Archive | May 2014

Pengumuman Kelulusan

Hari ini adalah hari pengumuman kelulusan SMA. MKM jadi inget zaman SMA dulu. MKM jadi yakin bahwa SMA MKM dulu adalah SMA yang terbaik.

Salah satu yang seru dari SMA MKM adalah kami dulu pengumuman kelulusannya pake amplop. Ini ngasih sensasi deg-degan yang pake banget. Kita gak tau apa isinya. siapa tau pas dibuka, muncul kertas, tulisannya, “coba lagi.”

Yang lebih ngeselin lagi itu adalah kalo amplop, dibuka isinya amplop lagi, dibuka isinya soal ujian nasional tahap 2.

Malah yang males banget lagi adalah kalo pengumuman di amplop, amplopnya dibuka isinya undangan kawinan.

Ada beberapa sekolah yang surat kelulusannya dianter lewat pos ke rumah masing-masing. nah, yang ini bahaya. bisa jadi ketuker. Ntar ada anak yang nangis ke orang tuanya gara-gara gak lulus, “Ma…. aku gak lulus…” Mamanya jawab, “Kamu masih kelas 1 SMA nak…”

tapi dulu MKM lulus beneran, gak boongan. Yang pertama kali MKM liat itu lulus gak nya. bodo amat masalah nilai! yang penting lulus! terus MKM coret-coret baju. tapi MKM coret-coret baju pake pensil, biar bisa dihapus terus dipake lagi.

tapi buat pembaca sekalian yang hari ini baru aja nerima pengumuman kelulusan, daripada bajunya dicoret2 semua, mending disumbangin. nih MKM ada salah satu channel. follow ya: @1000_guru

MKM itu paling gak suka kalo ada anak SMA yang pawai habis lulus. Pasti jalanan macet. Kalo semua SMA di kotamu pawai kelulusan, rombongan pawaimu gak akan bisa jalan ke mana-mana. mentok juga di halaman sekolah. mestinya dijadwal, jam sekian sampai jam sekian, sekolah mana dulu yang pawai, terus lanjut sekolah lainnya.

Selamat buat yang lulus. buat yang gak lulus, hidup gak akan berakhir kalo kamu gak lulus. Kamu gak lulus berarti ada rencana yang lebih indah daripada sebuah kelulusan untukmu. Shalom Satu Jiwa.

Ujian Nasional

Hai pembaca! Agak telat sih buat ngomongin ujian nasional. Tapi MKM ngerasa gatel aja buat ngomongin ini. MKM sebagai calon guru, melihat ada 2 noda besar dalam pendidikan di Indonesia, satu Ospek, dua Ujian Nasional.

Kali ini MKM mau bahas tentang Ujian Nasional. Kenapa namanya Ujian Nasional? Karena itu adalah ujian yang dilakukan secara bersama dalam 1 negara. Jadi kalo ada daerah-daerah yang ujian nasionalnya telat, mungkin itu tanda-tanda mau dikeluarkan dari Negara. Susahnya, kalo udah dikeluarin dari Negara, gak mungkin daerah itu daftar Negara lain.

Gak cocok banget. Misalnya Jombang dikeluarkan dari Indonesia, terus Jombang daftar ke Perancis biar diakui jadi daerahnya. Bayangin aja kalo kamu naik bis Puspa Indah dari Malang ke Jombang, terus di tengah perjalanan kernetnya bukan nagih duit, tapi nagih paspor. Itu aneh banget!

Ujian nasional ini sekarang ada 20 tipe soal berbeda. Ini membuat para peserta curiga (dan emang kayaknya keadaan menyatakan) bahwa 20 soal itu tidak memiliki bobot kesulitan yang sama. gimana caranya seseorang bikin 20 soal dengan tingkat kesulitan yang sama dan indikator yang sama. mungkin soal-soal pertama masih bagus. Soal-soal terakhir udah mulai gak jelas. Contoh: Salah satu jenis virus yang bisa menular lewat hubungan seksual.

a. HIV        b. HINA        c. HAIYA       d. HEHE              e. HAYO APA COBA

Akhirnya, para siswa yang gak yakin sama masa depannya mulai cari bocoran jawaban. Lalu mereka menyontek saat ujian. Jadi ini bukan ujian kognitif lagi, tapi ujian menyontek. Ini Ujian Nasional atau Ujian Chuunin nya Naruto?

Tapi beda. Kalo Naruto, dia ketauan nyontek, dia gugur. Kalo Ujian Nasional enggak. Udah jadi rahasia umum kalo banyak sekolah yang “bekerja sama” dengan para pengawas agar para pengawas “mengizinkan” siswa untuk menyontek. Kalo gitu caranya, buat apa sekolah selama ini mengajarkan moral “jangan menyontek” selama 3 tahun kalo pada akhirnya dilanggar sendiri oleh sekolahnya? Jangan munafik la. Mending dari awal aja ajarin ke siswanya cara menyontek. Jadi ada mata pelajaran sendiri “Seni Menyontek.”

Udah rahasia umum kalo ujian nasional selalu bocor. Menteri diganti berapa kali pun akan tetep bocor. Jadi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yang harus ditingkatkan itu bukan sistem ujiannnya, tapi kualitas gurunya. Jadi buat para calon guru, jangan nyontek waktu kuliah! Mau nerusin tradisi bodohnya Indonesia?

Selamatkan Pendidikan Indonesia! Selamatkan masa depan bangsa kita! Shalom Satu Jiwa!

MKM jadi MC

Sori ya MKM baru bisa ngepost hari ini setelah sekian lamanya. Jadi MKM lagi sibuk UAS. Setelah UAS, MKM dikasih tugas buat jadi MC di acara jurusan MKM. Ceritanya lagi pesta topeng. Pas lah temanya, buat nutupin muka MKM yang gak layak naik panggung.

Nih fotonya, MKM yang tengah.

10286970_742995785753148_2655717485575493106_o

MKM pas banget ya pake topeng. Itu kalo topengnya dibuka, ada matanya, kalo matanya dibuka, ada topeng lagi. Keren.

Nah, agar acara tetap seru, MC yang baik harus punya aturan dasar. Aturan 1, MC selalu lucu. 2, bila MC gak lucu, kembali ke aturan pertama. 3, jadi lucu gak lucu, ketawa aja, demi menyelamatkan acara.

Kemaren itu acaranya detektif-detektif an gitu. Jadi ada orang dibunuh pake racun, terus peserta harus cari pembunuhnya. Tahun depan mestinya dibikin acara dengan tema Sparta. Ada cowo telanjang dada dibunuh dan dimutilasi di panggung, selesai acara disambungin lagi, hidup lagi.

Tapi kan kemaren itu acara dari calon-calon guru matematika. Mestinya, acara pembunuhannya itu pake gaya kegiatan belajar mengajar. Jadi acara pertama itu tutorial membunuh yang baik dan bermanfaat. Lalu acara ditutup dengan ujian teori filsafat membunuh.

Pernah mikir gak sih, kenapa pembunuh yang gak diketahui sering disebut Mr. X? kenapa harus X? kasian huruf-huruf yang lain gak kebagian terkenal. Susah kan kalo pada akhirnya karena kecemburuan sosial, huruf-huruf yang lain ngambek dan mengeluarkan X dari urutan alphabet. Jadi anak-anak kita nanti Cuma akan mengenal 25 huruf.

Dalam urutan menghafal alfabet, huruf X itu ada di bagian belakang. Coba kamu nyanyiin, lalu bagian X kamu lewatin, gak akan kerasa. Lagipula X ini bisa diganti secara penulisan dengan KS. Lalu buat apa dia ada? Jawabannya Cuma satu. X ini bukan huruf, dia simbol yang menyamar sebagai huruf. Simbol restoran, sendok dan garpu.

Makanlah yang banyak agar kamu gak mati dan membuat orang tertuduh jadi pembunuhmu. Shalom Satu Jiwa!

#MKMlogic

Hello guys. Thanks udah mau ngebaca blog (yang kayaknya gak penting dan gak berfaedah) ini. Kali ini, MKM mau bikin kalian inget terus sama MKM. MKM akan review beberapa #MKMlogic yang mungkin belum (atau mungkin sudah) kalian tau.

Maling yang efektif bukanlah maling dengan topeng sarung, tapi pake kostum zombie. Ntar kalo ketahuan, bukan dia yang lari, tapi yang punya rumah yang lari.  #MKMlogic

Hari buruh itu dibikin libur agar para wakil rakyat gak perlu masuk kerja dan dengerin buruh yang lagi demo. #MKMlogic

Kalau kamu udah belajar dan tetep dapet jelek waktu ujian, berarti emang belajar bukan caramu untuk belajar. #MKMlogic

Saat kamu kuliah, tidak akan mungkin kamu dapet nilai 100, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan dan Dosen. #MKMlogic

Kalau zaman sudah menjadi zaman digital, maka orang yang paling kasian adalah tukang loak. gak ada lagi yang ngiloin koran ke dia. Koran pindah ke website. Dia pindah ke kolong jembatan. #MKMlogic

Di fakultas ilmu pendidikan, ketika kalian menjumpai sebuah kelas yang berisik banget, jangan katakan, “Calon guru kog kelasnya berisik banget…” MKM kasih tau, mereka sedang simulasi kesurupan massal. #MKMlogic

Seorang comic itu adalah seorang yang anti mainstream. Orang lain kalo lagi merasa, “gua bingung sama….” maka mereka akan buka buku. tapi kalo comic, saat mereka lagi, “gua bingung sama….” maka mereka akan bikin materi. #MKMlogic maka MKM pingin jadi comic yang gak bilang, “gua bingung sama…” tapi “gua ngerti… karena gua guru….”

Kalo kodok dicium beneran bisa jadi pangeran, berarti kalo ada mobil yang nginjek kodok, dia mengaborsi seorang pangeran. #MKMlogic

Tingkat kesetiaan seorang cewe berbanding lurus dengan ketebalan dompet cowo. #MKMlogic. maka dari itu, jangan pacaran sama cewe, carilah wanita. jangan jadi cowo, jadilah pria. #aseg

Kita adalah generasi yang ingin cari yang murah dan cepat. kita generasi ind*mi #MKMlogic

itu tadi segelintir kecil dari beberapa #MKMlogic. tetep dukung MKM. follow blog ini. like fan pagenya di facebook. follow @AditMKM di twitter. semoga MKM bisa makin jadi penyesat yang baik buat kalian. Shalom Satu Jiwa!

Rima Remaja Kristiani

Maaf ya pembaca, MKM lagi hari-hari UAS, jadi susah ngepost. gantinya, MKM post puisi yang MKM buat. selamat membaca

Teman-teman yang saya kasihi.

Kondisi umat kristiani di negeri ini cukuplah ngeri

Kini, muda mudi Kristen dapat digolongkan jadi dua kategori

Yang pertama adalah yang gak tau diri

Pendeta khotbah dikira stand up comedy

Mungkin bagi mereka alkitab itu fiksi

Bagai komik naruto versi rohani

Kalau kalian ke gereja tanpa hati nurani,

Mending ambil tali, gantung diri, sambil selfie

kedua adalah mereka yang doyan pelayanan sana-sini

Semua dikorbankan atas nama melayani

Dari mulai lupa makan, lupa mandi, sampai lupa diri

Tapi tidak lupa selfie

Tapi banyak dari mereka malah jadi farisi

Pagi pelayanan di sini

Malam buka video miyabi

Jelaslah apa yang mereka nanti

Kedatangan Yesus yang kedua kali

Juga kapan ariel bikin video lagi

Kalau kalian pelayanan Cuma cari buat sensasi

Apa bedanya kalian sama politisi

Yang umbar janji Cuma buat berebut kursi

gitu. Shalom Satu Jiwa!