Archive | November 2015

Apa yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus

Hi readers, hi mantan.

Pernah patah hati? Putus cinta memang tak semudah yang disajikan lagu dan televisi. Getir dan perih. Tapi tetap harus dijalani. Kali ini MKM akan kasih kamu tips biar kamu bisa menjalani masa putus cinta dengan lebih positif.

1. Tau diri
Gini guys.  Maksudnya tau diri di sini bukan tau diri kalo kamu jelek. gak. Tapi gini, sering kalo orang udah sakit hati dia jadi sok kuat gitu. Gak mau dapet penghiburan dari temen. Tapi kalo udah sendirian, nangisnya sampe kurus (cairan tubuh keluar semua).

Kasih waktu tubuhmu untuk sendiri, tapi kasih juga jiwamu untuk menerima hiburan teman-teman. Jangan pernah dengerin lagu galau sendiri, ntar nangis. Mending didengerin bareng temen, sambil karaoke gitu, biar asik. Tapi jangan juga merenung bersama teman-teman. Ntar jadinya lu bullshit. Mending ambil waktu sendiri untuk refleksi, bukan tenggelam dalam kesedihan.

Nih yang butuh rekomendasi lagu buat didengerin rame-rame ama temen:
– Sheila on 7 – Lapang dada
– The Rain ft. Endank Soekamti – Terlatih patah hati
– Kungpow Chickens – Lagu yang sangat terpuji sekali

2. Bulatkan tekad
You broke up for a reason, dude. Kalian gak putus karena iseng! “Sayang kita pacaran gini-gini aja, nyoba putus yuk, siapa tau seru!” Gak gitu kan!

Jadi bulatkan tekad dan yakinkan diri kalau kalian emang harus putus. Jangan mikir buat balikan! Kalau memang balikan diperkenan terjadi oleh Yang Maha Kuasa, asal kalian dari awal sadar putus itu perlu, maka balikan kalian akan benar-benar balik dari 0. Bukan balikan yang masih menyimpan dan melanjutkan konflik lama.

3. Sibukkan diri
Gunakan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan yang produktif. Nikmatilah hal yang gak bisa kamu nikmati kalau masih pacaran. Bermainlah bersama teman-teman. Kerjakan segala sesuatu yang kau suka. Jadilah hebat, niscaya pengganti yang lebih baik akan datang.

Tapi jangan sampai ini jadi pelarian. ciri-ciri pelarian: kalau udah gak ada kegiatan ini, galau lagi. Yang tadi tuh, bulatkan tekad! Jangan lari terus tak berujung. Kamu bukan Tsubasa!

4. Berdamai
Berdamai dengan mantan itu perlu, tapi lebih penting berdamai dengan diri sendiri. Sering ada orang yang putus trus gak mau makan gitu. Kan bego. Yang sayang sama elu udah pergi satu, masa iya elu juga mau gak sayang diri sendiri? Makan!

Coba bisikkan pada dirimu sendiri, “Ayo semangat diriku!” “Kamu tidak boleh sedih, diriku!” “Ayo diriku.” Sambil tepuk-tepuk pundak sendiri. Kalau masing-masing udah bisa berdamai dengan diri sendiri, perdamaian antar mantan akan dapat tercipta.

5. Pandanglah sekitar
Ayo teman, cuci mata. Masih banyak makhluk yang lebih indah di luar sana. Buka pikiran kalian. Kalian pantas dapatkan yang lebih baik.

Lihat sekeliling, lihatlah alam. Alam begitu indah melambangkan Penciptanya. Lihat manusia-manusia yang tercipta segambar dan serupa dengan Allah. Bertanyalah lembut dalam hati, “Mantanku ciptaan siapa?”

Eh. kidding.

Lihat sekeliling, lihatlah alam. Alam begitu indah melambangkan Penciptanya. Lihat manusia-manusia yang tercipta segambar dan serupa dengan Allah. Bertanyalah lembut dalam hati, “Apa rencana-Mu untukku, ya Tuhan?” Kalau sekarang kalian harus sesakit ini, percayalah, Tuhan gak pernah seiseng itu. Pasti ada maksud.

Maka sayangilah Tuhanmu terlebih dahulu sebelum jatuh hati terlalu dalam pada manusia. Manusia hanya akan mengecewakan, tapi tidak untuk Tuhan. Peluk Dia. Bersamalah dengan Dia. Like dan Share blog ini.

#Anyway #ShareTheLove #Shalom1Jiwa

A (hopefully funny) Reflection of Education in Indonesia

Hi readers,

My seniors just came home from their internship. They were having internship in all around Indonesia. What kind of internship? Teaching, of course! Not selling Hotdog or Kebab.

I got a lot of story from them. They were enjoying it. Some of my seniors even get fat, including the one who got malaria in Papua. He is my close friend. The others ate local foods and got fat, but this friend of mine got some infusion and he also got fat. So, if you are skinny and you want to be fat as quick as possible, DRINK INFUSION. It has been proven.

Anyway. Now I don’t want to talk about food. I want to talk about the education. I have stated this idea last year in my faculty. But now, I want to share it with you. My main idea: No matter where the school is, whether at the city or in a remote area, Indonesia’s education need to be fixed.

In remote area:
The problems are obvious. But still I want to share it with you. First of all, the nature. Some school is hard to reach because there is no proper road to get there. Some of my seniors even had to come back earlier because smoke condition in Sumatra. For weeks they have to teach while wearing mask. Can you imagine you are thought by Darth Vader?

darth

“ssshhh….. I am your teacher…. shhhh….” *turning on the lightsaber

“NOOOOOO”

Second problem is the learning motivation. In some area, students just don’t realize the importance of education. If we, as teacher ask, “Why do you go to school?” They will be like, “I… I don’t know… you tell me..” Then we ask their parents, “Why do you send your kids to our school?” They will be like, “I… I don’t know… you tell me.” “If you don’t know, don’t send your kids here!” “And who’s gonna pay you?”

(well, they nailed it)

But the thing is, they don’t realize the importance of education. They don’t know that if they don’t go to school, they can’t be developed. Some parents even dare to threat the school if they don’t pass the students. Parents in some area will be like, “If my son cannot pass your test, you cannot pass my judgement!” *turning on the lightsaber

In City:
The problem is different. We are facing post-modernism. Indonesian culture is being threatened by this ideology. We lost our culture, our Pancasila. For example, a lot of high school students had have free sex. This is wrong. I don’t care whether it is free or paid sex! as long as it is outside marriage, I am opposing it!

Addiction is a great enemy of education. S.A.D can lead you to addiction. you know S.A.D right? Sex, Alcohol, and Dota.

Addiction has no grey area. It is whether you are addicted, or you don’t do it at all. So it is a duty for teacher to prevent that happen to the students. And remember, addiction is only one of problems.

Well…..

Being a teacher is hard. Be grateful for your teacher. Pray for them. And for teachers, let us teach more. Not only to make them better, but to glorify God. HAPPY NATIONAL TEACHERS’ DAY

 

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

MKM dan Seleksi Alam

Hi readers, MKM ini calon guru Kristen. Atas dasar itu, MKM percaya kalo setiap manusia berasal dari Kera. Kerajinan Tangan Allah. #Asek #MKMlogic

MKM gak percaya ama teori evolusi darwin yang bilang kalo manusia berasal dari kera. Tapi MKM percaya sama adanya seleksi alam. Seleksi alam dan teori manusia dari kera itu beda. Agak sulit dibedain kalo kamu gak belajar lebih dalam. Sama kayak ngebedain cewe bener ama cewe baper. Tampak awalnya sejenis, tapi setelah dipelajari lebih dalam, cewe baper itu haram buat seluruh agama.

Jadi seleksi alam itu simplenya gini, semua makhluk harus beradaptasi dengan lingkungan. Makhluk yang gak bisa adaptasi, lambat laun bakal punah. keren kan? Makanya, waktu kecil itu baca Bobo! jangan Maxim!

Pertanyaan MKM adalah, dengan sistem hukum alam yang keras itu, bagaimana mungkin makhluk seperti anjing chihuahua gak punah? Maksud MKM gini, seleksi alam itu erat dengan predasi. Siapa makan siapa. Chihuahua ini bisa makan siapa? Singa yang abis ngelem?

animals-178814_640

MKM pernah melihara chihuahua sekali, itu kenapa MKM tau betapa lemahnya makhluk yang satu ini. Suatu kali ada kucing lewat depan rumah. Si anjing bego ini, namanya Poppy, dia teriak-teriak histeris gitu. Berisik kayak fans JKT48 waktu lagi konser.

Dalam hati kecil MKM, “Liat anjing ini ngejar kucing asik nih…” Akhirnya MKM lepas dia dari kandang. Benarlah, larilah si poppy mengejar kucing itu. gak sampai sepuluh meter mereka lari, mereka akhirnya berhenti. Mata mereka saling memandang, seakan menyadari sesuatu. si kucing seakan berpikir, “Ini si kampret kan lebih kecil dari gua! Gua kejar balik ah…” Akhirnya gantian si kucing yang ngejar si poppy. Kan bego.

Chihuaha ama kucing aja takut, gimana dia menghadapi hewan predator yang lebih ganas? T-rex, Mammoth, orang Indonesia yang pinter aja punah! Kita udah gak bisa liat mereka lagi sekarang! Malah si kecil gak guna ini tetep eksis.

Jadi Chihuahua hidup sebagai predator siapa? Mau makan siapa? Anggap aja dia makan hewan yang lebih kecil? apa? Kodok? Kodok aja kalo lompat lebih tinggi dari dia. Makan aja susah dia kalo gak dikasih makan manusia. Seenggaknya Chihuahua ini adalah bukti kalo kita bisa hidup hanya dengan mengandalkan belas kasihan orang lain.

Nah, walaupun mahkluk ini keliatan gak guna, tapi ada satu fungsi makhluk ini yang sebenarnya bisa dimanfaatkan. Jadi pengganti bel rumah. Si makhluk ini cuma bisa ngomong. Biarin aja dia di depan rumah, tiap kali dia menggonggong, berarti ada tamu. simple. Hemat listrik! Think Like Chinese

Jadi kesimpulannya, semua makhluk yang ada, di dunia ini diciptakan ama Tuhan, dilindungi oleh Tuhan. Makanya jangan atheis!

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Cowo Sok Kuat

Hi readers, cowo itu makhluk sok kuat. Mereka gak pernah mau keliatan lemah. Sok kuat di depan cewe, apalagi di depan kaumnya sendiri. Cowo kalo ketabrak kereta, kepala udah berdarah, otak keluar-keluar, tapi diliatin orang, itu otak dimasukin lagi trus jalan sok cool sambil bilang, “Rileks….” Cari toilet, mati di kloset!

Cowo kalo lagi galau, ditanya, “Kamu gak apa apa?” Mereka sok ngeles. Jawabnya, “I’m good” “I’m fine” “I’m Batman”

Hasil observasi MKM mengatakan bahwa cowo lebih nyaman curhat ama cewe. Soalnya cewe itu orientasinya bukan ke solusi, tapi ke perasaan. Kalo curhat ama cewe, dibalesnya, “Ya kamu sabar ya…” Kalo sama cowo, “Udah, cewe emang gitu, mereka keras gak mau berubah. Mending main pokemon, bisa evolving!”

cowo kalo dicurhatin balesnya pake teori psikologi. Lengkap! Mulai dari Sigmund Freud, Imanuel Kant, Karl Marx, semua dibawa!  Jadi kalo curhat ke cowo, bukannya jadi optimis, malah jadi komunis.

trus cowo emang gak peka. Liat temennya lagi galau, bukannya ditanya, cuma diliatin. Akhirnya bukannya sesi curhat, malah sesi tahan tawa.

Cowo emang makhluk bego. Kalo cewe udah jadi mantan, diceritain ke temen. Bukan buat diambil hikmahnya, buat dibandingin.

Cowo 1: “Mantan gua cakep bro…”

Cowo 2: “Masih cakepan mantan gua…”

Cowo 3: “Iya masih cakepan mantan dia…”

Cowo 1: “Elu sih masih jomblo sampe sekarang… jadi gak bisa join obrolan kan?”

Cowo 2: “Udah, besok lu kita cariin pacar. semenit juga gapapa. yang penting lu ada mantan.. oke?”

Cowo itu kalo mau dipancing buat curhat, tiba-tiba ganti topik. Omongin pacar, tiba-tiba ngebahas bola, politik, resep masak, resep dokter, Undang-Undang anti narkoba, agama, Tuhan, Filsafat, trus tanya, “Tadi kita bahas apa ya bro?”

Jangan-jangan dulu kita merdeka juga gitu bro…

Hatta: “Lu kenape tong?”

Soekarno: “Aku galau, hat. Fatmawati kayaknya nggak mau tak ajak nikah…”

Hatta: “Yaelah elu tong! makanya cari pasangan yang bisa kasih kepastian, jangan kayak…”

Soekarno: “Jepang! Jepang gak bisa kasih kepastian!”

Hatta: “Bener tong… kita berontak aja yuk…”

gitu men… Jadi kalau bung Karno gak galau, gak merdeka kita. Syukuri setiap galaumu. Setiap hal ada hikmahnya.

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

WC Duduk itu haram

Hi readers, MKM punya fakta mencengangkan. Jadi MKM baru tahu kalau ternyata di kampus elit mahal super kaya seperti UPH, masih ada manusia yang gak bisa pake WC duduk. Ini AIB saudara-saudara!GLOBAL CAMPUS! Make WC duduk, JONGKOK!!! Come on!

Dunia kini telah masuk pada era WC duduk. Teknologi mutakhir berupa WC yang super nyaman dan memiliki fitur flush ini telah sanggup menggantikan peranan WC jongkok yang sempat menjadi trend di Indonesia selama beberapa dekade terakhir. Namun sayangnya, banyak kaum konservatif yang masih berusaha mempertahankan nilai-nilai yang dimiliki oleh WC jongkok.

Jadi ceritanya gini nih: MKM mau kencing. Trus kalian tau kan bentuk WC yang bisa diintip kakinya doang. Nah, di WC deket MKM, ada tuh WC yang dipake n keliatan ada kaki. MKM yakin banget itu sepatu mahal. Sepatu yang harganya mirip ama harga handphone. MKM amatin… amatin terus… liat dia copot sepatu… kakinya dua-duanya naik… Yah jongkok dianya!

Percuma kalian kaya tapi pake WC duduk dengan cara jongkok. Itu sama aja kayak kamu punya mobil ferari, tapi mesinnya dipretelin, trus jalannya dikayuh. #yaaa

MKM curiga, jangan-jangan ini emang satu aliran kepercayaan baru. Sebuah kepercayaan yang percaya kalo WC duduk itu haram. Biar gak haram, makenya harus jongkok. Sekte penyembah WC jongkok.

Setelah diselidiki, ternyata gak cuma cowo yang kayak gitu. CEWE juga. Bayangin aja cewe-cewe UPH yang cantik-cantik kayak girlband korea, kalo masuk WC duduk, JONGKOK! Ternyata emang gak bisa duduk cantik. Kalo di kelas juga dengerin dosen sambil jongkok, di bawah, motong rumput.

MKM gak ngerti apa motivasi mereka melakukan kesalahan fatal ini. Jangan-jangan mereka emang kesehariannya gitu, emang gak bisa berdiri tegak. Jongkok terus kemana2. Orang lain antre lift, berdiri baris rapi. Mereka malah lompat katak.

Atau jangan-jangan mereka emang mutan setengah katak. Jadi waktu masih sel telur, mereka gak dibuahi sperma, tapi dibuahi berudu.

Well, semua diciptakan ada tujuannya. Mari kita balik ke tujuan semula. Ayo pake toilet dengan benar, demi kebersihan, dan demi harga diri.

#Shalom1Jiwa #ShareTheLove