Apa yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus

Hi readers, hi mantan.

Pernah patah hati? Putus cinta memang tak semudah yang disajikan lagu dan televisi. Getir dan perih. Tapi tetap harus dijalani. Kali ini MKM akan kasih kamu tips biar kamu bisa menjalani masa putus cinta dengan lebih positif.

1. Tau diri
Gini guys.  Maksudnya tau diri di sini bukan tau diri kalo kamu jelek. gak. Tapi gini, sering kalo orang udah sakit hati dia jadi sok kuat gitu. Gak mau dapet penghiburan dari temen. Tapi kalo udah sendirian, nangisnya sampe kurus (cairan tubuh keluar semua).

Kasih waktu tubuhmu untuk sendiri, tapi kasih juga jiwamu untuk menerima hiburan teman-teman. Jangan pernah dengerin lagu galau sendiri, ntar nangis. Mending didengerin bareng temen, sambil karaoke gitu, biar asik. Tapi jangan juga merenung bersama teman-teman. Ntar jadinya lu bullshit. Mending ambil waktu sendiri untuk refleksi, bukan tenggelam dalam kesedihan.

Nih yang butuh rekomendasi lagu buat didengerin rame-rame ama temen:
– Sheila on 7 – Lapang dada
– The Rain ft. Endank Soekamti – Terlatih patah hati
– Kungpow Chickens – Lagu yang sangat terpuji sekali

2. Bulatkan tekad
You broke up for a reason, dude. Kalian gak putus karena iseng! “Sayang kita pacaran gini-gini aja, nyoba putus yuk, siapa tau seru!” Gak gitu kan!

Jadi bulatkan tekad dan yakinkan diri kalau kalian emang harus putus. Jangan mikir buat balikan! Kalau memang balikan diperkenan terjadi oleh Yang Maha Kuasa, asal kalian dari awal sadar putus itu perlu, maka balikan kalian akan benar-benar balik dari 0. Bukan balikan yang masih menyimpan dan melanjutkan konflik lama.

3. Sibukkan diri
Gunakan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan yang produktif. Nikmatilah hal yang gak bisa kamu nikmati kalau masih pacaran. Bermainlah bersama teman-teman. Kerjakan segala sesuatu yang kau suka. Jadilah hebat, niscaya pengganti yang lebih baik akan datang.

Tapi jangan sampai ini jadi pelarian. ciri-ciri pelarian: kalau udah gak ada kegiatan ini, galau lagi. Yang tadi tuh, bulatkan tekad! Jangan lari terus tak berujung. Kamu bukan Tsubasa!

4. Berdamai
Berdamai dengan mantan itu perlu, tapi lebih penting berdamai dengan diri sendiri. Sering ada orang yang putus trus gak mau makan gitu. Kan bego. Yang sayang sama elu udah pergi satu, masa iya elu juga mau gak sayang diri sendiri? Makan!

Coba bisikkan pada dirimu sendiri, “Ayo semangat diriku!” “Kamu tidak boleh sedih, diriku!” “Ayo diriku.” Sambil tepuk-tepuk pundak sendiri. Kalau masing-masing udah bisa berdamai dengan diri sendiri, perdamaian antar mantan akan dapat tercipta.

5. Pandanglah sekitar
Ayo teman, cuci mata. Masih banyak makhluk yang lebih indah di luar sana. Buka pikiran kalian. Kalian pantas dapatkan yang lebih baik.

Lihat sekeliling, lihatlah alam. Alam begitu indah melambangkan Penciptanya. Lihat manusia-manusia yang tercipta segambar dan serupa dengan Allah. Bertanyalah lembut dalam hati, “Mantanku ciptaan siapa?”

Eh. kidding.

Lihat sekeliling, lihatlah alam. Alam begitu indah melambangkan Penciptanya. Lihat manusia-manusia yang tercipta segambar dan serupa dengan Allah. Bertanyalah lembut dalam hati, “Apa rencana-Mu untukku, ya Tuhan?” Kalau sekarang kalian harus sesakit ini, percayalah, Tuhan gak pernah seiseng itu. Pasti ada maksud.

Maka sayangilah Tuhanmu terlebih dahulu sebelum jatuh hati terlalu dalam pada manusia. Manusia hanya akan mengecewakan, tapi tidak untuk Tuhan. Peluk Dia. Bersamalah dengan Dia. Like dan Share blog ini.

#Anyway #ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: