Strategi Keuangan Mahasiswa Rantau

Duit di tabungan masih banyak-banyaknya. Kiriman baru aja masuk. Laper Mata. Pingin beli banyak hal. Sampai lupa bahwa masih ada 4  minggu lebih untuk dijalani.

Kurang lebih seperti ini strategi keuangan mahasiswa rantau: dari 100% duit kiriman,
50% abis di 1 minggu pertama
20% di minggu kedua
20% di minggu ketiga
10% di minggu keempat, 30-28=2. jadi sekitar 2 hari mahasiswa akan menjalani masa-masa puasa.

Sayangnya, semangat pemborosan ini tidak diimbangi dengan semangat kerja tugas. Andai semangat ini diimbangi dengan semangat kerja tugas, maka gak akan ada lagi nilai C pada nilai semester kalian. Gak akan ada mahasiswa yang telat skripsi. Jumlah pengangguran semakin sedikit. Jomblo galau semakin berkurang. Indonesia bebas koruptor!

Mahasiswa tanpa sadar sudah melakukan hedonisme. Awal bulan, mereka habiskan duit buat seneng-seneng di mall/nonton bioskop. Akhir bulan, mereka cuma bisa download game gratis pake wifi kampus yang lelet. Gamenya: flappy bird. Skor maksimal cuma 3. ngulang terus. gak jadi kerja tugas.

Tapi, tak peduli awal/akhir bulan, yang namanya mie instant selalu masuk ke perut tiap minggu minimal 2x. Ada mahasiswa yang sok sehat yang gak mau nyentuh barang haram itu. Kalian tahu apa yang terjadi pada mereka? Mereka tak akan sanggup menghadapi tanggal tua. Saat tanggal tua, mie instant adalah juru selamat bagi mahasiswa rantau.

Tapi MKM gak suka sama mahasiswa yang di akhir bulan sok baik-baikin ortunya biar dikasih duit tambahan. Daripada baik-baikin ortu, mending baik-baikin tante. Kalian bisa dapet duit lebih banyak, dan lebih sering. Dan kalian kalau butuh hiburan, gak perlu main flappy bird!

Pesan moral: percayalah bahwa kalau skor flappy bird kalian sudah tinggi, burungnya gak akan berubah jadi tante-tante. main flappy bird tiap hari gak nambah duit di rekeningmu. Shalom Satu Jiwa.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: