Materi 3rd Open Mic

Aku Adit MKM, dan aku Arema. Gara-gara itu aku jadi percaya kalo Yesus itu Arema. Iya, Yesus tidak ke mana-mana tapi ada di mana-mana.

Aku Katolik. Dan jadi orang katolik di Malang itu gak enak. Apalagi sejak ada car free day. Car free day sekarang makin rame. Saking ramenya, sekarang ada orang yang jualan makanan di depan gereja ijen. Itu sekarang. Kalo car free day bertahan sampe tahun depan, bisa-bisa car free day menjajah gereja. Jadi di dalem gereja ada orang jual reptile, ada bmx lagi freestyle, ada mahasiswa lagi penggalangan dana.

Kenapa sih harus di jalan ijen. Sedikit banyak kan kegiatan ini mengganggu umat gereja ijen. Kenapa gak di suhat aja? Biar makin banyak orang yang tau 5.6 café. Kasian 5.6. Ramenya Cuma hari jumat, itupun jarang yang pesen.

Gak enaknya lagi kalo udah deket-deket hari raya. Umat katolik di malang dizolimi oleh Matos. Waktu idul fitri, matos majang miniatur kabah. Waktu imlek barusan, matos majang miniatur ular. Walaupun ularnya yang barusan ini unyu, ularnya senyum, itu ular apa cacing? Tapi kalo waktunya katolik? Contoh paskah, tau matos majang apa? Telor!

Ini kan gak sesuai tema. Maksudnya apa? Kalo matos majang salib aku ngerti, Yesus mati disalib. Telor? Yesus ngendhog? Nggak kan?

Gak ada adegan telor-menelor di kitab suci. Waktu para rasul hendak mengurapi jenazah Yesus, mereka Cuma bawa rempah-rempah, gak bawa telor. Kalo mereka bawa telor dan rempah-rempah, mereka bukan mengurapi jenazah Yesus, mereka bikin martabak.

Dan telor-telor ini coraknya nggilani! Ada yang totol-totol pink, ada yang pelangi, ada yang gambar ben10. Ini telor-telor salah pergaulan. Kebanyakan bergaul sama anak alay. Lama-lama nanti corak mereka aka nada tulisannya. BFF (Best Friend Forever), BP4E (Bezt Plendz 4 Ephel), BPHP (Belanja Puas Harga Pas).

Mengerikannya, telor-telor ini dijaga sama seekor kelinci. Sejak kapan kelinci bertelor? Ibu kandung telor-telor ini siapa? Jangan-jangan ini adalah telor-telor hasil hubungan di luar nikah, yang ditinggal di wc umum terus ditemuin kelinci.

Makanan yang dijual di matos juga ga adil. Waktu lebaran, makanan dihiasin pake ornament ketupat. Waktu imlek, makanannya dibungkus pake kertas merah. Waktu paskah gak dihias apa-apa. Dan emang gak bisa dihias. Mau dihias pake apa? Mahkota duri? Hardcore sekali agamaku.

Dan aku masuk ke komunitas stand up Indo Malang. Emang bener aku gak dapet diskriminasi. Aku dapet Islamisasi. Selalu aku ditawari, “Adit ayo masuk islam.” “Adit, ayo jadi mualaf.” “Adit ayo pake jilbab.” Aku menolak! Aku akan tetap jadi katolik. Sebab kalo aku bukan katolik, aku kekurangan materi. Aku Adit MKM, terima kasih.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

