#MKMspoiler 4 – Birdman (or the unexpected virtue of ignorance)

Hi readers, now MKM want to give you a review about the winner of The Oscars, Birdman – or (the unexpected virtue of ignorance). Judulnya susah kan ya? Nih hasil google translatenya:

translate sitmen

Well, sebenernya artinya itu kurang lebih kayak gini: Birdman – atau keindahan tak terduga dari seorang yang terlupakan) jadi film ini bercerita tentang Riggan Thomson (Michael Keaton), seorang mantan aktor terkenal berusaha buat terkenal lagi lewat dunia teater. Dia bikin show sendiri. Sutradara dia, pemeran utama dia, penulis skenario dia. hampir aja penontonnya cuma dia juga.

Nah, kenapa judulnya Birdman, padahal ini bukan film superhero? jadi dulu si Riggan ini adalah pemeran tokoh superhero Birdman yang udah dibikin sekuelnya beberapa kali. Dan di film ini, ceritanya Riggan dihantui sama bayangan Birdman yang nyuruh-nyuruh Riggan untuk ngebuat sekuel Birdman lagi daripada bikin pertunjukan teater. adegan pertama dari film ini adalah Riggan yang sedang terbang. Jadi orang yang gak tau gambaran filmnya akan bingung, dari mana Riggan bisa dapet kekuatan ala star wars itu. tapi itu sebenarnya bentuk hiperbola emosinya melawan ilusi Birdman yang ada di kepalanya.

birdman-click

menurut MKM, film ini bisa menang banyak penghargaan di Oscars, salah satunya karena film ini mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di balik pembuatan sebuah karya seni. Emosi yang bertumpuk dan kejadian-kejadian unik tak terlupakan membuat yang nonton film ini jadi ikut terbawa. ada sebuah pertunjukan teater di dalam sebuah film. Sungguh terlalu banyak emosi yang diletakkan oleh sang sutradara: Alejandro Inarritu (yang dapet penghargaan Oscar juga buat sutradara terbaik)

well, banyak tokoh yang berkesan buat MKM (selain Riggan). Pertama Mike Shiner (Edward Norton). Inget The Incredible Hulk (2008)? Nah, dia yang jadi hulk-nya. di cerita ini Mike Shiner adalah seorang yang udah ketuker mana dunia nyata mana dunia teater. buat dia, kalo dia berperan di panggung, semua harus nyata. kalo dia mabok ya mabok beneran. kalo dia ditodong, ya harus pake pistol beneran. kalo dia sex, ya sex beneran. Kalo MKM jadi sutradaranya, MKM bakal kasih dia peran bunuh diri lalu kita lihat apa yang terjadi.

kedua, Sam Thomson. Namanya nama cowo sih, tapi emang panggilannya Sam, belum tentu Samuel, bisa juga Samantha. Sam Thomson adalah anak dari Riggan Thomson yang diperankan oleh Emma Stone. Ya. ini Emma Stone yang maha sexy itu. Dia berperan jadi anak broken home yang bener-bener pas. gak alay kayak broken home bikinan Indonesia (rambut dicat, pake tindik di mana-mana, ngerokok mulu, ngomong teriak-teriak gak sopan, sok ngelanggar peraturan). Padahal, Sam Thomson adalah bekas pecandu yang baru saja keluar dari panti rehabilitasi.

konflik antara ayah-anak, sutradara-pemain, produser-pers, pemain-pemain, diri sendiri-ilusi, YA! terlalu banyak konflik di dalam satu film. tensi sungguh memuncak. film ini layak dapet Oscar.

film ini masuk dalam genre comedy. Lebih tepatnya dark comedy. Kita diajak mengikuti setiap tragedi yang ada di dalam film ini baik-baik. kenapa comedy? karena selalu ada kejadian yang tak disangka. spoof=comedy

film ini punya ending yang benar-benar unexpected dan gantung. penonton dipaksa untuk memutuskan sendiri apa endingnya. tetapi spoilernya: show yang digelar oleh Riggan berhasil mendapatkan ulasan yang baik dari pers. dia masuk berita utama dengan judul: The Unexpected Virtue of Ignorance)

jadi buat MKM, dari 1-10, film ini dapet 9…. layak dapet Oscar!

pesan dari film ini: Seniman itu emang menciptakan sesuatu. tetapi ada yang lebih maha pencipta daripada seniman. Sang Seniman Agung, The Creator. usaha yang kita lakukan harusnya dilakukan dengan rendah hati dan berserah. Tentukan skala prioritas. Keluarga itu penting, tetapi jangan menambah anggota keluarga yang tidak perlu terjadi. hoho…

#Shalom1Jiwa #ShareTheLove

oiya jangan lupa, besok senin bakal terbit #SeninRohani. dan #MKMspoiler bakal terbit lagi hari sabtu.😉

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: