Bebas itu Tidak Bebas

Hi readers. Apakah kalian sadar, bahwa sebenarnya bebas itu tidak bebas. Bebas itu terikat. Kalian pikir ini artikel filosofis? Tidak, ini artikel bedah bahasa.

Bebas itu tidak bebas. Pada kenyataannya bebas itu terikat, minimal oleh KBBI. Kalau Bebas benar-benar bebas, maka kita bisa mengganti kata bebas dengan kata apapun, termasuk, “haimsinfurotikitiki.” Tapi nyatanya kita gak bisa mengganti kalimat, “Kita orang-orang bebas” dengan “Kita orang-orang haimsinfurotikitiki.”

Artinya bebas ini terikat oleh makna. Ia tidak bisa diganti sembarangan. Mungkin hanya beberapa kata yaitu sinonimnya seperti merdeka dan terserah. Tapi kita juga tidak bisa mengganti kalimat “Indonesia adalah bangsa merdeka” dengan “Indonesia adalah bangsa haimsinfurotikitiki.”

Bagaimana dengan terserah? Masih mau ditanya? Pernah gak, kamu tanya sama pacarmu, “Sayang, aku main sama temenku ya?” Dia bilang, “terserah.” JANGAN BERANGKAT! Terserah itu tidak terserah!

Maka sebenarnya, tidak ada yang benar-benar bebas di dunia ini. Kamu tidak bebas memilih pekerjaan, kamu tidak bebas memilih pasangan hidup, kamu tidak bebas memilih orang tua. Maka apa yang harus kita lakukan untuk mengisi keterbatasan kita? Berdoa, agar pilihan-pilihan kita yang terbatas ini dapat kita pilih dengan bijaksana. Karena hidup tidak bebas.

Selamat Memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Nih #DrawingPun, project typography MKM. Buat yang mau ikutin, bisa follow instagram: @AditMKM

opo 3

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: