#PPL_Challenge Day 3 – Guru juga Manusia

Hi readers. MKM belum menyerah untuk tetap menulis refleksi. Jadi, kemaren adalah tanggal 25. Itu tanggal gajian. Kalian bisa bayangkan semangat guru-guru di tempat MKM seperti apa. Wajah mereka walaupun capek, tapi penuh dengan semangat optimis. Andai guru-guru gajian tiap hari, pasti pendidikan di Indonesia akan dipenuhi dengan guru-guru yang girang dan semangat.

Poin MKM di sini adalah, guru juga manusia gaes. Guru bukan robot yang bisa terus senyum tiap hari. Guru pun juga adalah makhluk yang bahagia kalo dapet makan enak dari sekolahan. Guru juga butuh bayar kos-kosan. Guru adalah manusia yang normal.

Guru juga makhluk yang bisa bercanda, sekiller apapun dia. Ada yang emang pendiam banget (yang begini biasanya kalo udah ketemu yang lucu, ketawanya gak ketolong). Ada juga yang dikit-dikit bercanda (sampe kita harus buka kamus bahasa aborigin buat ngerti maksudnya apa). Pengakuan seorang pengajar pada MKM, “Saya orangnya serius. Saya butuh komedi untuk menyeimbangkan hidup saya.”

Masalahnya adalah di dunia ini ada orang yang beneran lucu, ada yang jayus. Dan seringnya orang gak sadar kalo dia jayus. Nih cara bedainnya: Kalo orang lucu bikin jokes, orang lain ketawanya gini, “Hahaha…. HAHAHAHA… ha… ha…” Kalo orang jayus ketawanya gini, “Haha… Apaan sih… Hahahaha….”

Seringkali di sekolah, guru-guru menggunakan jokes yang “Apaan sih?” Contoh: kita tanya, “Pak, can I go to the toilet?” dia jawab, “I don’t know, can you?” trus dia ketawa. Skarang kita tau kan kenapa jokes begitu dibilang, “Jokes bapak-bapak/Dad’s jokes”?

Tapi di tempat MKM praktikum, murid-muridnya kooperatif sehingga gak bikin gurunya stres. Seenggaknya buat dua hari pertama masuk sekolah. Liat aja ntar kalo udah ketemu matematika.

haha.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: