Etika Bercurhat

Curhat udah jadi kebutuhan setiap orang. Sampai-sampai ada orang yang resah kalau dia gak bisa curhat sama orang lain. Jadi kalau dia sehari gak curhat, dia sakau, kejang-kejang, mulut berbusa.

Curhat yang enak itu sambil makan. Jadi menu makanannya 4 sehat, 5 jam ngegosip ria. Walaupun curhat sambil makan itu kurang beretika. Apalagi kalau makanannya dimakan sendiri, temen yang dijadikan tempat curhat gak dikasih.

Carilah temen curhat yang sedang gak ada masalah. Kalau dianya ada masalah, yang ada kamu nanti balik dicurhatin. kayak gini: Bro… pacar aku ngambek bro… | kamu mending… aku? pacar aku nyambik…. | *pura-pura gak kenal (nyambik: biawak).

Carilah temen curhat yang mendengarkanmu dengan hati, bukan dengan pikirannya. Orang kayak begitu biasanya gak mikir perasaan kamu. daripada masalahmu nambah kan? kayak gini: Bro… orang tua aku keras banget… | Keras? orang tuamu arca berhala? | *pergi nyembah zeus

Tapi ingat, curhatlah sehingga curhatmu itu juga menjadi berkat bagi orang yang kamu curhati. Bukan cuma ngerepotin mereka. Agar sama-sama senang, setelah kamu selesai curhat, kasih aja temenmu itu sesajen. Biar dia tenang, dan kamu diberkati.

Kalau kamu udah dikasih saran sama temen curhatmu, dengerin saran itu. Saran itu bukan untuk mengekang dirimu. Yang mengekang itu Sarang, bukan saran. gitu.

MKM gak ngelarang kalian mau curhat di facebook. Tapi plis curhatnya wajar aja. jangan alay. Jangan tiba-tiba kirim pesan: like status aku ea… Buat orang yang benci sama pesan-pesan kayak gitu, mending pindah twitter aja. kenapa? karena sepanjang MKM pake twitter (oiya, jangan lupa follow: @AditMKM), MKM gak pernah dapet DM yang isinya: retweet twitku barusan ea…

Akhir kata, jangan pernah menyerah. Mungkin manusia hanya bisa mendengar, tapi Tuhan berkuasa atas segalanya. seenggaknya gitu sih Tuhannya MKM. Kalau kalian dari sekte penyembah kabel telepon, gak tau lagi. Shalom Satu Jiwa.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: