Jadi Indonesia (yang Merdeka)

Hi Readers, udah 70 tahun Indonesia merdeka, tapi hidupmu tetep jomblo aja. (gak nyambung ya?) Udah 70 tahun Indonesia merdeka, tapi nasib bangsa kita gini-gini aja. Maka saatnya kita mempertanyakan pertanyaan retoris, “Apakah bangsa kita ini beneran udah merdeka?”

Ini pertanyaan retoris yang jawabannya udah pasti, pasti belum. Bagaimana kita mau merdeka kalo kita kehilangan identitas bangsa sendiri? (kece banget gak sih) well anyway, Kita udah kehilangan identitas temen-temen, pancasila udah berhenti kita anut. terakhir diucapin bahkan palingan ya SD. Bahkan MKM tau beberapa SD yang cuma ngucapin pancasila kalo upacara (itupun upacaranya jarang-jarang).

1 Ke-Tuhanan Yang Maha Esa
Orang Indonesia ngakunya bertuhan, tapi diem-diem ada yang atheis. Bukannya MKM benci atheis, tapi kalo kamu atheis, menurut undang-undang kamu gak boleh dapet KTP. Identitas maksimalnya itu cuma boleh kartu pelajar. Itupun kartu pelajar kursus bikin KTP.

Ada yang gak atheis tapi kelakuannya kayak orang atheis. Kalian mendukung LGBT? Gini, Tuhan yang mana sih yang menciptakan manusia cewe buat menikah ama cewe? Tuhan macam apa yang kayak gitu? Tuhanku gondrong, tapi gak banci juga!

2 Kemanusiaan yang adil dan beradab
Masi sering gak sih nyangka orang timur bego semua? Masi sering gak sih nyangka orang jawa ndeso semua? Masi sering gak sih nyangka orang keturunan cina kaya semua? Enggak! Dosen MKM setengahnya orang timur. Banyak orang timur yang S3 (Sangar, Seram, tapi Seru).

Kita sering tidak memanusiakan bangsa sendiri. Kita mempekerjakan orang asing sebagai guru dan mempekerjakan bangsa sendiri sebagai supir, dan kita masih berharap bangsa kita merdeka di atas kaki sendiri?

3 Persatuan Indonesia
Kalian udah baca belum berita tentang orang jogja yang nyegat konvoi moge yang udah dikawal polisi dan ngelanggar lampu merah? baca dulu beritanya, itu penting. Menurut kalian, yang salah siapa? yang salah pertanyaannya. Saat ada masalah, kita cenderung cari pihak yang salah dan membela yang benar.

Ya pasti ada yang salah dan benar. Tapi lebih penting lagi, bisa gak kita ambil hikmahnya? Apakah cara si orang jogja untuk membela kebenaran ini udah benar? apakah hal yang dilakukan polisi ini benar-benar salah? Lantas kalau si polisi salah, harus kita benci sama polisi? Kalo kita benci polisi, pemerintah, kepala sekolah, kapan Indonesia bisa bersatu?

4 Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Apanya yang bijaksana dari Negara yang dipimpin oleh kekuatan mayoritas? Bikin film Islami bagus dibilang prestasi, bikin film Kristiani dibilang Kristenisasi. Orang-orang yang patuh pake trotoar harus ngalah sama pengguna sepeda motor mayoritas yang berpegang pada, “Biasanya orang pake sepeda motor di trotoar juga gapapa”

Dari SD diajarin musyawarah mufakat, voting, dan menghargai pendapat orang lain. Kalo udah gede, ilang! Kita cenderung egois. Pinginnya menang sendiri. padahal kalo menang gak bisa sendiri, kita butuh orang lain buat dikalahin. (abaikan)

5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Kalian tau gak sih di Papua sana ada desa yang cuma ada satu sekolah di area itu. Itupun SD. dan sebenarnya ada yang lebih parah lagi. Itu anak kalo udah lulus SD, bingung dia mau ngapain. Mau sekolah SMP jauh, mending ke pabrik sekalian, dapet duit.

Trus kapan Indonesia mau maju kalo gak ada kesadaran buat ngebangun bumi di timur sana? tanah jawa aja terus dibangun toko, mall, dan wahana bermain sampe panas kayak neraka! orang jawa juga butuh pohon!

Intinya adalah, Indonesia gak akan merdeka kalo kitanya sendiri gak mau merdeka. ayo kita mulai dari step kecil buat memerdekakan Indonesia. kamu bisa apa?

#ShareTheLove #Indonesia70 #Arema28nuhat #Shalom1Jiwa

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: