De Moliere Show

Hi readers, maaf seminggu ini MKM vakum. MKM lagi minggu UTS. Tau kan? Ujian Tanpa Sukacita.

MKM juga baru aja ada project bernama De Moliere Show. Sebuah pertunjukan teater yang menampilkan 4 kisah klasik dari Prancis karangan Moliere. Ini adalah karya komedi. Awalnya, MKM karya klasik itu selalu megah dan mengagumkan. tetapi ternyata drama Prancis yang satu ini konsepnya mirip lenong (hampir kayak pesbukers, tapi lebih teratur dan cerdas).

Si moliere ini punya nama asli Jean-Baptiste Poquelin. tapi nama panggungnya Moliere. Keren kan? emang artis itu kudu punya nama panggung yang beda dari nama asli. jadi kalo nama kamu Brandon tapi dipanggil monyet sama temenmu, gapapa. itu pertanda kamu bakal jadi artis.

nah, ada 4 kisah yang ditampilkan di pertunjukan ini. Pertunjukan dibuka dengan orang miskin yang belajar jadi orang kaya dari naskah Le Bourgeois Gentilhomme. Diselipi dengan penggalan cerita dari Scapin sang “mak comblang” handal dalam naskah Les Fourberies de Scapin. Lalu ada kisah tentang orang tua kikir yang nampaknya jadi inspirasi Mr.Krabs di spongebob yaitu L’avare ou L’ecole du mensonge. Dilanjutkan dengan kisah dokter gadungan Le Medecin malgre lui. 4 kisah ini disajikan sejara puzzle dan seru.

MKM ada di mana? oh, MKM ada di Le Bourgeois Gentilhomme, berperan jadi guru filsafat. tapi yang diajarkan bukan filsafat yunani, tapi filsafat jawa. masalah? bodo amat, namanya juga komedi.

1426844232782[1]

Pertunjukannya seru banget, tetapi seperti pementasan lainnya, yang paling seru bukan shownya, tapi prosesnya. Di show ini, akhirnya MKM bisa liat teman-teman MKM yang biasa mainin tragedi sekarang harus main komedi. ditambah lagi MKM bisa liat ada bakat-bakat baru yang muncul di UKM art UPH ini. anak-anak baru mainnya gak kalah sadis dari yang udah senior. Pokoknya bangga lah sama mereka.

MKM sendiri belajar kalo ternyata memadukan gerakan, dialog, dan karakter suara itu susah. MKM berperan jadi kakek-kakek umur 80 tahun. Susah buat ngomong dialog sambil tetep tremor. itulah yang bikin si Eddie Redmayne jadi the Best Actor versi Oscars. Dia memerankan Stephen Hawking, jadi kebayang kan susahnya jadi orang cacat padahal kamu enggak.

nah, di pertunjukan yang nyaris dibatalkan ini, MKM dan teman-teman berjuang mati-matian untuk menghayati peran. Beberapa bahkan membawa properti ke rumah. MKM juga, MKM selama 2 hari bawa-bawa tongkat ke mana-mana sambil jalan bungkuk. jadi kalo kamu di sekitar MKM waktu itu, kamu akan melihat Smeagle nya Lord of the Ring bawa tongkat Sauron trus pergi ke mall.

Di dalam pertunjukan itu, tampil juga penyanyi-penyanyi terbaik UPH yang menyanyikan lagu “Love Me Like You Do.” It is very sexy!!! dengerin lagu itu MKM jadi pingin mengikat diri sambil bilang, “Punish me, master….”

well, Kerja keras kami terbayar oleh tepuk tangan penonton. lebih dari itu, kami mendapat satu lagi keluarga baru. Keluarga Art Department.

1426843759959

#ArtForLife

jangan lupa, besok sabtu, waktunya MKMspoiler… MKM bakal memulai rentetan review tentang superhero marvel…. tunggu besok ya.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: