Tag Archive | Liburan

Adik MKM Pacaran – Liburan Natal 2013 part 3

Beberapa hari lagi, MKM harus mengakhiri liburannya dan kembali ke Tangerang buat kuliah. But something wrong. MKM baru tau, ternyata adik MKM (yang masih kelas 5 SD) udah punya pacar. Ini menggelikan

Kebayang gak sih cara pacaran anak SD? Kalau kita yang dewasa, jalan-jalan bisa ke mall. Anak SD? mentok juga halaman sekolah. Kita yang dewasa bisa nonton di bioskop. Anak SD? mentok juga nonton YKS. Kita yang dewasa bisa makan di cafe/resto. Anak SD? mentok juga jajan pentol di depan sekolah.  itu pun 1000 buat berdua.

Si adik MKM, kita sebut saja naruto, kalau pacaran ngerepotin orang. Pinjem HP MKM buat smsan. Dan dia nyimpen nama cewenya di HP MKM: “My Princess.” Geli!

Selidik punya selidik, ternyata si pacarnya ini adalah anak SMP. Dapet brondong dia. Kalau di anime-nya, naruto pacaran ama hinata. Tapi di sini, naruto pacaran sama Tsunade. hina….

Adik MKM ini menggelikan banget. Kalo teleponan sama pacarnya sembunyi-sembunyi. Hbs sms, smsnya dihapus. Geli aja liat adik sayang-sayangan sama orang lain sedangkan kakaknya minta jajan gak dikasih.

MKM gak ngerti bahasa sayang-sayangan apa yang akan digunakan si naruto buat nge-gombal ke pacarnya. Mungkin itulah alasan dia sekarang mulai rajin nonton FTV dan YKS. kalau FTV MKM masih ngerti, YKS? jangan-jangan nanti dia smsan begini, “Sayang, tutupen oplosanmu. kesehatanmu lo…”

Apapun ya, apapun! Cinta bukan hal sepele yang bisa dipelajari dari FTV atau YKS. Cinta adalah sesuatu yang mengerikan dan tak seorang pun boleh bermain dengannya. Shalom Satu Jiwa

Monster Day (Hari Pertama Setelah Libur)

Pagi ini dimulai dengan twit-twit menyebalkan dari remaja ababil yang gak terima kalo liburannya udah selesai. Oke. Libur emang enak, dan masuk ke sekolah lagi itu menyebalkan. Tapi daripada ngetwit, mending tenaga di jari digunakan buat gelitikin jari kaki biar bangun dengan senyum.

Banyak yang bilang hari ini adalah “Monster Day.” Kenapa? Mungkin karena mereka harus ketemu dengan guru mereka yang kayak monster. Atau secara terselubung mereka membongkar rahasia mereka. Mereka adalah Power Rangers. Dan hari ini ada Monster jahat yang mau menghancurkan bumi. Mereka butuh semangat dari kita. Mari kita teriak sekencang-kencangnya agar megazord mereka makin kuat. SEMANGAT!!!!!

Sudah tau kalau hari ini menyeramkan dan kalian menghadapinya dengan nge-twit. Gak guna. Kalian ngetwit, “Hari ini masuk sekolah lagi. Huft.” Ya kita semua udah tau! Bukan informasi yang dibutuhkan follower. Waktu liburnya habis aja kalian ngetwit gitu. kalian waktu libur dimulai gak pernah ngetwit, “Hari ini libur lagi. huft.” Kalian berharap apa dari twit kalian ini? Berharap follower akan doa arwah? “Semoga amal ibadahmu saat liburan diterima di sisi-Nya.” gitu?

Buat kalian yang nge-twit, “Pagi ini dingin. gak mau bangun ah..” Coba gosok-gosok pipi. bukan biar anget. Ngilangin iler aja. MKM tahu sebagian besar dari pembaca blog ini adalah orang jorok.

Yang punya pacar di sekolahan ngetwit, “Yey. aku bisa ketemu lagi ama ayangku…” Alay! Kasian yang jomblo. Mau ketemu siapa? satpam sekolahan?

Akhirnya jomblo-jomblo ini ngetwit, “Aku gak bisa move on dari kasur… hoahm…” Saking depresinya, waktu liburan mereka pacaran sama kasur. Sekarang gak bisa move on. Mereka masih nyimpen foto kasur di dompetnya. Curhat ke temennya, “Sekarang waktuku sama kasur udah berakhir. emang kita gak bisa menyatu. huft.”

Pesan Moral: Cinta gak mengenal kata maaf, karena cinta selalu memaafkan tanpa diminta. Itulah kenapa indomi berani naik harga jadi 2000 dan elpiji berani naik harga jadi gak menentu. Kalau kamu cinta Indonesia, kamu akan memaafkan dan mendoakan. Shalom Satu Jiwa.

PS: MKM kali ini banyak bahas twitter. Follow aja @AditMKM dijamin barokah

Pulang ke Malang – Liburan Natal 2013 part 1

Pembaca yang terhormat (agak formal, biar keliatan kalo mahasiswa yang kuliah di Tangerang. Oh iya. Tangerang itu bukan Ibu Kota. Ibu Kota kita Jakarta. Tangerang bukan Jakarta), pernah naik kereta api? Perjalanan pulang MKM dari Tangerang ke Malang kali ini memberikan MKM banyak pelajaran.

Pertama, MKM menemukan sebuah ruangan di ruang tunggu penumpang bernama RUANG IBU MENYUSUI. Ruangan ini penuh dengan sensor. Pertama mengetahui ruangan ini, MKM merasa apa yang merangsang dari ibu-ibu yang udah uzur, menyusui anaknya? Tapi MKM menyadari bahwa ini Indonesia, bahkan nenek-nenek pun diperkosa.

Kereta terlambat berangkat selama 2 jam. Hal ini menuntut kecerdasan yang tinggi dan kreatifitas yang tidak terbatas: hal apa yang akan kalian lakukan saat menunggu kereta? Semua hal dilakukan. Dari mulai makan, minum, makan lagi, main permainan masa kecil, galau, ngamen, trus dapet duit, duitnya buat beli makan, makan lagi.

MKM masuk kereta dan sudah bikin masalah (jangan ditiru). MKM numpahin mi ke celana seorang ibu-ibu. Dari sana MKM belajar bahwa wanita akan selalu rempong gak peduli berapapun usianya. Reaksinya yang berlebihan membuat MKM yakin bahwa wanita adalah makhluk yang padanya kamu gak boleh bikin masalah, apapun itu! Wanita ini bawa barang banyak banget, dan kebanyakan gak penting. Cukup ya. Kalian tahu sendiri lah bagaimana wanita kalo berpergian.

Di tengah jalan, MKM kelaparan. Tapi itulah nikmatnya berpergian bersama wanita. Di sekian banyak barang rempong mereka, pasti ada makanan berlimpah yang gak akan mereka habiskan dengan alasan “takut gemuk.” SO, jangan takut kelaparan, dan jangan malu-malu minta makan pada wanita di sekitarmu.

Sampai di Malang, MKM disambut oleh dinginnya kota Malang. Bukan karena Malang sejuk, tapi karena hujan. Jalanan Malang yang tambah macet, rusak, dan berlumpur sudah siap dijamah lagi oleh MKM.

Malang, kota lahir MKM. kota Arema. Shalom Satu Jiwa.

Himbauan Mudik Hemat

Mudik itu menyenangkan, apalagi mudik yang gratis. Ingat, mudik itu gak boleh boros. Jadi buat pembaca yang mau mudik, segera cari tebengan. Apalagi buat anak kos, ingat bahwa 500 rupiah itu berarti, 2000 rupiah bisa jadi ind*mi. Ingatlah mudik adalah sarana untuk perbaikan gizi.

Ya ya, maaf-maafan juga penting. Ketemu orang tua juga penting. Tapi ingat, makanmu juga gak kalah penting (Iya kan? Ayo ngaku… salah satu alasan kalian mudik adalah biar bisa dapet tambahan uang saku kan?). Maka dari itu, manfaatkan kedua momen itu untuk menambah ketebalan dompet agar perutmu tidak makan isinya sendiri. Bila ada uang berlebih, jangan beli yang aneh-aneh, sisakan untuk beli obat cacing.

MKM sebagai pendiri UGI (United Gratisan Indonesia), menyarankan pada para pecinta gratisan untuk tetap menjunjung tinggi prinsip hemat. Gak perlu gengsi, sok2 ngasih duit ke adik2mu yang masih TK. Ingat bagaimana kamu membelah Ind*mi jadi 2 (yang satu buat sarapan, yang satu buat makan malem, siangnya gak makan).

Nah, buat yang udah dapet tebengan, pastikan kamu nyaman dengan tebenganmu dan tebenganmu nyaman denganmu. Buatlah perjalanan kalian menyenangkan. Bila kalian pake mobil, jangan bawa kaset lagu galau. Itu bikin supirnya ngantuk dan bikin penumpangnya nangis (apalagi kalo di sana jomblo semua). Jangan bawa kaset lagu dangdut, karena kalian akan jadi autis di tengah jalan sambil teriak2, “ASELOLE!”

Lebih baik bawa lagu rock. MKM rekomendasi lagu2nya D’Kross (itu lagu supporter Arema). Itu syahdu sekali dan menggugah semangat. Atau bawa lagu lucu. MKM rekomendasi lagu2nya Kungpow Chickens (well, itu lagu mesum). Atau bisa juga bawa lagu rohani. Jadi sepanjang perjalanan kalian adalah doa. Kalaupun kalian mati kecelakaan, kalian mati dalam doa.

UGI (organisasi yang belum disahkan oleh FPI) menyarankan agar tidak mempedulikan apakah lagu itu asli atau bajakan, yang penting bisa didengar. Toh banyak band yang promo anti pembajakan akhirnya lagunya juga dibajak (dan mungkin mereka dengerin lagu-lagu bajakan dari band lain). Intinya, perjalanan kalian harus menyenangkan, dan hemat.

Jangan jajan yang aneh-aneh. Ingatlah, seseram apapun nama makanannya, bahannya tetap sama (dan gak diambil dari negeri setan). Ingatlah bahwa masih enak masakan ibumu daripada masakan mereka. Ingatlah makan cabe berlebihan bisa bikin wasir. Dan ingatlah cabe mahal, berarti makanan itu juga mahal. (kecuali kalo kalian mau ngambil sisa-sisa orang yang udah masuk tempat sampah)

Buat yang gak mudik, jangan sedih. Nikmati liburan lebaran kalian. Lakukan hal-hal yang berfaedah. Contoh: bikin girlband syariah, kalian nama’in MJD 48 (Masjid 48), trus cover lagu “Umi” tapi versi paduan suara. Atau kalian bisa demo ke rektorat kalian soal UKT yang mahal (yang membuat banyak dari kalian gagal mudik). Perjuangkan hak kalian! Kalian berhak (dan maunya) dapet UKT murah kan?

Yang jelas, lebaran adalah momen keluarga. Seperti ketupat. Bila daun (yang MKM gak ngerti itu daun apa) tidak dianyam, maka tidak bisa menampung ketupat. Tapi bila dianyam dengan erat, maka ketupat akan terbentuk sempurna. Keluarga yang baik adalah keluarga yang dekat yang erat dan yang mau merangkul antar anggotanya. Itu tadi pesan moral buat orang tua agar tetap menjaga kesehatan anaknya yang berada di kos-kosan.

Liburan Paskah 2013 hari kelima (Tragedi Helm MKM)

Mungkin pembaca bertanya-tanya, apa maksud judul ini? Bagaimana bisa sebuah helm menjadi sebuah tragedi. Namun memang tragedi. Sesuatu yang sangat membuat MKM terpukul. Helm MKM dibuang.

MKM pernah punya helm kesayangan. Namun dalam liburan kali ini, helm berwarna hitam tersebut tidak dipakai MKM untuk pergi ke Kediri. Helm yang tak punya pelindung wajah itu sudah menemani MKM selama beberapa bulan terakhir. Helm itu telah menemani MKM dalam berbagai situasi. Helm itu adalah saksi bisu atas perjuangan MKM. Namun dengan tanpa permisi dan tanpa perasaan sedikit pun, orang tua MKM membuang helm itu.

Hari ini, MKM kembali ke Malang. Seperti yang sudah MKM ceritakan, orang tua MKM ke Malang mendahului MKM, dan MKM ditinggal sendirian di Kediri (https://themkm.wordpress.com/2013/03/30/liburan-paskah-2013-hari-ketiga-home-alone/). Perjalanan seperti biasa MKM lakukan dengan hati-hati dan ceria. Sesampainya di Malang, MKM masih belum sadar apa yang terjadi. MKM langsung tidur.

Ketika MKM bangun, MKM menyadari ada yang aneh. Helm kesayangan MKM menghilang, tidak ada di tempatnya semestinya (di bawah kasur dengan posisi terbalik, setidaknya seperti itulah kondisi helm itu sebelum MKM meninggalkannya). MKM  yang panik langsung menggeledah seisi rumah untuk mencari sahabatnya itu.

Hal itu sia-sia. Helm itu sudah tak ada di rumah ini. Baru setelah MKM tenang, seseorang memberitahu MKM bahwa helm itu telah dibuang oleh orang tua MKM. Alasannya, “Helm itu nggilani.”

Kata-kata itu menggema dalam hati MKM, “Helm itu nggilani. NGGILANI. NGGILANI.” (nggilani adalah bahasa jawa dari menjijikkan). Apanya yang nggilani? MKM masih tidak bisa menerima alasan itu. Helm itu bahkan bersih (walau bau keringat MKM, tapi overall, helm itu bersih). Tidak ada ulat yang menggeliat di helm itu (seperti apel snow white). Bagian mananya yang nggilani?

MKM masih ngambek. Helm yang berasal dari helm zaman MKM masih TK (yang sudah dilepas kaca pelindung wajahnya) itu mungkin tak akan bisa ditemukan lagi di toko2 helm. Helm itu anti maling (karena gak akan ada maling yang doyan ama helm begitu). Lebih lagi, helm itu punya ikatan yang kuat dengan MKM. MKM benar-benar merasa kehilangan.

Namun semua sudah terjadi. Apa yang bisa diperbuat MKM? MKM hanya bisa berdoa, di mana pun engkau sekarang wahai helm, semoga kau beristirahat dengan tenang. amin