#PPL_Challenge Day 20 – Bikin bangga teman-temanmu

Hi readers. Seperti biasa. Refleksi yang hari jumat itu biasanya berbobot. Jadi tadi ada pembicara, Jendral TNI bernama Gatot Nurmayanto. Anak-anak suka ketuker, “Gua tadi bilang mama, sekolah bakal kedatengan Gatot Subroto.” “Gatot Subroto kan nama jalan?!” “Gatot yang itu udah mati.” Ya begitulah anak SMA, paling pejabat negara yang mereka ingat namanya cuma Jokowi, Ahok, dan John Cena.

Terlepas dari siapa Gatot ini sebenarnya, apa yang dikatakan pak Gatot tadi pagi sungguh menyayat hati. Well, indirectly begitu. Gini, dia kasih contoh2 pemuda yang bikin bangga Indonesia, dan salah satunya muncullah foto Himawan Wicaksono, pemenang olimpiade fisika tingkat internasional. FYI, Hima ini temen MKM.

And I was like so proud of him and said to my students, “Itu temen bapak!” Sampai akhirnya MKM sadar satu hal. Apakah Hima juga sebangga ini sama MKM?

Dan ternyata gak cuma Hima, banyak temen-temen MKM yang udah sukses meraih mimpinya. Bekerja sesuai Passionnya. Udah cukup keren buat MKM banggakan. Tapi apakah MKM juga cukup layak dibanggakan oleh mereka?

Tidak. MKM gak membanggakan sama sekali. MKM lagi ngerasa nyampah banget.

Saat krisis begini MKM biasanya melakukan dua hal. Menyalahkan keadaan dan menyukuri yang ada. Masalahnya dua hal itu berdampak pada MKM gak melakukan apa-apa untuk mengubah keadaan diri sendiri. Dan MKM sadar kalau MKM gak bisa begini terus.

Sahabat MKM waktu SMA, sebut saja tante dempal, berkata, “semua orang punya prosesnya masing-masing dan kamu gak boleh iri.” Keren kan quotenya untuk ukuran tante-tante. Tapi gaes. Poin pentingnya, proses MKM masih kurang keras dan nyentrik dibanding yang lain. proses gak pernah membohongi hasil. Maka MKM harus berjuang lebih keras lagi.

Disiplin diri perlu, tetapi tentara yang dibiarkan nganggur seumur hidup akan berbeda dengan pemuda yang lahir di medan perang.

Ah. Ini dia secuplik refleksi berguna. Kalau lebih banyak faedah lagi nanti blog ini bisa ngalahin official sitenya vatican.

Thanks guys, happy weekend. Bikin bangga teman-temanmu

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: