Seenggaknya Kamu Punya Nama

Nama adalah pemberian orang tua yang sangat berharga. Itulah alibi dari sebagian besar orang yang namanya aneh dan susah dibaca.

Itu benar. Setiap orang tua pasti punya alasan mengapa anaknya dinamakan demikian. Bersyukurlah kalo nama kamu aneh. Berarti nama kamu gak pasaran. Kamu akan mudah diingat oleh orang lain. Kamu akan cepat terkenal, dan kamu akan cepat dapet pacar.

Seaneh-anehnya orang tua memberi nama, itu pasti ada maksudnya. Contoh: Salus. Salus apaan? Nama bakteri? Salus itu dalam bahasa latin artinya keselamatan. Ini doa orang tua agar anaknya masuk surga.

Gak ada orang tua yang kasih nama anaknya Baal, atau Baphomet, atau Satan. Kalo pun ada, pasti orang tuanya masuk aliran sesat penyembah kambing. Gak ada juga orang tua yang ngasih anaknya nama Pertamax. Kalo pun ada, pasti orang tuanya penganut sekte penyembah bensin eceran.

Orang tua pasti memberikan nama yang sangat berarti pada anaknya. MKM punya nama Benedictus. Orang tua MKM berdoa agar MKM meniru Santo Benedictus. Sayangnya doa itu gak terkabul. Asal pembaca tau, Santo Benedictus adalah seorang pertapa yang mencintai kesunyian. MKM? Pembuat onar yang merusak kesunyian.

Tapi sering sekali orang menjudge orang lain lewat namanya. Contoh: Bambang, pasti anaknya nakal, pembohong, dan gedenya jadi koruptor. Siapa tau Bambang ini gedenya jadi pastur yang sederhana, yang hobi doa, doain bangsanya yang dipimpin oleh para koruptor yang hina.

Don’t judge a book from the cover. Don’t judge a person from the name. Kita bukan teh yang nama dan kemasannya selalu sama. Teh kotak, kemasannya kotak. Teh botol, kemasannya botol. Teh gelas, kemasannya gelas. Kalaupun ada teh gelas yang kemasannya kotak, anggap aja itu gelas yang bentuknya kotak.

Banggalah dengan nama kalian. Yakinlah bahwa nama kalian yang susah aneh itu akan diingat oleh banyak orang. Jadilah keajaiban bagi lingkunganmu. Syalom Satu Jiwa.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: