Materi 1st Open Mic

MKM udah cerita kan kalo MKM ikutan stand up comedy. Ini materi yang MKM pake:

Salam satu jiwa! Namaku Adit MKM dan aku arema dari kecil. Dari kecil aku udah dapet “doktrin arema” dari orang tua. Kalo anak2 lain digendong pake sewek dalam bahasa jawa, aku pake syal arema. Biasanya digendong sambil dinyanyiin, “nina bobo… o… nina bobo….” Aku dinyanyiin, “ayo… ayo arema… sore ini… kita harus menang…” dongeng sebelum tidur juga gitu. Kalo anak2 lain punya “Kancil dan Semut” atau “Kelinci dan Kura-kura” aku “Singa dan Buaya.” Baju waktu bayi biru semua. Kecuali popok, popokku warnanya ijo, trus di bagian pantat ada gambar buayanya. Jadi kalo “pup” pas di gambar buaya. Ini yang beliin papaku.

Tapi ”doktrin arema” ini menyiksa. Waktu itu aku pacaran kelas 5 SD, papa langsung bilang, “Adit kamu pacaran sama si…” sebut aja “Mawar?”

“Iya papa…” sombong dong, kelas 5 SD udah laku.

“Putusin sekarang.”

“Kenapa?”

“Dia gak seiman sama kita.”

“Tapi dia juga katolik.”

“Dia Bonek!”

Udah. Mau gimana lagi? Trus aku harus ngapain? Gara2 satu kata. “Bonek”

Kayak yang udah kubilang, aku katolik. Dan aku suka iri sama orang2 lain apalagi kalo udah deket2 hari raya. Suasana menjelang hari raya orang katolik itu absurd, gak kayak orang2 lain.

Kalo iklan di TV didominasi oleh iklan biskuit dan iklan sirup, dan iklan sirupnya bersambung, kita tahu ini masa puasa. Sebentar lagi lebaran. Kalo di jalanan udah bertebaran kambing dan sapi, bertebaran juga tai kambing dan tai sapi, kita tahu ini udah hampir idul adha. Kalo ada kerusuhan di Borobudur, kita tahu bahwa ini pasti waisak. Waktu kejadian rusuh yang kemarin, papaku langsung komentar, “Adit, itu yang ngelempar botol pertama kali pasti orangnya pake baju ijo, ada gambar buayanya, trus kabur pake mobil platnya L.” Papaku gak sebut kota, cuma platnya L.

Lanjut, kalo katolik? Kita ambil contoh natal. Kalo lagi puasa kita sering menjumpai sinetron islami. Tapi kalo deket2 natal, gak ada sinetron katolik. Yang ada justru sekuel yang terus diputar dari zaman kadal. “Home Alone.”

Ini film ngrusak. Ini mengajarkan kita kalo ada maling dateng ke rumah, jangan buru2 minta tolong tetangga atau polisi, kerjain dulu. Pernah waktu itu mama pulang ke rumah, keset dulu, kesetnya warnanya ijo ada gambar buayanya, trus ketemu adikku yang paling nakal.

“Ini kenapa kaca pecah semua? Kenapa rumah berantakan? Kenapa lumpur di mana-mana? Kenapa ada lem nempel di tembok?”

Adikku menjawab dengan penuh senyum, “Tadi ada maling mama… kukerjain…”

Dekorasi natal juga aneh2. Ada yang namanya pohon natal. Pohon cemara bersalju. Kukasih tahu ya.. Yesus itu lahir di Betlehem, Betlehem itu Timur Tengah, Timur Tengah itu panas, tempatnya unta dan…. Masih berharap ada salju di sana?

Ada lagi permen tongkat warna merah putih. Ini apa? Kalo kamu majang salib aku masih ngerti, “Yesus mati disalib.” Permen? “Yesus mati diabetes?” Nggak kan?

Dan yang paling mengerikan. Santa Claus. Ini siapa? Opa2 bau tanah, jenggot putih, gemuk, “diabetes,” bawa karung yang mungkin ada tulisannya segitiga biru yang manjat2 genteng. Ini rumahnya kalo diliat dari jauh kayak punya ruangan tambahan. Kan kasihan opa2 udah sepuh gitu disuruh manjat2 genteng.

Karena itu, aku gak percaya santa claus ini orang tua. Ketika aku tanya ke papa, “Pa, Santa Claus ini siapa?” papa menjawab, “Benar nak. Santa bukan orang tua. Dia masih muda, berotot, bertato ‘I Love Parkour,’ pake baju ijo ada gambar buayanya, trus di rumah terakhir nyolong TV satu, trus kabur pake mobil yang platnya L.” papaku gak sebutin kota, cuma platnya L.

Ya, walaupun papaku rasis, bukan berarti papaku selalu ngajarin yang jelek ke anaknya. Papa selalu berpesan, “Adit, kamu harus bisa jadi pembawa damai di manapun kamu berada.” Tepuk tangan dulu buat papa. Tapi bukan karena ajaran gereja. “Karena Arema cinta damai.” Aku Adit MKM, terima kasih.

Baca blog aku terus ya… trus like Dunia MKM lewat facebook. Semoga MKM bisa bikin materi lagi yang gak kalah lucu dari ini.

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Materi 1st Open Mic”

  1. Arya Sinaga P3MI Bandar Negeri II says :

    Buatkan lagi lah yang materi dan naskahnya singkat tapi jelas, bisa?

Leave a Reply

