Dengarkan Suara! (dari Mahasiswa)

Apa itu kebebasan berekspresi?  Manusia memiliki perasaan, pendapat, emosi, dan ide yang tak bisa dibatasi.  Bila hak kami dikebiri oleh kepentingan sendiri, lalu kapan kami bisa melegakan diri?

Manusia sering dituntut untuk patuh tanpa mengeluh. Bahkan suara aduh, bahkan peluh dari kepala tak boleh terjatuh. Aduh. Pada siapa kami bisa mengaduh.

Dunia maya. Tempat kami mengadu suara. Tempat kami berkarya. Karya yang terkadang tak mengenal pemilihan kata. Dunia maya pun dikekang, dibungkam, didera. Lalu pada siapa kami bersuara?

Maaf bila suara kami tak layak didengar. Maaf bila suara kami hanya luapan emosi terbakar. Kami memang sampah, namun biarlah semangat kami berkobar. Jangan binasakan suara kami layaknya bar-bar.

Mungkin kau punya kebijakan sendiri, namun apa kau pernah menelisik isi hati? Hati kami yang merintih perih sedih sendiri. Tanpa mungkin kau peduli. Kami menangis meratapi kesenangan kami yang kau tutupi.

Pernahkah kita sedikit saling mengerti? Atau yang berjalan selama ini hanya ego sendiri-sendiri? Semua berdasar kepentingan sendiri. Mungkin kami egois, dan kami juga tidak peduli. Lalu kapan kita bisa saling peduli?

Untuk orang yang sudah merampas suka cita. Untuk orang yang berusaha membungkam dan menguasai suara. Kami memang tak berdaya. Dan mungkin kami memang salah adanya. Namun setidaknya izinkan kami bersuara.

Agar kalian mengerti, agar kalian pahami. Betapa hati kami tersakiti.

#artikelserius

Artikel serius ini dipersembahkan bagi orang-orang yang haknya dirampas oleh keadaan. juga permohonan maaf MKM bila selama ini banyak tulisan yang tak berkenan. Mari kita saling membangun, bukan saling menjatuhkan. Shalom Satu Jiwa

Tags: , , ,

4 responses to “Dengarkan Suara! (dari Mahasiswa)”

  1. HM Yong says :

    As student don’t complain too much ! Just prove it that U got the value to breakout the damage system in our country !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: