Tag Archive | Negara

Kekerasan dalam Sekolah

Hi readers, kalian ngerti bocah ini?

dibela

Sok ganteng ya? coba bandingin sama yang ini:

picture086

Masih ganteng muka bangun tidur MKM kan ya?

Jujur MKM agak iri lo sama bocah ini. Dia cukup ngelaporin gurunya ke pengadilan, terkenal. MKM udah nulis blog dari jaman Tyranosaurus evolusi jadi cicak tapi tetep aja gak terkenal. Well, banyak pro kontra sih tentang kasus ini. MKM sebagai calon guru, akan bahas kasus ini lewat sudut pandang MKM.

Pertama, mari kita telaah dulu kasusnya. Ni ada guru nih, namanya Bapak Muhammad Samhudi, Guru olahraga di SMP Raden Rahmat Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur. Beliau ngajakin murid2nya sholat. Eh si bocah ini bolos. Gak ikut. Dicubit sampe bekas kayak segel sasuke. Trus si bocah yang bapaknya tentara, merasa bisa menuntut gurunya lewat jalur hukum, dituntutlah gurunya pake undang-undang kekerasan pada anak. Nih undang-undangya:

UU Nomor 23 Pasal 80 ayat 1 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak :

Setiap orang yang melakukan kekejaman, kekerasan atau ancaman kekerasan, atau penganiayaan terhadap anak, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 72.000.000,00 (tujuh puluh dua juta rupiah).

Gila! Jarang-jarang lo blog ini bagi-bagi ilmu. Apalin gih undang-undangnya, siapa tau keluar di ujian PKN.

Udah tau ya kasusnya. Menurut MKM, setiap pihak ada salahnya. Salah gurunya, murid sholat gak boleh dipaksa. Siapa tau, dalam lubuk hatinya, dia pingin pindah Agama jadi Kristen? Trus dia gak nyaman sama segala bentuk sholat karena itu bukan panggilannya.

Mestinya guru ini bisa kasih pengarahan baik-baik. Fasilitasi anak ini kalo emang mau pindah agama. Eh tapi kalo niatnya emang gak pindah agama, ingatin dia buat menjalankan kewajiban agamanya. Bilangin kalo beragama itu gak boleh nanggung. Tentu MKM setuju bahwa anak zaman sekarang sudah susah dibilangin baik-baik. Tapi kalo semua guru mikir begitu, trus jahat sama muridnya, gimana murid mau betah di sekolah?

Ya MKM percaya pasti bapak guru udah ngomong juga baik2 awalnya, dan si anak tetep ngeyel, dan akhirnya senjata terakhir keluar yaitu cubitan orochimaru. Diliat dari bekas lukanya, itu adalah cubitan yang dialiri cakra yang cukup besar. Artinya, emang itu hal yang kasar dan dasarnya kebencian. Inilah tantangan guru zaman sekarang, dapatkah kita menemukan bentuk punishment yang dasarnya adalah kasih? Atau masih mau seperti zaman dulu ketika murid kalau salah dipukuli?

Kedua, muridnya juga salah. Tau murid sok rebel gak? Ya ini. Masi SMP sok ngerokok. Kata dosen MKM, orang yang ngerokok, secara psikologis mereka akan menjadi pribadi yang suka memberontak. Dan benar. Kejadian kan? Saran MKM, jaga kesehatan buat kalian para pelajar SMP. Daripada buat beli rokok, mending buat beli makan. Percaya sama kakak ya dek, nanti kalo udah kuliah (minimal), dapet makanan layak itu susah banget. Cari makan itu susah. jadi waktu kecil jangan foya-foya ke rokok. Kamu belum ngerasain rasanya sehari cuma makan mi kuah satu biji (dipatahin 3, satu buat pagi, satu buat siang, satu buat malem, masing2 kalo bikin kuahnya dibanyakin biar kenyang air).

Trus si bocah ini sok kaya. Sok bisa bayar pengacara. Well, mungkin kamu bisa. Tapi kalo ada masalah begini, mestinya ngomongnya ke kepseknya dulu. Kasih tau kepseknya kalo ada salah satu gurunya yang membenci siswanya. Setidaknya, kebencian ini harus dihapuskan dari sekolah tersebut. Kalau ada sekolah yang masih menyimpan kebencian pada salah satu saja muridnya, maka sekolah itu tak boleh menyandang visi, “Menjadikan siswa sebagai pribadi yang berakhlak.” Karena Akhlak yang baik bermula dari kasih yang mampu mengampuni.

Di dunia kerja ya dek, kalau mau menyelesaikan masalah, itu urut sesuai hirarkinya. MKM curiga jangan-jangan kalo anak ini jadi korban pemerkosaan, dia gak lapor ke polisi, tapi lapor ke Presiden. Itu pun Presiden US. Sok penting anak ini.

Terakhir, Kau pendukung Brazil! Dulu emang bagus, tapi buktinya 2014, tuan rumah, tapi gak bisa juara. Udah, kau dukung Uzbekistan aja di Piala Dunia.

Pesen MKM buat para guru (atau calon guru) yang baca artikel ini. Jangan menyerah jadi guru. Gak semua murid kurang ajar kog. Semangat!

MKM went to TMII

Hi readers. Sekitar dua minggu yang lalu MKM baru aja pergi ke TMII. Menurut MKM ini adalah achievement besar. Bukan karena MKM ndeso, tetapi karena zaman sekarang susah banget gerakin badan apalagi kalo udah ada kasur, makanan, dan wi-fi. Jadi pergi sejauh itu adalah pencapaian.

mahasiswa

Menurut MKM, TMII is worth it. Murah, tiket masuk Cuma 10.000. wahana-wahananya keren dan edukatif. Harga souvenir di sana pun terjangkau. Tempat buat keluarga banget. Tapi dengan kondisi anak berusai lebih dari 5 tahun, karena kalo ada anak nangis di situ, jadi gak seru banget.

TMII cukup luas. Jadi kalo anak kalian yang 5 tahun dilepas di sana, mungkin balik-balik dia udah sarjana.

Jangan takut kelaparan. Di TMII, ada banyak outlet CFC. Serius! Jadi jalan dikit, CFC, jalan dikit lagi CFC. Kita akan berasa salah masuk Taman Mini California Indah.

Btw, kenapa CFC? Karena itu adalah fast food milik Indonesia yang mampu bersaing dengan KFC dan McD. Tapi namanya lucu, California tapi punya orang Indonesia. Itu sama seperti orang batak kasih nama anaknya Maria Ozawa Rajaguguk. Ini orang akan bingung, “Jadi maria Ozawa itu rajaguguk, atau ratu 69?”

Anyway, TMII adalah tempat yang bagus buat orang dari segala etnis di Indonesia. Tempat ini seenggaknya akan mengingatkan para perantau pada kampung halaman mereka. jadi jangan kaget kalo kalian ke TMII terus ada orang tiba-tiba di depan rumah adat teriak, “Bundooo…..!!!!” dia cuma lagi terharu.

Well, buat perjalanan MKM yang kali ini, yang paling mengesankan buat MKM adalah….. I found Sun Go Kong! my first fiugre of Monkeyman. The holy bad-ass superhero ever! kalian tau serial kera sakti? pernah nonton? kalo pernah, waktu kecil kalian pasti pernah jadi rapper.

10404206_993632643997670_7610440511263190725_n

(Sun go kong nya yang atas, yang bawah anggap saja properti syuting) jadi patung ini MKM temukan di anjungan budaya tiong hoa. so guys, TMII is the symbol of Bhinneka tunggal ika. jadi kalo masih ada orang yang beda-bedain cina, jawa, papua, ambon, batak, muslim, hindu, kristen, katolik, apapun… DIE YOU RACIST! Lewat TMII kita diingatkan bahwa kita sebenarnya bisa hidup dengan harmonis.

sayangnya tempat wisata ini gak begitu keurus. So guys, kalo kalian ada waktu, ke sana lah. lestarikan wisata dalam negeri. jangan rusak apapun yang ada di sana. buat yang punya cita-cita mau kerja di sana, lestarikan dan kembangkan TMII. Love your country, Indonesia

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Aku Kerjanya Begal

Hi Readers, fenomena Begal sekarang lagi santer. Saking terkenalnya mungkin bentar lagi dia bakal dibikinin film sendiri. Disponsori oleh pabrik batu akik.

Sekarang pulau jawa lagi rame begal. Katanya begal ini dateng rame-rame dari Lampung. Kalo isu ini benar, berarti Lampung lahan membegal udah makin dikit. Kayaknya para begal di sana saingannya udah gak sehat. 50 meter sekali ada begal, mirip kayak alf*mart sama ind*maret. Sekalinya dapet korban, korbannya begal juga, bosnya sendiri.

Atau jangan-jangan begal ini adalah bentuk usaha franchise. Jadi mereka ke pulau jawa dengan tujuan buka cabang.
Tapi serius. MKM pernah denger isu kalo ada 500 begal yang didatangkan dari Lampung ke pulau jawa. Ini artinya ada pihak promotor yang sengaja datengin mereka. mungkin mereka tergabung dalam AKB500. Aku Kerjanya Begal.

Ini AKB500 audisinya gimana? Gini?

Penguji: sekarang coba peragakan tindakan ngebegal.
Begal: (diem sambil jongkok lama)
Penguji: ayo, boleh mulai sekarang.
Begal: saya lagi memperagakan begal yang nunggu motor lewat. Bapak pikir dapetin motor semudah dapetin pacar?!
Penguji: yak cukup. Saya suka sama marah-marah kamu. Sangat intimidatif. Selamat kamu dapet golden ticket.

Well, MKM mulai curiga. Jangan-jangan begal ini sengaja didatangkan pemerintah buat mengurangi jumlah kemacetan yang ada di pulau jawa. Adanya begal, otomatis akan mengurangi jumlah kendaraan pribadi.

Di samping itu, hal ini juga akan meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan umum yang relative ditumpangin orang banyak dan lebih aman. Maka hidup supir angkot akan lebih sejahtera dan mereka gak perlu lagi ngetem. Sekali lagi, kemacetan berkurang.

Selain itu, begal juga merupakan lapangan pekerjaan baru buat para pengangguran. Dan penghasilannya cukup menjanjikan. Walaupun dengan resiko yang sepadan pula. Well, dengan efek samping sepositif ini, kalian masih gak percaya kalo begal sengaja didatangkan oleh pemerintah?

Begal itu ada untuk memajukan Negara Indonesia dan melampiaskan emosi kita saat diputusin pacar. Bakar begal!

#MKMlogic

MKM sekarang tinggal di Tangerang. Pelopor pembakaran begal (tepuk tangan buat Tangerang). MKM adalah orang yang setuju kalo begal-begal tertentu emang harus dibakar, yaitu begal yang udah pake ilmu hitam. Begal kayak gini ditonjok gak luka, dibacok gak bedarah, kalian masih yakin bisa ngeborgol dia? Ya kita udah kehilangan metode, bakar aja! Seenggaknya kalo pun dia juga gak mati, foto kita sama dia bisa kita upload ke instagram: #me #begal #fantastic4.

Anyway. Hati-hati sama begal. Be safe. Buat begal, thanks udah ingetin kita betapa pentingnya nyawa kita. Tapi, bertobatlah!

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Partai Politik

Hai pembaca. Sudah siap buat pemilu 2014? Yeyeye… pasti 67,448% dari pembaca berkata, “Masa bodo…” Nah, sebagai warga Negara yang baik, kita gak boleh berpikiran begitu. Kita harus memilih, walaupun pada akhirnya yang kita pilih justru “Masa bodo” ke kita.

Jadi MKM baru aja mengikuti acara yang bertempatan di UPH yaitu “Lawan Bicara.” Jadi yang belum tahu, itu acara debat antar parpol gitu. Jadi perwakilan partai politik disuruh adu bicara. Beda dengan warteg, kalau warteg adu-adu kopi….

Acara dimulai molor karena (kemungkinan, dan kelihatannya) ada satu parpol yang mengundurkan diri, lalu tiba-tiba jadi ikutan. Kalo dari awal aja udah gak konsisten, apa masih layak dipilih?

Lalu sepanjang acara di UPH, para parpol mulai menjagokan partainya masing-masing dan saling menyindir. Banyak dari mereka yang mengunggulkan partainya dan membuka kejelekkan partai lain. Kalau dari awal udah gak kompak, apa masih layak kita mempercayakan Negara pada mereka?

Ada partai baru yang ikut debat. Mereka mengajukan program-program yang keren. Tapi internal mereka diberitakan sedang banyak masalah. Apa kita masih bisa percaya janjinya?

Ada partai yang bilang bahwa kita jangan sampai terjebak politik uang. Padahal di video pembukaan jelas-jelas kadernya sedang bagi-bagi uang ke calon pemilih. Apakah dia memang berintegritas?

Tapi…..

Generasi muda selalu memandang politik sebagai area jahat. Penuh dengan cacat cela. Semua orang tak ada yang benar di sana. Baik yang masih calon, ataupun yang sudah jadi pejabat, semua sama saja. Dengan ide seperti ini, apa kita masih bisa dikatakan Warga Negara Indonesia?

Jangan pilih berdasar hati nurani! Pilih dengan observasi! Teliti! Demi masa depan bangsa ini. Shalom Satu Jiwa.

Jokowi Jadi Capres

Jokowi akhirnya resmi jadi capres. Dan banyak orang yang udah berharap ke orang ini akan mendukung. Menurut berbagai survey, jokowi dipastikan akan menjadi bapak Negara kita. Iya.. survey di darat. Kalo di laut, surving.

Bukannya MKM benci Jokowi. MKM malah kagum atas Jokowi. Tapi bagi MKM, Jokowi masih diperlukan oleh Jakarta. Biarkan Jokowi melayani Jakarta dulu, baru Indonesia. Nah, sekarang kita mengalah saja sama calon yang lainnya. Kasian kan, apalagai orang-orang yang udah promosi di TV dan keluar duit banyak buat bikin kuis2an.

Lagian, kalo Jokowi mundur, siapa yang mau gantikan dia? Ahok? Ahok gak bisa blusukan kaya Jokowi. Di Jakarta, yang bisa blusukan Cuma 2. Kalo gak jokowi, ya tikus. Tapi masa Jokowi kita ganti dengan tikus? Mau Jakarta dipimpin tikus?

Kalo MKM sih bakal pilih Rhoma Irama buat jadi presiden. Kenapa? Seru aja. Pasti akan terjadi transformasi musik nasional. Lagu Indonesia Raya diubah jadi dangdut. Itu anak SD yang lagi upacara, hormat bendera, tapi jempolnya goyang.

Kata dosen MKM, pemimpin adalah orang yang idenya didukung banyak orang. Kalau istilah twitter, berarti akun yang paling banyak di Retweet. Ya udah. Kita jadikan aja selebtwit jadi Presiden. Keren. Jadi foto di depan kelas bukan lagi Pak SBY, tapi Raditya Dika. Tulisannya bukan Presiden RI, tapi Marmut Merah Jambu.

Socrates bilang bahwa pemimpin yang baik adalah orang yang mengenal dirinya. Dengan kata lain, tau diri. Jadi jangan biarkan orang-orang gak tau diri, yang masih banyak kasusnya yang belum beres, jadi presiden. Emang kamu mau dipimpin sama orang yang punya tanggungan masalah kasus HAM? Emang kamu mau dipimpin sama orang yang gak bertanggung jawab melupakan nasib orang-orang yang rumahnya dia tenggelamkan dengan lumpur? MKM sih no… kalo mas Anang?

Tapi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berintegritas. Nah ini MKM ambil dari retret yang baru saja MKM jalani. Ceritanya nanti aja. Setelah ini. Kalo penasaran, bisa search #TCCLT2014. Atau follow aja @AditMKM. Kalo kecewa sama akun twitter tersebut, segera pindah social network, balik ke Friendster. Shalom Satu Jiwa.