Hidup Beragama di Kota Malang – Liburan Natal 2013 part 2

24 Desember 2013, Christmas Eve

Arema menang lawan Persebaya. Jalanan Macet karena Konvoi Aremania. Selamat Hari Natal.

MKM baru saja mengikuti ibadah malam natal di gereja katedral Malang. Syahdu, menarik, dan menghibur. Banyak hal absurd yang MKM temukan.

Salah satu hal absurd yang MKM temukan adalah bahwa narsis ada di mana-mana, termasuk di gereja. Inilah antrian orang-orang yang berebutan untuk foto di altar seusai ibadah selesai. Tua-Muda semua ingin narsis di depan tempat maha suci. Sangat memalukan.

20131224_210407

Terlepas dari fatwa yang menetapkan umat muslim tidak boleh memberi ucapan selamat natal pada umat Kristen, rupanya masih ada saja umat muslim yang nekad membantu jalannya acara natal. Gereja MKM dijaga oleh banser dari NU. Ini adalah contoh umat muslim yang gak takut dosa. Seenggaknya mereka sadar kalau yang menentukan haram dan halal itu Tuhan, bukan organisasi.

Malahan, ada beberapa wanita cantik berkerudung (yang belum sempat MKM minta nomer hapenya) yang ikut perayaan natal di dalam gereja. Mereka adalah anggota dari Gusdurnian or Gusdurisasi or Gusdur-something. Yang jelas mereka adalah pengikut ajaran dari Mantan Presiden Indonesia, Gusdur. Gusdur pernah berkata, “Kalau kamu berbuat baik, orang gak akan tanya agamamu apa.” Ajaran yang keren, tapi sayang belum banyak orang yang bisa mengikuti teladan mantan presiden Indonesia yang satu ini.

Hari ini, salah satu calon presiden, Wiranto, mempublikasikan suaranya yang sedang menyanyikan lagu rohani. Orang-orang bilang itu pencitraan. Tapi menurut MKM, biarlah. Menyanyi adalah hak segala bangsa. Jangan dicegah. Kecuali kalau suaranya benar-benar gak enak dan merusak suasana makan malam kalian.

Dan rasanya memang banyak orang yang masih tidak mau merayakan natal bersama orang Kristen. Buktinya, pada malam natal, pom bensin tutup, dan pedagang bensin eceran pun susah dicari. Ini kan sabotase terhadap perayaan natal. Kalau benar-benar butuh, orang-orang Kristen yang baru pulang ibadah terancam harus menuntun sepeda motornya sampai ke rumah (seperti MKM).

Terlepas dari itu semua. Natal menurut MKM bukanlah perayaan. Natal adalah sebuah semangat. Ya. Semangat untuk membagikan kasih pada setiap orang. Seperti Yesus yang telah turun ke Dunia untuk mengasihi manusia. Selamat Natal. Shalom Satu Jiwa. (Btw, Shalom itu artinya Damai)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: