Jangan Kafir, Jangan Main Catur

Raja itu cowo. Ratu itu cewe. Raja suaminya ratu. Prajurit itu cowo. Ratu mati, prajurit masuk ke daerah lawan, prajurit jadi Ratu. Catur itu homo.

Saat prajurit mengahadap miring ke prajurit lawan, prajurit bisa makan prajurit. Saat prajurit berhadap-hadapan dengan prajurit lawan, prajurit tidak bisa makan prajurit lawan. kenapa? jangan-jangan prajurit-prajurit ini jatuh cinta. Satu lagi yang homo dari catur.

Catur itu mengerikan.  Catur adalah permainan ghoib. Ada benteng yang bisa gerak. padahal benteng kan mestinya diam di tempat untuk melindungi kerajaan. Jangan-jangan benteng ini siluman. Dalam bahasa inggris: Rock (batu). Mungkin artinya mirip dengan batu ponari, batu magis.

Ada kuda yang bisa nembus orang seenak jidad. Ini pasti kuda hantu. Karena catur diciptakan pada masa-masa kerajaan eropa, mungkin ini melambangkan dullahan.

Dullahan_Pachislot2

 

ya, catur itu memang permainan ghoib. Di Eropa, tidak ada tradisi kotak hitam putih, maka MKM menduga bahwa catur bukan dari eropa, tapi dari Bali. Kesan ghoib dari Bali memang kental. Diduga pada awal perkembangannya, pion catur bukanlah kayu, tapi jenglot.

Tapi seKafir-Kafirnya catur, catur adalah permainan mendidik. Lebih mendidik daripada main angry birds atau temple run. Mainan yang baik bagi anak-anak untuk mengembangkan logikanya dan membuat dia memiliki kedekatan dengan orang yang biasanya menjadi lawan mainnya. Bukannya sibuk dengan dirinya sendiri. Shalom Satu Jiwa.

#SelamatHariBloggerNasional

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: