Understanding Batman V Superman

Hi readers, butuh waktu seminggu lebih buat MKM untuk merenungi film yang satu ini. MKM adalah fans berat Batman. Batman adalah inspirasi untuk kita semua. Ia mengajarkan pengorbanan. Ia memberi arti dari mencintai tanpa memiliki. Atas inspirasi yang diberikan itulah, tak sepatutnya kita mengecap jelek film yang satu ini. Kali ini, MKM akan memberikan pembelaan melawan orang-orang yang bilang Batman v Superman jelek, sekaligus memberikan review, komen, dan spekulasi.

Mungkin banyak dari kalian berkata, “Batmannya lebih jelek daripada yang dulu!” “Batmannya jadi jahat banget.” “Kami butuh catwoman lagi!”

Well….

Satu hal yang harus kita sadari dulu, Batman yang di Dark Knight Trilogy dan di Batman v Superman emang beda. Ada dua director yang berbeda, dan masing-masing membawakan ciri khasnya dengan sangat unik. Put it simple: Christopher Nolan punya keyword “think” Zack Snyder punya keyword “amazed.” MKM akan bahas perlahan.

Christopher Nolan mengejutkan dunia dengan Batman Begins nya. Batman diperlihatkan sangat detil. Dilema Batman untuk tidak membunuh orang sangat ditekankan, terutama di bagian akhir ketika Batman memutuskan untuk tidak menyelamatkan Ras Al Ghul. Film tersebut diakhiri dengan spoiler yang cukup membuat orang teriak di akhir film, munculnya kartu joker. Dan Ia berhasil membuat The Dark Knight menjadi salah satu film tak terlupakan abad ini, walaupun harus mengorbankan satu nyawa. Joker yang diperankan Heath Ledger akan selalu terngiang oleh fans DC manapun. Ditutup dengan The Dark Knight Rises yang benar-benar menguras tenaga, adegan action yang belum pernah ditampilkan di kedua Batman sebelumnya. Seolah memuaskan dahaga para fans, Nolan menampilkan 2 hal penting yang belum disinggung sebelumnya: plane and sidekick. Maka seluruh pribadi Batman dapat dikupas dengan baik oleh Nolan, dan penonton dipaksa untuk “think” tentang pribadi Batman sebagai manusia dan sebagai Cape Crusader.

Dan itulah yang biasa dilakukan Nolan di film-filmnya. Bandingkan dengan Inception, Interstellar, Transcendence. Film terasa begitu nyata dan dekat dengan Science yang berlaku. Penonton dipaksa “think” tentang bagaimana film akan berakhir. Dan selalu ada ending yang sulit ditebak.

Zack Snyder? Sebelum masuk ke Batman V Superman, mari kita lihat karya beliau yang lain. “300” mampu memberikan penonton sensasi perang yang luar biasa. Watchmen, sebuah garapan yang sangat kece dari adaptasi komik lain dari DC. Kita bisa dibikin jatuh cinta pada Rorschach yang mungkin sebelumnya kita tak mengenal dia. Dan tentu saja, prequel dari film yang sedang kita bahas, Man of Steel, tidak ada orang yang bisa menyangkal keajaiban film Man of Steel. Zack Snyder mampu menyajikan pertarungan yang penuh action dan drama dari Superman vs Zod. Penonton “amazed” dengan segala efek, action, dan pengambilan gambar yang diberikan Zack Snyder.

Maka bila Nolan mampu mencuri hati kita dengan konflik batin Batman, Zack snyder sudah mencuri hati kita dengan pertarungan yang dilakukan oleh Batman. Bagaimana Batman menghajar musuh-musuhnya dengan tempo yang lebih cepat dan serangan yang lebih kuat daripada yang disajikan oleh Christopher Nolan. Bat-mobile yang tentu saja tidak kalah keren dari Bat-mobile di The Dark Knight. BatCave yang sangat misterius dan tersembunyi patut menjadi poin plus dari Batman bikinan Zack Snyder.

“Tapi Batmannya brutal banget!” Ini penjelasannya: Ketika Superman melawan Zod, hari itu Bruce Wayne sudah menjadi Batman selama 20 tahun. Dan gambar ini harusnya memperjelas mengapa Batman sudah tidak lagi memiliki dilema membunuh manusia, atau lebih bisa dikatakan, mengapa Batman menjadi lebih buas.

_1436646327

Robin, Sidekick Batman yang sudah dianggap Bruce Wayne sebagai anak sendiri, mati. Dan jika kalian mengamati tulisan yang ada di jubahnya, itu adalah tulisan dari Joker. Anaknya mati di tangan musuh terbesarnya. How frustating. Dan ini adalah hal yang memang terjadi di komik Batman: A death in the family. Kisah kematian Robin juga sudah diangkat ke animasi dan juga game di Arkham series.

71hkKVtPj6L

Maka, Batman yang ada di Batman v Superman bukanlah Batman yang aneh atau berbeda. Beda sih, tapi bedanya karena alasan yang sangat jelas. Tapi apakah film ini bebas dari kekurangan? Tentu ada. MKM sendiri adalah fans Christopher Nolan, tetapi MKM tidak membenci Batman buatan Zack Snyder. inilah kelemahan Batman v Superman versi MKM:

  1. Trailer=Film
    Kesalahan terbesar Zack Snyder adalah membeberkan semua hal penting di trailer. Kemunculan doomsday, kemunculan wonderwoman, kematian Robin, semua. Mungkin ini disebabkan oleh persaingan DC vs Marvel. Hal ini secara pasar harus dilakukan, tetapi akhirnya mengorbankan sedikit keseruan dalam menonton film. Marvel dengan Civil Warnya selalu mengekspos tokoh komik apa lagi yang akan ditampilkannya. Mau tak mau, gerakan serupa harus dilakukan DC. Sayangnya, kemunculan doomsday, wonder woman, dan jubah robin adalah hal yang harusnya menjadi kejutan di dalam plot cerita. mungkin kalau penonton gak tau mereka akan muncul, penonton akan lebih bisa berteriak di dalam gedung bioskop.
  2. Young Lex Luthor
    Lex Luthor yang terlalu muda, membuat pecinta superman merasa sedikit tidak nyaman. Tetapi itu terbayar dengan ambisi dan kejahatan yang dilakukannya. Sayangnya, Lex harusnya menjadi seorang yang tenang dan tidak banyak bicara serta berwibawa. MKM gak melihat fungsi dari kehebohan Lex Luthor pada plot. Tapi dengan rencana jahatnya yang begitu mengerikan serta adegan terakhir dari film ini yang membuat Lex Luthor semakin mirip dengan yang ada di komik, semua terbayar lunas.

Itu sih kekurangan terbesar film ini menurut MKM. Film ini memberikan pertanyaan yang tak terjawab seakan menumpuk semua spoiler untuk film-film berikutnya di dalam satu Film. MKM akan bahas satu per satu hal yang bisa dijadikan perenungan bersama sehubungan dengan film ini.

img_0744

Beberapa bulan lagi kita ditantang untuk menonton Suicide Squad. Suicide Squad berisi penjahat-penjahat Batman yang dilepaskan oleh Amanda Waller. Di sana kita akan melihat Jared Leto sebagai Joker. Dan tentu, akan ada kemunculan Ben Affleck sebagai Batman. Kita sangat rindu untuk tahu apa yang terjadi pada Batman sebelum Batman v Superman. Apakah film ini bercerita tentang hal itu? atau bercerita tentang kisah lain setelah Batman v Superman? Lalu apakah kita bisa mendapatkan pertarungan antara Harley Quinn vs Joker?

Menurut MKM, Zack Snyder ingin menciptakan filmnya sedekat mungkin dengan komik. Hal itu terbukti dari komposisi Justice League yang ia pilih. Maksud MKM, Justice League itu banyak, masih ada green arrow, Hawkgirl, dan lain-lain. Mengapa hanya Superman, Batman, Wonderwoman, Aquaman, Flash, Cyborg, dan Green Lantern yang ditekankan oleh Zack Snyder? Inilah yang dicontoh oleh Zack Snyder:

81dcYjT13fL

Well, masih banyak spekulasi yang bisa dipertanyakan. Saran MKM, baca aja komiknya. Zack Snyder tidak memiliki kecenderungan untuk membuat plot twist yang mencengangkan. Tetapi bagaimana ia memberikan kita suguhan penuh action yang pasti tidak akan membuat kita kecewa.

Kesimpulan: Jangan kecewa fans Batman, kita gak akan mendapatkan film Batman yang fokus tentang Batman aja untuk beberapa tahun ke depan. Tetapi Batman kita sekarang berada di tangan yang tepat. Ia akan tetap jadi inspirasi. Dan mari berharap agar kita mendapat film tentang kejadian sebelum Batman v Superman (Please, A death in The Family).

Batman is the strongest. Viva la Bruce Wayne

Tags: , , , , , , , ,

5 responses to “Understanding Batman V Superman”

  1. atthematinee says :

    Great post! Do you ever share these types of posts on any movie websites?๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: