Ormas Cinta Damai

Judulnya keren ya? Seakan-akan nantinya banyak pesan moral dari postingan ini. Padahal enggak. Seperti biasa, MKM akan mencoba ngomong ngelantur tentang sebuah hal. Berhubung kemaren MKM (kesambet arwah Bung Karno) nonton berita politik, MKM ingin bicara tentang organisasi masyarakat yang suka bikin rusuh.

MKM gak akan bicara tentang bonek, walaupun MKM arema. MKM bicara tentang FPI. Sebuah ormas berkedok agama yang (nampaknya) suka main kasar kalo lagi nggrebek hal-hal maksiat. Dan dalam postingan ini MKM (biar gak ofens) gak akan jelek-jelekin itu ormas. MKM mau bilang bahwa MKM takut sama ini ormas. MKM takut ntar kalo MKM lagi makan daging babi siang-siang di bulan puasa terus digebukin. (“MKM katolik! Suka-suka MKM mau makan daging apaan!”)

MKM percaya bahwa Islam mengajarkan sesuatu yang baik (walaupun MKM masih gak ngerti kenapa daging babi dilarang oleh Islam, padahal enak). Jangan membesar-besarkan masalah yang kecil, hingga akhirnya bertindak diskriminatif dan destruktif. Kalo dunia ngikutin cara berpikir seperti itu, kita bisa perang dunia cuma gara-gara roti. Gak percaya? Liat aja percakapan berikut:

“Roti kog keras? Buat ngelempar kucing, kucingnya pasti mati. Dasar orang Belanda!”

“Tipis begini kog dibilang roti? Di kampungku ini namanya kripik. Dasar orang Israel!”

“Roti kog isinya Cuma angin? Pasti bahannya dikorupsi. Dasar orang Indonesia!”

Ya kan? Negara-negara adidaya bisa berkelahi gara-gara roti. Mereka bersikeras, “Rotiku adalah roti yang paling benar!”

Menurut MKM, FPI mestinya menerapkan prinsip toleransi antar umat beragama. Anggap aja para umat islam yang digrebek FPI karena berbuat maksiat itu adalah bukan islam. Anggap aja mereka penganut agama baru, misalnya sekte penyembah padi (yang ibadahnya makan nasi tiga kali sehari). FPI akhirnya gak punya alasan buat grebek mereka.

MKM yakin bahwa Islam juga mengajarkan umatnya untuk hidup dalam cinta kasih. Jadi buat FPI, jadilah ormas cinta damai. Kalo liat ada orang maksiat, ajak omong baik-baik. Bikin dia bertobat. Jangan malah digebukin sampe mati. Kan enak kalo ada satu orang lagi yang bertobat. Jadi kalian ke surganya rame-rame. Bukan malah masuk neraka semua. (yang satu karena maksiat, yang satu karena bunuh orang)

Buat pembaca, kalo mau bikin ormas, bikinlah ormas yang cinta damai. Contoh: Aremania Kediri, Aremania Surabaya, Aremania Bandung, dan Aremania yang lain. Komunitas aremania itu cinta damai rek. Apalagi yang terletak di tempat musuh arema. Kalian bisa buktikan ke mereka kalo Arema itu cinta damai. Dan kalaupun kalian dimusuhi terus digebukin sampe mati, kalian matinya jadi martir rek. (peluang masuk surganya tinggi)

Nah, tapi kalo pembaca emang hobi melakukan kekerasan, saran MKM: masuk katolik aja. Tiap paskah kami punya program “drama penyaliban Tuhan Yesus.” Nah, kalian bisa bantu di sana. Jadi prajurit yang nyiksa Yesus. Gak perlu bakat acting yang berlebihan, cukup tunjukkan skill kalian dalam nyiksa orang.

Ingat, jadilah masyarakat yang cinta damai. Kalau bukan kita yang mendamaikan Indonesia, siapa lagi?

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: