka menjadi gerombolan wanita yang suka nyanyi2 bareng gak jelas. Dulu dijajah Jepang, sekarang dijajah Korea.

Pemuda adalah agen perubahan. Bukan sekedar agen pulsa buat temen-temen sekelas. Pemuda harus punya strategi ke depan. Bukan sekedar strategi mem-PHP lawan jenis. Ingat, PHP lebih kejam daripada pembunuhan.

Dulu kualitas pemuda dibuktikan dengan panjangnya perjuangan mereka terhadap tanah air. Kini para pemuda bersaing dalam memanjangakan nama facebok mereka. Dulu pemuda berseru tentang kebijakan pemerintah yang amburadul. Kini pemuda berseru tentang kebijakan Tuhan yang bagi mereka tak pernah adil. Kafir! Galau sendiri aja… jangan bawa-bawa Tuhan. Dulu, walau tidak punya negara sendiri, pemuda tidak kehilangan identitas. Kini, tidak punya pacar, pemuda sudah kehilangan identitas, harga diri, dan nafsu makan. Pemuda dulu bikin sumpah pemuda. Kini, pemuda cuma bisa bikin sumpah2 gombal yang ujung-ujungnya juga diingkari.

Apa ini benar-benar pemuda Indonesia? Lalu kenapa kalian lebih hafal lagu glee daripada manuk dadali. Padahal teorinya lebih mudah menghafal bahasa sendiri daripada bahasa luar negeri. kenapa? Padahal kalau nanti manuk dadali diklaim luar negeri, kalian juga yang mencaci maki.

Kadang MKM heran. Kenapa ada FPI (Front Pembela Islam), tapi gak ada FPP (Front Pembela Pancasila)? Ada penganut pancasila garis keras yang gak akan pukul-pukulin orang seenak jidad. Ingat sila kedua: KEMANUSIAAN yang adil dan BERADAB. bukan KEHEWANAN yang adil dan BIADAB.

Pemuda Indonesia, apakah kalian layak menyandang nama itu? Sudah siapkah kalian berubah menjadi kupu-kupu? Kalau bukan kita yang menjaga Indonesia, siapa lagi? Shalom Satu Jiwa.