Broken Home

Hi readers, entah kenapa makin kemari, MKM makin banyak menjumpai anak broken home. Berasa kayak kebutuhan eksistensi gitu. “Wah, aku kurang ngeksis nih di khalayak ramai. Aku harus bikin sensasi. Ngaku2 broken home ah…”

Tapi ada juga yang beneran broken home. Menurut MKM, yang namanya Broken Home ini kayak lingkaran setan tau gak? Anak broken home, hidupnya gak karuan. Ketemu ama orang yang gak karuan juga, menjalin rumah tangga (sengaja atau gak sengaja), trus keluarganya gak karuan. Dari keluarga begitu, lahirlah bocah broken home lagi. Gitu terus sampe Sule reinkarnasi jadi doraemon.

Tapi apa sih broken home? Rumah tangga seperti apa yang layak dikatakan broken home. Menurut MKM, sebuah rumah tangga akan menjadi broken home bila ada salah satu fungsi keluarga yang tidak berjalan. Misal, ada salah satu anggota keluarga meninggal, perceraian, istri mogok masak, suami mogok kerja, anak mogok skripsi.

Anak-anak yang dihasilkan oleh keluarga macam ini akan menjadi anak-anak yang kekurangan kasih sayang. Terus, mereka lari ke pergaulan bebas. Free sex udah jadi bagian dari tren masa kini. Dari mulai yang di hotel, di kosan, sampe yang di semak-semak. Yang di semak-semak pun gak mau tampak hina. Waktu ditanya, “Kog hina banget sih di semak-semak?” mereka jawab, “Kamu pikir dulu Adam sama Hawa beginian di mana? Gua cuma menuruti teladan Nabi!” Kafir memang!

Menurut MKM, ada cara simple untuk mengurangi jumlah free sex di Indonesia. Pindahkan letak kondom di alfamart dari dekat meja kasir, jadi di etalase belakang kasir. Jadi yang mau beli harus bilang, “Mas, kondom dong…” Kan pasti malu. minimal dia akan bisik-bisik. Kalo udah gitu, kasirnya aja yang teriak, “APA MAS? KONDOM!? Ciee…. mau make cewenya….”

Keluarga MKM broken home juga. Ayah-Ibu udah cerai. Adik MKM satunya berandalan, satunya ubur-ubur. Aneh lah. Jadi kalo Santa Klaus beneran ada, MKM gak mau minta aneh-aneh buat natal. Cukup kumpulkan kami berlima jadi satu buat natal bersama. Kalo gak bisa ya… minimal bawa lah salah satu adik MKM ke kutub utara biar gak nyusahin di sini. Perbudak aja, suruh ngurusin rusa.

Emang sih gak ada keluarga yang sempurna. Pasti ada kurangnya. Tapi kalo kurangnya banyak banget, itu artinya waktu masih muda, ada yang salah pilih. Makanya, pacaran itu beneran diliat, apa dia bener-bener cocok jadi pendamping kalian, jangan asal cinta. Itu sama aja kayak kalian mentang-mentang kaya, kalian ngasih makan peliharaan kalian ayam goreng KFC. Padahal peliharaan kalian itu, ayam. Dia makan sambil ngomong dalam hati, “Bundo…”

Tapi di atas segalanya, yang paling penting adalah rasa syukur. Saat kalian sudah bisa mensyukuri keadaan keluarga kalian sekarang, gak ada lagi namanya broken home. Yang ada hanyalah home. Kalian tidak sendiri. Ayo barisan anak-anak broken home, mari kita syukuri keadaan keluarga kita. Kondisi itulah yang membuat kita sekuat sekarang.

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: