Tag Archive | Kristen

Surat Terbuka Untuk Sari Roti

Kepada Sari Roti.

Mengapa Roti Double Soft di daerah saya sulit sekali ditemukan? Setiap kali saya ke Alfamart, atau Indomaret, Double Soft selalu habis. Kadang ada, tapi tinggal satu. Padahal Roti itu enak sekali. Kasihan para jomblo yang membutuhkan sentuhan lembut rotimu. Sulit carinya.

Masih tentang produk roti tawar double soft. Teksturnya begitu lembut, hal ini membuat pelanggan kalian curiga. Tolong diklarifikasi. Apakah double soft ada hubungannya dengan softex?

Saya juga menyesalkan keputusan pihak Sari Roti untuk membuat roti sobek hanya berisi 4. Sungguh hal tidak berpihak pada power rangers. Power rangers yang beranggotakan 5 orang sungguh tidak bisa menikmati roti ini secara kekeluargaan. Saya harap Sari Roti bisa meniru apa yang dilakukan Yakult yaitu membuat satu pak isi 5.

Karena keputusan kalian ini, ranger hitam sering tidak dapat jatah roti. Tolong klarifikasi. Apakah ini bentuk rasisme terhadap orang hitam?

Tetapi saya mengapresiasi Sari Roti karena sudah mau memunculkan produk-produk dengan rasa Srikaya. Di tempat saya, Sri miskin. Hanya dengan sari roti, Sri bisa jadi kaya.

Saran saya untuk Sari Roti adalah mengganti segel yang kotak yang biasa dipakai untuk menutup plastik rotinya dengan karet gelang. Sungguh karet gelang lebih dibutuhkan oleh anak kos-kosan daripada segel kotak. Karena dengan karet gelang kami anak kos bisa mengikat indomi yang hanya kami makan setengah (untuk dibikin lagi besoknya).

Saran terakhir, abaikan saja berita miring tentang perusahaan Sari Roti. Cukup perbaiki kualitasmu, Sari Roti. Cukup rebut kembali kepercayaan kami terhadapmu dengan rasa.

Tertanda,

Pecinta roti yang juga gak peduli dengan aksi 212.

Adit MKM

Gereja Mulai Aneh (MKM dan LGBT part 2)

Hi readers,baru-baru ini beredar surat dari PGI tentang pendapatnya tentang LGBT. Apa itu PGI? Persatuan Gamers Indonesia.

Ya ngapain gamers ngurusin LGBT. Gamers mah mending ngurusin cheater, hode, atau warnet yang internetnya suka nggak stabil. PGI itu Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia. Ini adalah organisasi ketua-ketua dari beberapa denominasi di Indonesia. Buat kalian yang non Kristen, gampangnya, sekarang beberapa gereja telah setuju dan menyatakan dukungannya pada kaum LGBT.

Oke. MKM sih tetep pada pendirian. Buat MKM LGBT itu dosa dan aneh. Tapi kalo kalian nekad pingin nyoba, minimal MKM udah pernah kasih tau kalo itu bakal gak enak, dan enakan normal. Yang mau MKM bahas pada artikel kali ini bukan LGBTnya, tapi gerejanya.

Menurut MKM, gereja yang baik adalah gereja yang dosa atau gaknya orang gak ditentukan oleh rapat, tapi ditentukan oleh Firman Allah. Ya dari zaman Kaisar Konstantin sampe zaman Kim Jong Un ya homoseksual itu dosa di Kristen. Di Kitab Suci jelas.

MKM bilang, telat aja gereja-gereja yang kayak gini. Pemuda gereja kalian nonton bokep, seks sebelum nikah, coba-coba narkoba, kalian gak heboh. Ini LGBT ngetren kalian heboh. LGBT mirip aja kayak seks di Negara-negara barat. Belum nikah, tapi udah hubungan seksual, mereka bilang itu hak asasi, hak untuk bahagia, hak untuk mencintai. Dosa? Dosa! Respon kalian? Biasa aja. Film dan serial penuh adegan seksual (premarital seks) masuk ke Indonesia juga kalian gak ada protesnya.

Orang LGBT bilang kalo dalam diri mereka ada dorongan yang sangat kuat untuk mencintai sesama jenis. Nih simulasi miripnya:

Cowo: Aku sayang banget sama kamu. Dan aku punya dorongan yang sangat kuat untuk having sex sama kamu.

Cewe: Oke. Gak apa-apa. Itu hak kita. Main aman ya….

See? Mau bilang yang itu gak dosa? Ya mau gak mau, dunia kita emang udah rusak. Sekarang kitanya mau serupa atau melawan dunia? Kan Alkitab juga udah bilang, kalo ikut Kristus itu kebodohan bagi dunia. Ya ujung-ujungnya emang kita bakal keliatan bego dan kolot bagi dunia. Tapi itulah kita, orang Kristen gak boleh setuju kalo LGBT itu normal.

Intinya, gak usahlah LGBT ini diperdebatkan. Selain jawabannya udah jelas, telat! Gereja udah banyak kecolongan. Mending, sekarang gereja mikir, gimana caranya buat tetep mengasihi orang-orang berdosa, dan sadar kalau dirinya juga penuh dengan dosa! Saran MKM: nonton Stephen Tong deh. Walaupun suaranya ngotot pake urat leher, tapi inti khotbahnya pas buat gereja-gereja yang mulai aneh gini.

Benci aksinya, jangan orangnya. Biarkan dunia memperlakukan manusia sesukanya. Kalau gereja tidak bertahan teguh, pada siapa lagi kita belajar tentang kebenaran absolut di tengah dunia yang serba relatif ini?

PS: Jangan paksakan keyakinanmu pada orang lain dan jadi orang menyebalkan. Teguhlah, dan biar Roh Kudus yang bekerja.

Sang Nelayan

Galilea tak pernah sedingin ini. Langitnya biru padam. Pantainya begitu pasrah dipijaki Anak Manusia. Alam pun tahu kunjungan Tuannya. Kini Anak Manusia duduk di atas sebuah batu karang. Mata-Nya memandang pantai dengan seksama.

Beberapa nelayan sedang membersihkan jaring mereka. Tak ada ikan yang mereka dapat. Wajah sedih mereka mewarnai pagi yang biru itu. Satu dari mereka menatap jauh ke laut, mengutuki ombak dan garam lautan. Dalam hatinya yakin bahwa Allahnya tak akan membiarkannya dan keluarganya kelaparan.

Siapa dia?

Simon, batu karang-Ku.

Mau Kau apakan dia?

Dia yang akan Kupilih. Aku yakin padanya.

Dia? Dia hanya nelayan. Bisa apa dia? Ilmu tauratnya tidak cukup tinggi untuk memahami, apalagi mengajar.

Aku yang akan mengajarinya. Dia akan menjadi guru yang besar, menyerupai-Ku.

Dia keras kepala. Apakah orang seperti itu bisa diajari?

Tak ada yang mustahil bila Bapa menghendaki.

Sekeras apapun Kau mengajarinya, Kau hanya punya waktu tiga tahun. Kau tahu itu. Kau tak akan sempat….

Tiga tahun cukup. Bahkan hanya butuh tiga hari bagi Bapa untuk membangun Bait-Nya.

Imannya akan goyah!

Tetapi dia akan bangkit.

Dia akan tenggelam!

Dan Aku akan menariknya kembali.

Dia tak tahu apa-apa! Dia hanya tahu cara menjala ikan dan menebas pedang! DIA TAK PUNYA IMAN!

Anak Manusia terdiam. Anak Manusia bangkit dari duduknya, lalu berjalan ke arah pantai. Jauh di hadapannya, sang nelayan berlutut di dalam kapalnya dan berdoa. “Kau yang empunya kehidupan, ampunilah hamba-Mu yang berdosa ini.”

Aku tahu dia punya iman. Sedikit saja cukup.

Dia akan membuat banyak masalah untuk-Mu.

Tidak masalah.

Anak Manusia tetap berjalan. Ia semakin dekat dengan kapal yang sejak tadi Ia amati.

Dia lebih mencintai dirinya sendiri daripada-Mu.

Tetap Aku akan mencintainya.

Dia akan menyangka-Mu!

Aku tahu.

Tiga kali!

Aku tahu!

Dia akan meninggalkan-Mu!

Aku tak akan meninggalkannya.

Bahkan di saat terburuk-Mu! Di sakratul maut-Mu! Ujung derita-Mu! Dia akan berpaling dari-Mu!

Anak manusia sampai di kapal itu. Ia memanjat naik, lalu duduk di hadapan sang nelayan. Mata mereka beradu. Sang Anak Manusia, mengetahui segala kelemahan sang nelayan, hari itu memberikan kesempatan besar pada sang nelayan untuk merubah hidupnya selamanya. Sang nelayan, seorang pria biasa yang tidak layak mendapat penghargaan apapun, telah ditetapkan untuk berhenti menjala ikan, dan beralih menjala manusia.

“Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam.” Kata-Nya.

 

 

-Hi readers, sekarang MKM lagi keranjingan bikin cerpen. Ini sih hasil dari seminar2 yang MKM jalani beberapa minggu ini. semoga kalian suka.-

#SeninRohani – Nyari Tuhan ah….

Hi Readers, pernah denger temenmu bilang gini gak? “bro, aku ke gereja dulu. Nyari Tuhan.” Syiiiitt…. Tuhan dicari men… itu gimana? kamu dateng ke gereja, liat di bawah bangku, ketemu Tuhan terus bilang, “Ketahuan…. sekarang kamu yang nyari…” dikata petak umpet.

MKM sebenarnya benci banget sama klausa ini. ini agaknya menyamakan Tuhan dengan tukang gorengan gitu. “Anjir… gua laper nih… cari gorengan ah…” Ya sama… “Anjir… kerohanian gua kering nih, cari Tuhan ah….” ngeselin banget. Dikira Tuhan tukang semprot kerohanian?

Kayaknya manusia belum sadar kalo manusia itu sebenarnya gak punya kemampuan buat nyari Tuhan. serius! Setiap kali manusia “nyari Tuhan” seringkali yang mereka temukan bukan Tuhan, tapi malah keegoisan diri. Jadi gitu, doa awalnya, “Tuhan maha baik, maha penyayang…..” dan seterusnya. mungkin ada juga yang doanya gombalin Tuhannya, “Oh Tuhan, Kau bagaikan bulan…” trus Tuhan jawab, “Kan yang nyiptain bulan GUA! kenapa GUA dimiripin ama ciptaan GUA sendiri? ngeselin nih makhluk!” dan segala gombalan itu nanti hanya sebagai embel-embel untuk masuk pada perkara sebenarnya, “Tuhan…. aku udah lama sendiri, temukan aku dengan jodohku…” Get a life mblo!

anyway, Kita gak akan pernah bisa ketemu sama Tuhan kalo bukan Tuhan yang dateng ke kita. Kita gak akan pernah bisa mengenali Tuhan kalo bukan Tuhan yang menyingkapkan dirinya pada kita. Lalu yang bener gimana? Yakinlah bahwa Tuhan ada di pintu hatimu mengetuk setiap hari dengan senyum-Nya yang menyejukkan. agak creepy sih kalo dibayangin. apalagi kalo buat yang Kristen harus ngebayangin pria berjenggot ketuk2 di depan pintu rumahmu sambil senyum sepanjang hari. Well, Yesus gak semenyeramkan itu teman-teman. yang Dia bawa bukan ketakutan tapi kedamaian.

Nah, tapi dia gak mungkin masuk ke hati kita dengan kondisi hati kita penuh dengan urusan kita. Cara paling baik agar kita bisa bertemu Tuhan adalah dengan mematikan keegoisan diri. Saatnya untuk memberi diri untuk Tuhan dan sesama. Tolonglah orang dengan tanpa berharap imbalan, tanpa berharap pahala. kasihilah orang karena kalian tau betapa menyenangkannya untuk berkorban demi orang lain. Bukan biar kamu dapet gaji atau biar kamu masuk surga.

rasa damai saat harus berkorban itu gak mungkin datang dari otak manusia yang serakah. Itu datang dari Tuhan. so, let’s kill our egoism. let’s meet God.

#Shalom1Jiwa #ShareTheLove

Save Ahok

Hi readers, kita pasti udah gak asing sama Ahok. Ya. Apalagi kalo kamu Kristen, pasti pendeta/pasturmu udah pernah ngebahas dia minimal 10x dalam kebaktian. Ahok ini selalu jadi contoh orang Kristen yang baik yang mampu berdampak buat Indonesia. Gak heran kalo udah ada beberapa gereja yang jadikan Ahok sebagai Nabi.

Well, in Ahok’s hand, Jakarta becomes better. We need to admit it. Jakartanya! Bukan orang-orangnya.

Baru-baru ini Ahok ada masalah sama DPRD gara-gara APBD. Ada yang ngebohongin Ahok masalah Anggaran. Gini lo, Ahok ini kan Cina, dan anggaran itu ngomongin masalah harga. Orang bego macam apa yang cari masalah sama orang Cina tentang Harga?

MKM yang punya darah ¼ cina (1/4 jawa, ¼ belanda, ¼ monyet), tahu betapa “Master”nya orang Cina kalo udah ngomongin harga. Orang Cina kalo udah tawar menawar harga, yang awalnya harganya 100.000, ditawar bisa jadi – 50.000. iya, minus. Jadi penjualnya malah yang kasih duit.

Jadi kalian kalo nantangin Ahok masalah harga, itu sama aja kayak ngajarin Jokowi cara ngomong Medhok. Atau sama aja kayak ngajarin Jackie Chan buat jadi stunt man.

(di atas truk)

Si kampret: “Jek, liat gua ya. Nih gua ajarin cara ngelompatin truk yang lagi jalan.” (lompatlah si kampret)

Jackie: (melihat ke bawah) “Yah, mati itu si kampret.”

Anyway, APBD yang diajuin emang gak logis. Buat beli UPS, dianggarkan 5 miliar per sekolah. Kalian tau UPS gak sih? Semacam stavolt gitu, tapi lebih gede dayanya. Gak ngerti stavolt juga? Kalo kabel tau? Gak tau kabel juga? Sedotan? Nah.. kabel itu sedotan gede.

MKM kasi tau ya. Harga UPS itu per bijinya 6 juta. Misalnya nih (ekstrimnya), sekolah mau beli 100 biji UPS, itu Cuma 600 juta. Trus yang 4 sekian miliar ke mana? (malahan sebenernya ada jenis UPS yang gede banget seharga 99 jutaan yang cukup buat satu sekolah. Itu sisanya ke mana?)

Anggaran 5 miliar buat satu sekolah itu bisa buat beli UPS, sekalian beli komputernya, sekalian buat renovasi sekolah. Itu pun masih sisa. Sisanya bisa dipake buat ngebayar cabe-cabean dari sekolah tersebut.

Ada lagi anggaran alat fitness 3 miliar. Sekolah punya alat fitness buat apa sih? Jangan-jangan sekolah tersebut mau bikin inovasi hukuman. Daripada muridnya disuruh lari muter lapangan, mending suruh lari di treadmill, lebih elit.

Anggaran yang dikasih menurut MKM emang udah gak logis. Pantes aja Ahok marah-marah. Tapi MKM bukannya marah, tapi pingin ketawa. Kog ada ya yang berani nantangin Ahok kayak gitu? Seakan-akan yang ngajuin anggaran ini udah bosen hidup normal. Mungkin dia mikir gini, “Masuk penjara kayaknya enak nih… gimana ya? Bohongin Ahok ah….” pasti dia sodaranya Maddog.

59933644

Mari kita lupakan dia Cina atau Kristen. Ahok adalah orang baik, tapi dia gak bisa berusaha sendiri mengubah Indonesia. Kita pun gak cukup ngedukung dia pake tulisan di blog/twitter. Buat kalian yang mau jadi PNS, jadilah PNS yang jujur. Beranilah buat gak ikut korupsi. Buat pak Ahok (kalo bapak baca blog ini), Jangan kendor semangatnya. Ingat pak, kita domba yang dilepas di tengah-tengah serigala. Kita emang harus siap mati demi kebenaran.

#SaveAhok #Shalom1Jiwa #ShareTheLove

oiya. besok sabtu bakal ada #MKMspoiler. MKM bakal ngebahas tentang film India… penasaran? tunggu besok ya…