Social Gap

Hi readers. Lets talk about something heavy (ayo ngomongin hal berat… hahaha). Sociap Gap: Kesenjangan sosial adalah kondisi di mana jumlah duit yang dimiliki orang kaya jauh lebih banyak daripada jumlah duit yang dimiliki orang miskin sehingga kontak yang terjadi antara mereka hanyalah ngomong dari belakang. “Dasar orang kaya pelit!” “Dasar orang miskin males..” gitu

Tapi menurut MKM, kesenjangan sosial di era kapitalisme ini wajar. Yang jadi masalah adalah bagaimana kita menjembataninya. Yang sering terjadi adalah yang miskin berusaha tampil sekaya mungkin agar tampak sama dengan si kaya. Utang masih numpuk, anaknya dibeliin tablet. MKM waktu kecil dibeliin tablet juga, tapi murah, tablet vitamin c.

Buat apa sih anak kecil dibeliin tablet? Emang dia bakalan main saham trus nyelesein utang ortu? enggak kan? mentok juga dia main plants vs zombie. Emang duit di game bisa di-cash-in? enggak kan? Orang tua yang ngajakin anaknya ngemis lebih cerdas daripada orang tua yang utangnya numpuk tapi anaknya dibeliin yang dia gak butuh #MKMquote

Tapi mestinya bisa diusahain sih. Jadi anak2 bayi yang ortunya belagu itu kita kumpulin, trus kita ajarin main saham di tablet mereka, trus kita modalin dikit, kita dukung mereka sampe bisa ngebeli sahamnya Freeport. Daripada mereka bikin klan CoC, gak guna. Mending bikin CV sekalian. Kapan lagi kita bisa menguasai investor asing dengan perantaraan bayi?

Trus orang kayanya juga kadang terjebak dalam suatu ide tolol: “Orang miskin, butuh bantuan, gua kasih duit, masalahnya ilang.” Gak men… hidup gak sesimpel itu. Hidup gak segampang main PS1 pake game shark. Kalo mau bikin orang miskin sejahtera, kalian kudu kasih mereka minimal pekerjaan, pendidikan, kesehatan. And you need to do it SIMULTANEOUSLY! emang bikin orang miskin jadi kaya gak semudah nyawer ke biduan. Kalo biduan disawer bisa kaya, ngapain mereka masih jadi biduan?

Gampangannya gini, Indonesia ini kaya, tapi orang-orangnya masih bego. Jadi kalo ngerasa hidup di Indo ini susah, jangan nyalahin pemerintah. Kalian udah berbuat sesuatu belum?

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: