#PPL_Challenge Day 23 – After School

Hi readers. Hari ini pertama kalinya MKM nemenin anak after. Apa itu after? After adalah bahasa keren sekolah ini buat bilang tambahan pelajaran seusai sekolah. Jadi anak mengajukan diri ke guru buat dapet after, trus pulang sekolah ketemu guru itu buat diajarin.

Nah, kali ini MKM dapet satu murid yang susah banget buat ngerti matematika. Jadi MKM harus ngajarinnya super lambat. Bahas 5 soal abis satu jam. Tapi gak apa-apa. MKM bahagia kog.

Masalahnya adalah, sering kita jadi guru itu kebagi jadi dua ekstrim: satu ekstrim yang udah judge anak gak akan bisa ngerti mau brapa kali after pun. Satu ekstrim lagi adalah yang terlalu optimis sama pelajarannya dan yakin after sekali anaknya langsung sanggup ikut olimpiade.

Kesimpulannya: Manusia itu berdosa, manusia suatu saat akan mengecewakan. Baik itu kita maupun mereka.

Tapi guru dilatih untuk punya ketabahan sekuat vibranium. Seru itu lihat guru-guru baru yang penuh semangat. Dan biasanya yang guru senior melihat mereka dengan sinis, “Haha… sampai kapan mereka bisa bertahan?” Pengalaman jadi guru yang meningkat biasanya berbading terbalik dengan ketabahan dan semangat. Somehow biasanya makin tua gurunya makin doyan marah. Ya gak sih?

Satu hal yang mau MKM tekankan. Masa muda biasanya penuh dengan idealisme, lalu itu hilang terbawa arus. Kalau sudah tua kita makin capek mempertahankan idealisme kita. Hal itu salah. Makin tua harus makin radikal. Makin tua harus makin memberi lebih pada masyarakat. Kita tidak boleh terbawa arus begitu saja.

Selamatkan generasi muda Indonesia. Salam pramuka.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: