Cari Alasan buat Melanggar

Siswa zaman sekarang itu pinter banget cari alesan. Misal gak kerja PR, ada aja alesannya, yang lupa la, yang bukunya ketinggalan la, yang jadwalnya ketuker la, ketuker sama jadwal piala dunia. MKM kasih tau pada pelajar sekalian dan orang tua yang udah ngajarin anaknya buat bohong, kalau mau bohong itu yang lain. Bohong yang ini udah ketebak! Kenapa? Karena gurunya dulu juga kalo ga kerja PR, alesannya sama.

Sekali-sekali cari alesan yang religius. Contoh: “Adit, kenapa kamu gak kerja PR?” “Kemarin buku saya gak di rumah pak?” “Lalu?” “Buku saya naik haji pak.”

Cari alesan itu harus alesan yang cerdas. Atau alesan yang bikin kamu keliatan cerdas dan kritis. Contohnya kamu telat masuk kelas, terus dimarahin guru, “Adit! Kenapa terlambat?” jawab dengan lantang, “Pak, Lapindo aja sampe sekarang pertanggung jawabannya terlambat. Itu yang janji calon presiden lo pak. Bersyukur pak saya Cuma telat 10 menit, bukan 10 tahun.”

Tunjukkan pada gurumu kalau kamu ini berbakat. Contohnya kamu lagi tidur di kelas, terus dibangunin guru, “Adit! Bangun! Kamu kenapa tidur?” jawab aja, “Saya bukan tidur pak, saya lagi melukis, judulnya ‘Air.’” Gitu…

Kamu juga gak boleh nyolot ke gurumu! Kamu harus tetap sopan dan pake perasaan. Jangan sampai kamu melukai hati gurumu. Kalo dia tanya, “Adit! Mana PR kamu?” jawab aja gini dengan nada romantis, “Saya gak jawab sekarang ya pak? Kasih saya waktu 2 minggu buat pikir-pikir dulu.”

Tapi jangan melakukan hal ini: gurumu tegur kamu, “Adit! Dari dulu kerjamu di kelas Cuma tidur aja! Bangun!” Terus kamu jawab, “Pak, anggota DPR aja tidur di waktu sidang, digaji. Masa saya Cuma tidur di kelas, dimarahin?”

Kalau MKM jadi gurumu, MKM bakal jawab, “Kamu tidur itu kemungkinannya Cuma 2. Pertama, kamu tidur karena gak peduli sama omongan bapak di depan kelas ini penuh dengan omong kosong sama seperti janji-janji pemerintah tak bertanggung jawab. Tapi bapak yakin bukan, karena bapak tepat janji, gak kayak pemerintah yang suka bikin janji palsu. Jadi Cuma ada kemungkinan kedua, yaitu kamu sama gak bergunanya sama anggota DPR yang doyan tidur waktu rapat!”

Maka dari itu pelajar sekalian yang berbahagia, kerjakanlah PRmu tepat waktu, jangan datang terlambat, dan jangan tidur di kelas. Tapi juga jangan terlalu serius. Sebab serius udah bubar. Yang tersisa tinggal candil sang vokalis. Gapai citamu setinggi mungkin, sebab tak ada yang tak mungkin. Shalom Satu Jiwa.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: