Archive | December 2013

Hati-hati Dibilang PeHaPe!

Yo… udah lama MKM gak bahas tentang percintaan. OK. DI penghujung tahun 2013, sekarang MKM mau bahas tentang fenomena percintaan paling hot di tahun 2013. PHP.

Tau PeHaPe? PeHa itu bagian atasnya lutut (Itu Paha sh*t!). Pe itu cara orang sunda bilang ve. Jadi PeHaPe itu adalah singkatan dari Paha orang sunda, yang sebenarnya adalah: Paha Panas orang Sunda/Sunda Panas/Sunda hot. Ya. PeHaPe itu judul bokep. Jadi pelaku PeHaPe adalah pelacur. #sip

Zaman sekarang itu susah. Ada orang baik dikit langsung dibilang PHP. Mungkin memang zaman tidak menghendaki ada orang baik. Buat kalian yang masih bilang jadi baik itu kewajiban dan harga diri, hati-hati dibilang PHP.

Kalo kalian cowo-cowo liat cewe sendirian dan nunggu seseorang, lalu kalian berusaha nemenin biar dia gak kering kayak kerupuk, hati-hati dibilang PHP. Biarin aja!

Kalo ada cewe yang tiba-tiba jatuh di depan kalian, lalu kalian berusaha bantuin biar dia bisa jalan lagi, hati-hati dibilang PHP. Biarin aja!

Kalo kalian ada tiket berlebih nonton show stand up comedy dari comedian favorit kesukaan temen kalian yang lawan jenis, lalu kalian mau ngasih tiket itu, hati-hati dibilang PHP. Jual aja! jangan dikasih cuma-cuma!

Kalo kalian liat ada cewe tiba-tiba muntah-muntah. Biarin aja! hati-hati diminta pertanggung jawaban.

Hidup emang gak adil. Tapi prinsip MKM: mending hidup dicap sebagai pelacur yang selalu membantu orang lain daripada jadi orang egois yang selalu ingin maunya dituruti dengan menginjak-injak orang lain. Berbuat baik gak dosa kog. Yang dosa itu kamu berbuat baik ke pacar orang dengan harapan dia bakal putus. Shalom Satu Jiwa.

Hidup Beragama di Kota Malang – Liburan Natal 2013 part 2

24 Desember 2013, Christmas Eve

Arema menang lawan Persebaya. Jalanan Macet karena Konvoi Aremania. Selamat Hari Natal.

MKM baru saja mengikuti ibadah malam natal di gereja katedral Malang. Syahdu, menarik, dan menghibur. Banyak hal absurd yang MKM temukan.

Salah satu hal absurd yang MKM temukan adalah bahwa narsis ada di mana-mana, termasuk di gereja. Inilah antrian orang-orang yang berebutan untuk foto di altar seusai ibadah selesai. Tua-Muda semua ingin narsis di depan tempat maha suci. Sangat memalukan.

20131224_210407

Terlepas dari fatwa yang menetapkan umat muslim tidak boleh memberi ucapan selamat natal pada umat Kristen, rupanya masih ada saja umat muslim yang nekad membantu jalannya acara natal. Gereja MKM dijaga oleh banser dari NU. Ini adalah contoh umat muslim yang gak takut dosa. Seenggaknya mereka sadar kalau yang menentukan haram dan halal itu Tuhan, bukan organisasi.

Malahan, ada beberapa wanita cantik berkerudung (yang belum sempat MKM minta nomer hapenya) yang ikut perayaan natal di dalam gereja. Mereka adalah anggota dari Gusdurnian or Gusdurisasi or Gusdur-something. Yang jelas mereka adalah pengikut ajaran dari Mantan Presiden Indonesia, Gusdur. Gusdur pernah berkata, “Kalau kamu berbuat baik, orang gak akan tanya agamamu apa.” Ajaran yang keren, tapi sayang belum banyak orang yang bisa mengikuti teladan mantan presiden Indonesia yang satu ini.

Hari ini, salah satu calon presiden, Wiranto, mempublikasikan suaranya yang sedang menyanyikan lagu rohani. Orang-orang bilang itu pencitraan. Tapi menurut MKM, biarlah. Menyanyi adalah hak segala bangsa. Jangan dicegah. Kecuali kalau suaranya benar-benar gak enak dan merusak suasana makan malam kalian.

Dan rasanya memang banyak orang yang masih tidak mau merayakan natal bersama orang Kristen. Buktinya, pada malam natal, pom bensin tutup, dan pedagang bensin eceran pun susah dicari. Ini kan sabotase terhadap perayaan natal. Kalau benar-benar butuh, orang-orang Kristen yang baru pulang ibadah terancam harus menuntun sepeda motornya sampai ke rumah (seperti MKM).

Terlepas dari itu semua. Natal menurut MKM bukanlah perayaan. Natal adalah sebuah semangat. Ya. Semangat untuk membagikan kasih pada setiap orang. Seperti Yesus yang telah turun ke Dunia untuk mengasihi manusia. Selamat Natal. Shalom Satu Jiwa. (Btw, Shalom itu artinya Damai)

Pohon Natal

Natal sudah dekat dan perusahaan plastic mulai disibukkan dengan pesanan pohon natal. Pohon natal biasanya pohon cemara. Karena MKM doyan makan pedas, jadi pohon natalnya pake pohon cabe. Cabenya bisa nyala kayak lampu natal.

Kenapa natal harus identik dengan pohon natal. Padahal natal adalah kelahiran Tuhan Yesus. Kalo kalian majang gambar Yesus MKM ngerti, “orang Kristen nyembah Yesus.” Pohon? Ini ada agama baru? Sekte penyembah pohon cemara bersalju?

Setelah ditelaah secara saksama, ternyata pohon natal adalah tradisi dari Jerman untuk merayakan natal. Orang-orang biasanya menaruh pohon natal di rumahnya untuk mengundang sinterklas masuk dan memberi hadiah di bawah pohon natal itu. Kalo banyak orang lebih memilih majang pohon natal daripada gambar Tuhan Yesus, artinya orang-orang lebih mengharapkan datangnya hadiah daripada datangnya Tuhan Yesus ke dunia. #cie #holy #alkitabiah

Mari kita tidak peduli dengan itu! Mari kita kritisi tampilannya. Kenapa harus pohon cemara? Kan Yesus lahir di betlehem, timur tengah, tempat panas. Mestinya kita pake pohon yang endemik sana. Contoh: palem, kurma, kaktus. Dihiasi pasir, bukan salju.

Atau jangan2 ini konspirasi illuminati. Pohon cemara kan bentuknya kerucut. Kerucut berarti segitiga. Segitiga berarti illuminati. Ya. Illuminati! (di Indonesia, apapun yang segitiga selalu Illuminati)

Kenapa harus ada hiasan berupa hadiah di bawah pohon natal? Kesannya lucu. Bikin pohon natal sendiri, dikasih hadiah sendiri. Besok waktu natal dibuka-buka sendiri. Senang sendiri. Itu pasti ide dari para jomblo. Jangankan hadiah, kasih sayang aja mereka gak ada yang mau ngasih. #JombloSih

Lampu di pohon natal juga aneh. Warnanya merah, putih, kuning, hijau, biru. Ini kan formasi power rangers. MKM semakin gak ngerti natal ini merayakan apa. Jangan-jangan sinterklas adalah power rangers dan rusa-rusanya adalah megazordnya.

Terlepas dari milik agama siapa acara natal ini, MKM sih mau bilang kalo natal ini milik siapa saja. Natal adalah saat di mana para gembala, dan para sarjana berkumpul ke tempat tukang kayu untuk merayakan kelahiran seseorang bersama para malaikat yang bernyanyi. Natal adalah hari di mana segala kalangan berkumpul untuk bersuka cita. Gak peduli kalo misalnya ada beberapa orang yang dilarang mengucapkan selamat natal. Orang-orang tersebut gak dilarang buat senang-senang waktu natal kan? Shalom Satu Jiwa

Hari Ibu, Hari Jempol

Selamat Hari Ibu buat jempol tercinta. Terima kasih sudah mau jadi ibu bagi jari-jari yang lain. Love You Ibu Jari. Hari ini hari ibu dan semua blogger bikin artikel tentang ibu mereka. Jadi sebagai generasi anti-mainstream, MKM mau bikin artikel tentang ibu yang berbeda dari blogger lain.

Kadang kita gak menghargai Ibu Jari yang tercipta di tubuh kita. Kita selalu memandangnya sebelah mata. “dasar kamu! jari paling pendek, jari paling gemuk! bahkan buat ngupil aja kamu gak bisa!” Kita sering lupa betapa berjasanya si ibu jari buat kita.

Waktu kecil dulu, waktu kamu bayi, siapa yang kamu emut sebagai ganti ibumu (kalo ibu lagi dipinjem papa)? Jempol kan? Ada yang dari kecil udah kebiasa ngemut jari tengah? gak ada! MKM yang gak punya etika aja dulu ngemutnya tetep jempol.

Waktu TK dulu, MKM ditinggal mama MKM. katanya, “kamu udah gede, gak boleh terus-terusan sama mama.” Terus MKM nangis, dan mama MKM tetap ninggalin MKM. tapi MKM sadar, saat ibumu meninggalkanmu, ibu jarimu selalu ada untukmu. Dia tak pernah meninggalkanmu atas keinginannya sendiri.

Ibu jari gak pernah mengeluh saat dia gak diajak cap tiga jari buat ijazah. Ibu jari gak pernah mengeluh saat gak dicelupin ke tinta waktu pemilu. Ibu jari juga gak pernah kamu pake buat garuk2 telinga. Ibu jari gak pernah mengeluh, apapun yang kamu lakukan ke dia.

MKM gak mau sok romantis dan bilang ibu MKM adalah segalanya, sempurna, dan maha mulia. karena kemuliaan hanya milik Tuhan semata. setiap manusia tercipta bersama kekurangan dan kelebihan. tapi sama seperti ibu jari. setiap ibu selalu bernilai bagi anaknya. selamat hari ibu. (tenang, ibu MKM gak peduli kalo anaknya punya blog, jadi MKM gak perlu ngucapin hari ibu buat ibu MKM di sini).

-jempol ke bawah buat kalian yang ngomong ke pacarnya, “selamat hari ibu wahai kamu ibu buat anak2ku kelak.” tapi belum ngucapin “I love You, mom.” ke ibunya sendiri.

Hal yang selalu ada di Film Action

Banyak remaja yang menghabiskan waktu liburannya untuk nonton film. MKM sih suka film komedi, karena selalu ada yang baru. Beda dengan film action. Apapun judulnya, alur ceritanya selalu sama. Selalu ada organisasi gak jelas yang memiliki niat jahat dan ada satu orang yang berusaha melawan organisasi itu sendirian. Selalu seperti itu.

Dalam setiap film action, selalu ada actor yang ditembak/dipukuli/diperkosa berapa kali pun dia gak mati. Dan lucunya, peluru seakan selalu menghindar darinya. Tidak pernah ada peluru yang bisa mengenainya selambat apapun ia bergerak. Di sisi lain, si actor itu memiliki peluru yang tak terbatas. Kalaupun peluruya harus habis, pasti ia mendapat senjata baru dari musuhnya yang juga tak terbatas.

Apapun judul film actionnya, akan selalu ada anak kecil/wanita yang butuh diselamatkan. Inilah mengapa MKM selalu bilang, “jauhkan wanita dari masalah” wanita hanya akan memperkeruh masalah, bukan menyelesaikannya. Kalau ada wanita yang gak memperkeruh masalah, dia bukan wanita. Dia wanita idaman. #enak

Film action ini melawan hukum alam. Yang kuat yang di atas. Semua film action, bos dari organisasi gak jelas itu selalu hanya memiliki satu pistol kecil. Sedangkan anak buahnya pegang senjata yang jauh lebih keren. Dan bosnya biasanya gak punya ketrampilan bela diri apapun. Sedangkan anak buahnya jago jujitsu, ninjutsu, dan taijutsu. Walaupun akhirnya kalah oleh si tokoh utama yang udah babak belur.

Apapun negaranya, apapun kotanya, di film action mana pun, selalu ada gudang bekas yang dijadikan tempat bertarung. Seakan-akan orang-orang itu bodoh. Kalo punya gudang bekas, itu segera dijual/diruntuhkan, bukannya dibiarin dan dijadikan sarang penyamun. Dan di gudang bekas itu selalu ada gentong berisi minyak yang mudah terbakar. Dan di akhir pertarungan, biasanya gudang itu meledak. Selalu.

Dan organisasi di film satu gak pernah belajar dari kesalahan organisasi di film lain. Kesalahannya adalah memiliki anggota yang bodoh. Kenapa semua anak buah si bos gak pernah berhasil menembak si tokoh utama? Kalaupun berhasil, biasanya yang melakukan itu si kapten, bukan yang kroco. Kenapa? Kenapa kalian merekrut orang-orang seperti ini? Suruh pulang aja lah orang-orang kayak gini buat disuruh cuci motor sama beli rokok.

Mereka sudah tau si tokoh utama jago bela diri dan gak bisa dilawan satu lawan satu. Bener sih datengnya keroyokan. Tapi waktu menghajar si tokoh utama selalu satu-satu. Kenapa gak kalian keroyok sekalian? Kalian ngeroyok maling bisa, kenapa ngeroyok dia yang ganteng kayak boyband gitu gak bisa? #kecewa

Seenggaknya film action memberikan fakta yang sesuai dengan dunia kita sekarang. Polisi tidak pernah berkontribusi banyak. Sama. Pemerintah juga gak berkontribusi banyak. Hanya orang-orang tertentu yang bisa bawa perubahan. Tapi bukan berarti kita berhenti mendukung pemerintah. Kita harus tetap mendoakan mereka agar Negara kita menjadi lebih baik. Shalom Satu Jiwa