#MKMspoiler 5 – P.K

Hi readers, saatnya kita nge-review Bollywood! Acha-Acha… Acha cantik Acha Septriasa. Acha juga biasa dikasi kalo kita beli nasi goreng. #ACAR. Acha juga ada di kendaraan. Acha Spion.

Anyway, hari ini MKM mau ngebahas tentang sebuah film komedi berjudul P.K. Kalian pasti udah gak asing dengan film India 3 idiots kan? Nah, sekarang Aamir Khan beraksi lagi buat menghibur kita. Di sini dia berperan sebagai seorang alien (yang bertubuh manusia) tanpa nama, tetapi orang-orang memanggilnya peekay (artinya mabok). Makanya judul filmnya P.K. soalnya peekay itu bacanya pikey. Nih liat trailernya:

Film ini bercerita tentang P.K sebagai alien penjelajah yang dateng ke bumi buat meneliti bumi. Tapi sayangnya, remote control pesawatnya (ya kayak kunci mobil gitu) dicuri manusia. Nah, film ini bercerita tentang P.K yang berusaha nyari remote controlnya.

pk-movie-poster-2

P.K ini digambarkan sebagai alien yang gak bisa bicara dan polos. Untuk memerankan P.K, Aamir Khan harus melotot sepanjang film. Buat pengamat film, sebenernya gimmick ini udah dipake sama Mr.Bean (Rowan Atkinson) sejak lama. Tapi melototnya beda. Mr.Bean itu melotot bahagia. P.K ini melototnya sama kayak ketika kamu beli gorengan banyak, tapi diambil temenmu semua dan kamu belum ngambil. begitu ada gorengan terakhir, ada juga temenmu yang tangannya udah mendekati gorengan itu (padahal dia tadi udah ngambil). Nah melototnya kayak gitu.

Awalnya si P.K berusaha belajar tentang budaya manusia buat cari remotenya. Tapi akhirnya orang-orang yang dia Tanya menjawab dengan hal yang sama, “Tanya aja sama Tuhan.” Nah, akhirnya pencariannya pada remote control bergeser jadi pencarian pada Tuhan. Jadi dia ke mana-mana nyebarin poster foto Tuhan (dari bermacam agama, termasuk foto Yesus) dengan tagline: Dicari! Bila bertemu hubungi P.K. dia berharap apa ya? ada orang yang doa, “Tuhan, Kamu dicari orang mabok tuh.” gitu kah?

The way P.K could survive in human world is very funny. He found out that in human world everyone wears clothes, except in “shaking cars.” “Shaking car” is P.K’s term to say “Having fun in car.” But I don’t know, if we are having fun in car, would the car be so shaky? In this movie, these cars were shaking like there was a earthquake inside of it. From those shaking cars, P.K got his clothes and his money. (He stole it actually)

Di tengah jalan P.K bertemu seorang wartawan cantik bernama Jaggu (Anushka Sharma). MKM gak gitu update tentang film India. Tapi cewe yang satu ini absolutely hot! Liat tingkah lucunya Aamir Khan dan body sexy nya Anushka Sharma, film ini bener-bener hiburan.

FYI, dari film ini, MKM baru tau kalo pelacur di India itu kalo “dinas” pake baju tradisional India. Menurut MKM ini bisa diterapkan di Indonesia. Jadi PSK di Jakarta, pake kebaya. Begitu ada cowo yang mau make dia, bukannya dibayar, cowonya malah inget emaknya terus gak jadi nyewa pelacur. #MKMlogic

Satu hal yang mengganjal di otak MKM, kenapa si P.K ke mana-mana harus bawa radio? Padahal radio itu dikit banget kepake di film ini. Mungkin ini ada hubungannya sama bagaimana dia bisa bertahan hidup selama beberapa bulan di India. Mungkin kalo lagi ga ada duit, dia muter radionya, terus ngamen sambil joget. Goyang dribble.

Well, ternyata film ini menuai banyak protes di India. Banyak foto aamir khan dibakar (foto Anushka Sharmanya disimpen). Bioskop-bioskop dibakar. Tapi akhirnya massa dibekukan oleh polisi. Kenapa? Karena massa juga terbakar. (ngerti jokenya gak sih, sulit nih)

Film ini ngebawa pengaruh sekuler yang sangat besar dan banyak mempertanyakan keanehan-keanehan dari agama-agama di India (terutama Hindu). Wajar kalo banyak protes. Sama kayak Indonesia, kalo orang Indonesia bikin film Islami, gak ada apa-apa. Coba kalo tiba-tiba ada film Kristiani di bioskop. HEBOH! Dikira kristenisasi! Mayoritas menguasai yang minoritas itu wajar.

Tapi sekali lagi, film ini bener-bener dark comedy. Kita dipaksa mentertawakan sesuatu yang mestinya kita udah sadar dari dulu. Kita dipaksa menyadari kalo hanya ada satu Tuhan. Kita dipaksa menyadari kalo ritual agama gak akan menyelamatkan, yang menyelamatkan adalah relasi kita dengan Tuhan.

Well, film ini emang gak ngejawab, agama mana yang benar, tapi cukup buat bikin kita berefleksi. Tapi karena film ini terlalu banyak ngebahas hal serius, comedynya jadi kurang. Jadi dari MKM film ini dapet…… 7. Layak tonton.

Pertanyaan dari film ini layak kita jadikan bahan refleksi teman-teman. Tuhan yang benar itu yang mana? Apakah agamaku menuju ke Tuhan yang benar? Membuktikan sebuah agama benar tidak dengan cara menyalahkan agama lain, tetapi dengan cara merendahkan diri sambil mau dibentuk oleh Tuhan.

#Shalom1Jiwa #ShareTheLove #AchaAcha

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “#MKMspoiler 5 – P.K”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: