Orang Relijius

Hi readers, sejak DO, MKM benci banget sama religious people. Buat MKM, doa dan ibadah mereka adalah topeng dari keaslian mereka. Mereka lupa bahwa yang dihakimi Tuhan nantinya bukan topeng mereka tapi diri mereka sendiri.

MKM mencoba berdamai dengan religious people. Seseorang mengingatkan MKM, “tidak semua orang religius seperti yang kamu benci.” Well mungkin ada benernya.

MKM sedang ada kegiatan. MKM sedang berada di sebuah desa di pelosok malang. Selama sebulan lebih MKM akan tinggal di sini bersama dengan 13 orang lain yang memiliki agama dan kebudayaan berbeda. Ini salah satu ceritanya.

MKM gak percaya ada hantu. Kalaupun hantu ada, MKM gak percaya kalo hantu bakal bisa ganggu MKM. Really. MKM percaya God, The Only God will protect me from any kind of…. Those things.

Tapi sungguh, MKM bukan orang yang religius. MKM jarang banget doa. Lebih banyak bilang fuck daripada doanya. Dan di sini MKM terharu dengan orang-orang yang taat sekali doa. Ada yang setiap hari sholat 5 waktu. Ada yang tiap malem nyanyi lagu gereja. Ada yang tiba-tiba doyan nyembah ketela pohon. Intinya, di sini kalau masalah doa, MKM paling bawah.

Suatu malam, (katanya) ada yang kerasukan. MKM gak tahu, karena MKM tidur. MKM dibangunin paksa karena banyak yang ketakutan. Well, pengakuan temen-temen sih emang aneh. Tapi…. Ayolah. MKM yakin karena sebelumnya ada yang cerita horror, trus si kampret yang kerasukan emang sengaja iseng aja ngerjain temen-temennya.

Yang lucu bukan kerasukannya, tapi reaksi mereka akan kerasukan.

Mereka langsung kebelet pipis. Mereka yang kebanyakan muslim, ditemani temen mereka yang Kristen, ke kamar mandi, sambil muterin lagu rohani Kristen. Entah mengapa, tapi kalau MKM yang muslim nih, mestinya paham dong kalau lagu Kristen itu percuma dinyanyikan. Gak nolong. Yesus bukan Tuhan.

Trus ada yang Kristen berusaha menyadarkan yang kerasukan pake lagu Kristen. Tapi ngomong gini ke yang (diduga) kerasukan, “istighfar… istighfar…” Lah. Bukannya kalau kamu Kristen, kamu juga harusnya tahu Istighfar itu percuma? Bukannya harusnya mengusir setan itu dalam Nama Yesus?

My point is, jika setan menyerang, kita bisa toleransi agama. Somehow dalam hal membuat orang jadi toleran, setan bisa lebih baik daripada ayat-ayat kitab suci. Atau mungkin, temen MKM tadi kerasukan Tuhan. Sengaja biar ada toleransi antar umat beragama di antara 14 orang yang berbeda ini.

Yang jelas, apapun agamamu, jangan pernah menyembah Tuhanmu agar kamu dijauhkan dari setan. Tapi sembahlah Tuhanmu agar kamu didekatkan dengan Tuhan

buat menutup perjumpaan kita, kalian bisa nonton short movie yang dibikin temen MKM ini. Judulnya Prejudice, cerita tentang kerukunan antar umat beragama. support dan subscribe channel mereka ya.

Advertisements

3 thoughts on “Orang Relijius

  1. Tiba2 jadi bertanya2 ‘am I a religious person?’
    Saya berdoa juga memaki, saya bersyukur juga mengeluh,
    I wish I will be..but I’m not

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s