Buku SD di Indonesia

Saya Budi. Ini Ibu Budi. Budi Bermain Bola. Dari zaman SBY kecil sampai sekarang SBY bisa curhat di depan wartawan, nama Budi selalu muncul di buku SD manapun. Kalau gak Budi ya Ani. Itu kenapa Pak SBY memilih Budi sebagai wakil presidennya dan Ani sebagai istrinya.

Kenapa Budi selalu bermain bola? Gak pernah belajar anak ini, main terus kerjaannya. Kenapa gak kalimatnya, “Budi belajar Matematika?” Kenapa harus bermain bola? liat akibatnya! anak-anak sekarang lebih memilih main bola daripada belajar matematika.

Buku SD selalu memberikan kita kisah yang fiktif. Seakan-akan nama Budi selalu jago main bola. Padahal yang jago main bola namanya Kurnia Meiga, bukan Budi. Ya. Kurnia Meiga adalah kiper ter-keren yang pernah dimiliki timnas Indonesia. Dan dia Arema. Hehe… Bangga… Jadi tahun depan harus ada kalimat di buku SD: “Kurnia Meiga menangkap bola,” “Indonesia juara Piala Asia,” “TKI tidak disiksa.”

Nama yang ada di buku SD sudah gak update. Zaman sekarang susah ditemukan orang yang kasih nama anaknya Budi. Orang desa aja ngasih nama anaknya John. Lengkapnya Karjohno. Mestinya buku SD melatih siswa untuk membaca nama-nama masa kini. contoh kalimat: “Abigail membeli tas LV,” “Matthew mengerjakan skripsi,” “Karjohno menjual martabak.”

Selain Budi dan Ani, muncul nama Ibu. Ibu selalu membeli telur, dan telur yang dibeli selalu banyak. Kayaknya si Ibu ini terinspirasi buat ikutan master chef. Tiap hari latian masak di rumah. Dan entah kenapa telur ini selalu sebagian pecah, cukup banyak yang pecah. Seakan-akan bego banget ini Ibu. kerjaannya tiap hari beli  telur, mecahin telur, beli telur lagi. Ibu yang mecahin telur, kita yang suruh ngitung berapa telurnya. Untungnya kita gak disuruh bersihin telur yang pecah.

Kini terjadi kesenjangan pergaulan antara anak desa dan anak kota. anak-anak yang kurang gaul kadang tidak mengerti bahasa gaul yang sering dipakai di dalam pergaulan sehari-hari. Atas dasar itu buku SD mestinya memberikan definisi dari istilah-istilah yang akan mereka pakai nanti saat SMP. Contoh: Galau, PHP, Woles, Keles, Bokep, Kimochi, dll. Istilah itu akan mereka pakai di SMP, pasti!

Terlepas dari apa yang tercantum di buku SD, buku adalah gudang ilmu. Daripada nonton bokep, mending baca buku. Sehat di mata, sehat di hati. Shalom Satu Jiwa.

 

Tags: , , ,

2 responses to “Buku SD di Indonesia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: