Tag Archive | Kesehatan

Good Doctor

Hi readers, sebenernya udah lama MKM ada waktu kosong buat nulis, tapi karena kelamaan gak nulis, skill and mood berkurang. emang susah memelihara mood, tapi ngebalikin mood lebih gampang daripada ngebalikin hatimu ke aku. uooooo….

anyway. Kalian pernah gak sih ke dokter, berharap dikasih tau kalian sakit apa n dikasih obat, tapi malah dijutekin dan ditagih ongkos yang gak sesuai sama apa yang kalian rasain. maksud MKM, ini masalah kesehatan lo. harusnya ditangani secara serius dan benar. kan susah kalo misalnya kita udah konsultasi dokter, ada benjolan di tubuh, aslinya kanker, tapi dia bilangnya cuma kejedot. sejak kapan kejedot di payudara bisa benjol? dokter gak ada otaknya.

tapi itu yang terjadi di Indonesia. Seringkali ada dokter2 bedebah yang karena udah kaya, gak butuh duit, kalo penyakit pasiennya remeh, ya gak diseriusin. Okelah, penyakit kita penyakit miskin, misalnya cuma kutu air. Tapi kalo gak ditangani serius, ini bisa jadi bahaya. kalo makin kronis, ntar kutu airnya bisa menyebar di seluruh permukaan kaki trus kaki kita akhirnya bisa diamputasi.

udah beberapa bulan ini MKM juga mengidap penyakit orang miskin, clavus, mata ikan. itu penuh banget di kaki. Itu kalo kaki dimasukin air anget, terus dikeluarin lagi, kaki udah kayak pegunungan alpen, penuh banget ama mata ikan.

akhirnya MKM pergi ke klinik. Dan kamu tahu dokternya menganjurkan apa? dokternya menganjurkan obat yang udah 3 bulan MKM pake dan tetep gak sembuh. kan kesel, mending amputasi aja sekalian.

Jadi gini nih, kode etik kedokteran menuntut setiap dokter untuk memperlakukan pasiennya dengan compassion. itu artinya setiap dokter harus mengasihi dan memperlakukan pasiennya dengan serius. gak cuma demi duit.

Nah, ini berlaku buat semua profesi. kita semua tau kalo kita ini manusia yang gak luput dari dosa, tapi kalo mau melakukan kecurangan ya gak gini juga caranya. Ini kan bikin nyawa orang terancam. kalian kalo udah dikasih Tuhan bakat yang luar biasa, dipake buat nyelametin orang dong, bukan ngebunuh orang.

Apa yang membuat manusia bernilai bukan lah harta yang dia punya, tapi apa yang dia lakukan buat orang lain.

#Shalom1Jiwa #ShareTheLove

Thanks buat Mantan Teman Sebangku yang udah ngasih mood and topik buat dibahas. emang masih belum lucu sih, tapi perlahan pasti bisa lucu lagi kog. seperti layaknya gagal adalah sukses yang tertunda, jayus pun juga adalah lucu yang…. well, dipaksakan.

gomen.

Kehidupan cacing

Pasti ada di antara kalian yang doyan makan, tapi gak bisa gemuk. Selamat! kalian cacingan! haha…. bercanda…. (tapi gak lucu)…. belum tentu kog… ada orang2 yang emang genetiknya gak bisa gemuk. ada juga yang cacingan, tapi dia tetep bisa nimbun lemak di tubuh. Iya, cacingnya nyerang otak. Otaknya jadi kopong gak ada isinya.

nah, penasaran gak sih apa yang dilakukan cacing di perut kita?  Kan usus kita sempit. dia pasti di dalem bete banget. udah sempit, panas, jarang ada makanan yang turun (itu cacingnya anak kost). MKM curiga, jangan2 cacing ini untuk menghilangkan kebosanan dan menjaga bentuk tubuh, mereka melakukan kebiasaan anak cewe alay: muntahin makanan. lalu muntahan itu mereka makan lagi.

MKM yakin kalo cacing ini otaknya kecil, artinya mereka ini sebenernya bego. tapi mereka cukup cerdas untuk bertahan hidup di usus kita. Mereka kalo makan kasian, cuma kita kasih makan gak kita kasih airnya. MKM curiga jangan2 kalo mereka lagi seret, mereka naik ke lambung, terus minum asam lambung. Jadi kalo kamu sering maag, mungkin cacing kamu memang sering seret.

kenapa cacing bisa numpuk di tubuh? karena mereka setia kawan. Mereka walau jahat, tapi tidak kanibal. jadi kalo kita makan mie, mienya gak mungkin dimakan cacing. iya. mienya dikira sesama cacing. jadi kalau kalian cacingan dan pingin gemuk, makan mie yang banyak aja.

cacing itu susah kalo mereka masuk ke otak. soalnya bentuk otak kita mirip cacing. kan susah kalau sistem otak kita dikacaukan oleh cacing. Kita ngomong jadi susah. kayak gini:

Cowo: Sayang… Ca… ca…

Cewe: Aku cantik?

Cowo: Cing…cing…

Cewe: Aku lucu kayak kucing

Cowo: kayak cacing….

Cewe: makasih!!!!

*PLAK!

kita akan mikirin cacing tiap hari.

nah. cacing itu tahan hidup di tempat yang keras seperti usus kita. kita gimana? bisakah kita beradaptasi dengan lingkungan kita yang keras? Oke. see you next time. #Shalom1Jiwa

Tidur yang Barokah

Ayo tebak-tebakan. Kenapa setan-setan matanya merah kalo gak item? Karena mereka kurang tidur. Mereka begadang bikin tugas kuliah.

Nah, tidur itu sangat penting bagi kesehatan kita. Bukan hanya kesehatan fisik, terutama kesehatan emosi. Dan tubuh kita meresponi kebutuhan itu. Seringkali kita kalau marah, bawaannya pingin tidur. Marah sama orang tua, ngunci diri di kamar, tidur. Marah sama temen, gak mau keluar rumah, tidur. Marah sama pacar, pacarnya dikunci, diajak tidur.

Tidur itu penting. Kalau ngantuk, tidur aja. Ngantuk adalah sinyal dari tubuh bahwa tubuh sudah butuh istirahat. Jadi kalau kamu di kelas ngantuk, tidur aja beberapa menit, ntar bangun lagi. Mending cuma dapet pelajaran 15 menit terakhir daripada selama 3 sks memaksakan otak buat bangun dan ngerti akhirnya gak dapet apa-apa.

Siswa selalu lebih maju dari gurunya. Siswa zaman sekarang daripada menemukan cara belajar yang efektif, mereka lebih berbakat untuk menemukan cara tidur di kelas yang barokah. Berdasar cara tidurnya siswa dibedakan jadi 3.

1. Siswa thinker

Siswa ini selalu mencari pose tidur yang membuatnya tampak sedang berpikir. Entah itu dengan cara pura-pura nulis, pura-pura pegang kepala sok mikir, atau pura-pura baca buku.

2. Siswa affirmative

Siswa ini pose tidurnya bisa sambil meng-iya-kan apa yang gurunya katakan. Jadi sambil tidur, dia ngangguk-ngangguk. Biasanya dia bersandar di kursi, tutup mata, lalu berapa detik sekali ia akan menganggukkan kepalanya dengan cepat.

3. Siswa fearless

Siswa ini pose tidurnya gak tau malu. Gak pake nunduk, mulut kebuka, ngiler, ngorok, dan membuat mukanya sejelek mungkin mirip berhala sehingga menggoda orang-orang atheis buat nyembah dia. Kalo dia dibawa ke candi, mungkin bisa ketuker sama arca.

Tapi MKM kasih tau ya buat semua orang yang hobi tidur di kelas. Tidur di kelas itu gak enak. Tidur yang enak adalah tidur di tempat yang tepat. Ada tiga tempat di dunia ini yang paling enak buat dipake tidur yaitu: Kamar tidur sendiri, pangkuan orang yang disayangi, gedung DPR.

Malas itu hak asasi setiap orang, tapi bertanggung jawablah atas segala hal yang sudah kau sepelekan dengan segala kemalasanmu. Shalom Satu Jiwa!

 

Cara Menyembuhkan Masuk Angin

Orang Indonesia seakan gak kehabisan mitos. Banyak mitos absurd yang dipercaya orang Indonesia turun temurun. Itulah kenapa Indonesia gak pernah maju. Salah satunya banyak mitos aneh yang menjelaskan cara untuk menyembuhkan masuk angin.

1. Minum soda

Katanya minum soda bisa bikin masuk angin ilang. Itu karena kalau minum soda, kita akan sendawa. Ya jelas la. kamu masuk angin atau gak, kalo minum soda pasti sendawa! Kan soda ada CO2 nya. Itu sama aja kalian menguras bak mandi dengan cara mengisinya dengan air, lalu mengeluarkan airnya.

2. Kerokan

Katanya kerokan bisa bikin kita merasa lebih enteng. Kerokan itu gak lebih dari membuka pori-pori tubuh sambil merusak sel kulit. gak lebih. Buat cewe-cewe, percayalah, kerokan bikin kecantikan kalian turun 209%. Kalian jadi gak sexy.

3. Makan yang anget

Katanya makan yang anget bisa bikin angin kita gak betah terus keluar dari tubuh. Kamu kira angin itu siswa SMA yang kelasnya gak ada AC? siswa SMA aja tetep maksa belajar kog. Kalau anginnya udah komitmen dari awal, dia gak akan pergi gitu aja.

4. pukul-pukul perut

Katanya pukul-pukul perut bisa bikin angin kita keluar. Ibarat anak, kalau dipukul, dia diem bro. angin juga begitu, makin kamu pukul, dia makin diem. angin gak keluar, perutmu sakit-sakit sendiri.

Masuk angin sendiri itu cuma mitos. Masuk angin adalah gejala-gejala menyakitkan sebelum kita bener-bener sakit. Kalau kalian percaya bahwa masuk angin adalah penyakit, berarti kalian percaya bahwa angin bisa membuat sakit. Jadi kalian akan menghindari angin. kalian gak akan memasukkan angin ke dalam tubuh. gak usah nafas aja sekalian.

pesan moral: Kalo kamu percaya bahwa masuk angin adalah angin yang merusak tubuh, sedot aja anginnya. bisa lewat mulut, atau lubang tubuh yang lain, udel misalnya.

btw, MKM masuk angin nih, ada yang mau sedot? #IniApa

Menetesnya Darah dari Hidung

Nosebleeding (buat yang gak punya kamus, itu artinya mimisan!). Mimisan beda dengan ngiler. Mimisan itu terjadi secara gak sadar dan karena faktor tertentu. Sedangkan ngiler, itu hobi.

Ada pembaca yang berharap MKM nerangin tentang mengapa mimisan terjadi? Ada? NGIMPI! Biologi MKM nge-pres, hampir aja gak naik gara-gara biologi. Seperti biasa, MKM akan ngomong secara ngelantur tentang mimisan.

Seperti yang tertera di judul. Mimisan adalah menetesnya darah dari hidung. Sensasi awalnya seperti kalian pilek, tapi lancar sekali keluarnya. Begitu kalian cari tisu buat bersihkan umbelnya, ternyata umbel kalian warna merah. Lalu kebanyakan dari kalian akan panik, dan langsung teriak-teriak minta tolong. Padahal gak sakit.

Ini yang salah. Mimisan itu jarang terjadi. Mestinya ini bisa diabadikan. Difoto. Masukkan instagram. Sebarin lewat twitpic (jangan lupa disusun dibagi 4 dulu). Akhirnya foto lubang hidungmu yang warnanya merah nyebar di facebook dan jadi foto sampul sahabat-sahabatmu. Hidungmu jadi terkenal.

Jika kalian panik saat mimisan, kalian akan terlihat cupu, lemah, dan alay.  Mestinya tenang aja. Pura-pura gak mimisan. Segera bersihkan bekas darahnya, lalu menataplah ke langit. Saat ada temanmu tanya, “Kenapa bro?” Jawab aja, “Langitnya indah bro.” Tapi kalo kamu lagi di dalem ruangan, jawab aja, “Lampunya indah bro.”

Alternatif lain, nikmati saja mimisanmu. Ratakan darah yang menetes ke mulutmu. Lalu takut-takuti semua orang di sekitarmu. Belagaklah zombie. Dengan begitu kamu akan membuat orang lain makin dekat dengan Tuhannya. Kenapa? 7 dari 10 orang yang dikagetin dengan cara seperti itu akan mengucapkan kata-kata sejenis ini: “Ya Allah!” “Yesus!” “Ampun ya Tuhan!” (walaupun logikanya itu zombie, bukan Tuhan!)

Mimisan itu manusiawi. Namun kalo keseringan berbahaya. Itu tandanya kamu perlu mendekatkan diri pada 3 hal, Tuhan, Dokter, dan Tisu. Banyak hal yang menyebabkan mimisan. Salah satunya adalah bila kamu menahan semua beban pikiranmu sendirian. Kamu stres, dan kamu pura-pura gak apa-apa di depan teman-temanmu. Itu munafik. Nangis, nangis aja. Galau itu boleh, hanya saja, jangan terlalu lama. Selama darahmu masih mengalir, selama itulah hidup akan terus berjalan.

PS: setelah mimisan, kalo udah kering, biasanya upilmu punya warna yang berbeda. Itu lumayan buat dikoleksi.