Archive | August 2016

#PPL_Challenge Day 28 – Demam

Hi readers. Hari ini MKM gak lagi mau nyeritain demam Suicide Squad di sekolah. Bukan juga tentang cowo-cowo di sekolah yang demam banget nge-gym. Dan bukan juga nyeritain demam mainin balikin botol air mineral. MKM mau cerita kalau MKM hari ini demam. Ya demam beneran. Demam menggigil gitu.

Kenapa? mungkin MKM salah dikasih obat sama dokter ganteng dari klinik sekolah. Padahal MKM cuma minta obat gatal, trus dikasih obat entahlah obat apa. Mungkin sejenis antibiotik. Lalu sejak itu semua bakteri, virus, cacing di tubuh MKM berontak. Bukan ngelawan, party aja. “Bro… kita dapet stock drugs!!!!”

Jadi sekarang tubuh MKM lagi panas banget hasil dari mereka party. Ini kalau kalian mau masuk ke tubuh MKM, kalian bisa menjumpai cacing-cacing nyimeng di pojokan usus buntu. Ada Bakteri streptococcus lagi karaoke lagu dangdut diiringi jamur panu yang lagi main electone.

Alhasil, MKM terbujur kaku.

Tadi di sekolah sih masih mending. Tapi emang kalo guru sakit pasti performa turun. Tapi itulah bedanya kita sama pekerja yang lain. Kita harus tetap stay cool di depan murid.

Doain MKM cepet sembuh ya.

#PPL_Challenge Day 27 – Ngantuk

Hi readers. Hari ini MKM ngantuk banget. somehow. Melek susah. Bahkan pulang sekolah pun langsung tidur. Mungkin hari ke dua puluh tujuh adalah fix hari lelah.

Lelah adalah hal yang manusiawi. Lelah itu normal. Yang gak normal itu orang yang makan sereal tapi dituang bukan pake susu tapi pake air putih.

Jadi apa yang harus dilakukan? Berikan tubuh waktu untuk istirahat. Lah, kalo capeknya di kelas gimana? Tidur di depan kelas? Ya enggak. Setidaknya duduk, lalu kumpulkan tenaga, tarik naas tiga kali, lalu mengajarlah dengan nada emo. Mirip Jared Leto waktu nyanyi From Yesterday. Kamu gak akan ngantuk lagi.

“From Yeeeesterdaaaay!!!!!”

“Fungsiiiii Kuuuaaadraaaat!!!!!”

Jayus ya? gapapa sih. Tapi semakin kita menikmati perjumpaan kita dengan murid, kita akan makin mudah untuk menghilangkan lelah. Perlakukan mereka dengan cinta kasih, maka rasa capek akan segera hilang.

Lalu capek itu muncul lagi ketika melihat tulisan mereka di lembar-lembar koreksian.

#PPL_Challenge Day 26 – Humble

Hi readers. Sekali lagi MKM ditantang untuk jadi humble. MKM ini sombong.  MKM pernah dapet surat peringatan dari kampus karena MKM arogan. Jadi MKM sombongnya udah ada sertifikatnya.

Seorang dosen MKM bilang kalau kamu sombong, kamu itu kurang piknik. MKM mengamini hal itu. MKM gak suka piknik. Piknik itu capek. Kalau mau jalan-jalan, mending duitnya ditabung buat beli PS 4 lalu main Final Fantasy 7 remake. (Kalo ada pembaca yang punya PS 4 nganggur dan mau disumbangin ke MKM yang sedang fakir-konsol, bisa komen)

Ternyata bukan piknik seperti itu yang dimaksud. Piknik di sini adalah ngobrol dengan orang yang memang lebih baik dari kamu. Dan MKM lagi hobi melakukan itu hari-hari ini. Ternyata kalau MKM ketemu orang yang keren banget MKM bisa ngerasa very gak layak.

Sayangnya MKM juga sedang berkumpul dengan orang-orang yang MKM bisa nyombong di depannya. Salah satunya adalah MKM sedang kumpul-kumpul dengan kelompok movie di sekolah ini. MKM bisa sombong ke langit tentang pengalaman MKM nulis script. Ah, tapi MKM juga harus humble. Sebagus apa sih…

Di sisi lain, MKM juga baru saja disakiti oleh seseorang. Orang yang di depannya ngomongnya baik dan penuh visi misi, tapi di belakang busuk. Ada. Dan pasti kalian punya temen kayak gitu. Temen yang berusaha keras meyakinkan kalian bahwa dia baik, tapi ternyata pelan-pelan kalian diomongin dari belakang.

Ah. tapi kadang MKM juga jahat kog sama orang. Dan sayangnya semua manusia sama jahatnya. Bahkan teladan kebaikan dan ketulusan kita sekarang ini bukanlah manusia lagi melainkan Harambe si Gorilla. People agree that Harambe’s heart is better than human’s. Jadi kalau kamu diputusin dengan kata-kata, “Kamu pantas dapat yang lebih baik.” Itu sama aja kayak kamu disumpahin jadian sama Gorilla.

MKM personally, lebih suka dikenal sebagai orang jahat. Kalau orang kenal MKM sebagai orang baik, suatu saat MKM pasti ada jahatnya. Lebih baik dikenal sebagai orang jahat yang nanti saat kita berbuat baik, orang lain enggan memberikan pujian.

Oh! This is harambe!

harambe-22-1

Agama Cinta

Hai readers. Jadi ceritanya MKM barusan ikut seminar wajib. Seminar wajib di sini itu bukan yang kalo gak ikut nilai dikurangin atau apa. Ini seminar wajib yang kalo gak dateng, di-DO. Maka seperti seminar-seminar wajib biasanya, MKM ikut dengan hati yang lari entah ke mana.

Tapi atas berkat rahmat Allah yang Mahakuasa (mirip pembukaan UUD), MKM dengerin semua isi seminarnya. Ada satu isi seminarnya yang kece banget: Budaya barat sekarang sebenarnya bukanlah Atheist, mereka memiliki agama, yaitu agama Eros.

Awalnya MKM yang setengah ngantuk berpikir kalau Sheila On 7 akhirnya bisa punya prestasi internasional selain bikin 9 album dan berhasil memiripkan muka vokalisnya dengan MKM. Tapi ternyata bukan Eros gitaris yang ia maksud. Maksud Eros di sini adalah Cinta. Budaya barat sekarang ternyata begitu mendewakan yang namanya Cinta.

Cinta membawa kebahagiaan, semua orang berhak bahagia, Maka pertanyaannya, apakah salah kalau kita mengutamakan Cinta di dalam hidup kita? Well, orang Kristen juga percaya kalo Tuhan itu Cinta. Lalu masalahnya apa? Ada apa dengan Cinta?

Rupanya Ada apa dengan Cinta 2 tidak sebagus yang pertama. Rangga tidak sepuitis Rangga SMA. Apakah itu karena Rangga memiliki huruf pertama R? Andai huruf pertamanya adalah T. Maka ia mungkin bisa konsisten puitis seperti grup vokal Tangga yang sekarang sudah bubar. Atau setidaknya lagu dan puisinya terkenang seperti peribahasa yang sering diucapkan orang kalau lagi sial. Sudah jatuh tertimpa Rangga.

Definisi Cinta itu membingungkan untuk dijadikan agama. Rasul Paulus menghabiskan satu pasal untuk menjelaskan Cinta di Bible. Anak SD yang mulai mencoba pacaran mendefinisikannya sebagai alasan untuk mendapatkan cie-cie. Rangga mendefinisikannya sebagai gebetan. Uya Kuya mendefinisikannya sebagai anaknya. Maka Uya Kuya kalau jadi orang Barat, ia bisa menyembah anaknya sendiri.

Capek kan jadi orang barat. Mending jadi orang Timur. Karena Timur adalah titik awal SunGoKong untuk mencari kitab suci. Lihat apa yang terjadi pada SunGoKong? Serialnya dibuat terus, filmnya ada terus, bahkan sekarang dia jadi Hero di Dota2. Ini bukti kalau budaya timur sebenarnya lebih berpotensi daripada budaya barat.

Maka kalau bukan cinta yang harus kita utamakan, Lalu apa? Utamakan Selamat.

(Jadi sebenernya isi seminarnya bagus, tapi itu sebenarnya seminar berbayar. Kalian bacanya gratisan minta lebih!)

#PPL_Challenge Day 25 – Lesson Plan yang gagal

Hi readers. Tadi pagi Lesson Plan yang MKM bikin gagal. Apa itu Lesson Plan? Lesson Plan adalah rencana kamu mau ngapain aja di satu pertemuan. Jadi MKM gagal menerapkan apa yang MKM rencanakan. Pelajarannya molor gitu dari alokasi waktu yang udah MKM tentukan.

Apakah masalah? Ya iyalah! Mundur 1 pertemuan, berarti makin dikit waktu. Makin ngebut lah kita di akhir2. trus anak-anak dapet apa?

Tapi itulah tantangan seorang guru, harus bisa bijaksana. Trim sana trim sini. Pikir banyak cara agar anak-anak ngerti.

Tapi semuanya balik lagi ke motivasi awal mengajar apa. Ingat, kita tidak sedang menciptakan ahli matematika. Kita sedang menciptakan manusia. Mana yang memanusiakan manusia kalau kalian begitu mengejar materi?

Ah. Guru kuliah 4 tahun (minimal) bukan buat jadi pinter, tapi buat jadi bijaksana