MKM Ikutan Stand Up Comedy

Adit MKM, blogger jomblo berumur 18 tahun yang (katanya) lucu, sekali lagi ingin mengepakkan sayap lebih lebar. Untuk menambah ilmunya tentang dunia komedi, dan agar bisa lebih lucu lagi untuk menghibur para pembaca, MKM join dalam komunitas Stand Up Comedy Malang.

Hari Kamis, MKM mengikuti acara Sharing Comic. Sharing Comic adalah acara pelatihan Comic agar bisa memaksimalkan performa di panggung. MKM bertemu dengan lebih dari 40 orang yang lebih absurd, lebih konyol, dan lebih cerdas dari MKM. Orang-orang ini berhasil membuat kafe berukuran kecil menjadi Taman Kanak-Kanak.

Comic pertama yang MKM jumpai adalah Mbak Sindy, sang cewe KW. Ideologinya yang anti cewe feminim sangat kental lewat penampilannya yang tomboy. Ia menguasai bahasa Malang (kata apapun, dibaca dari belakang. Contoh: pecel->lecep, makan->nakam) dengan baik. Dan dengan ramah ia mengajarkan banyak hal pada MKM.

Hal pertama yang MKM pelajari adalah tentang persona. Ketika Mbak Sindy mengatakan kata “Persona” yang ada di bayangan MKM adalah:

Shin_Megami_Tensei_Persona_4

Padahal maksud Mbak Sindy, Persona adalah sebagai apa kamu ingin dilihat di panggung. Mbak Sindy memiliki persona cewe KW yang kuat (saking kuatnya, pertama kali MKM lihat, MKM kira cowo). Dan hampir semua comic di sana memiliki persona yang khas. MKM belum menyadari personanya apa, tapi MKM yakin suatu saat MKM juga akan memiliki persona yang kuat.

Setelah melakukan konsultasi materi bersama Mbak Sindy, MKM mengikuti acara di Sharing Comic dengan baik (duduk manis sambil ketawa gak jelas gara2 semua yang maju ke depan terlalu absurd).  Acara yang jumlah “mesoh” dan “ilmu”nya seimbang ini dipandu oleh seorang comic senior bernama Mas Regy Hasibuan. Cowo yang punya muka mirip dengan walikota Malang yang baru ini mengajarkan kami tentang comedy improve dengan sangat keren. Di akhir acara, MKM diberi kesempatan untuk open mic di Jumat Tawa.

Esok harinya, tibalah acara Jumat Tawa. Segera sebelum acara, MKM melakukan konsultasi materi pada comic-comic senior. Comic senior yang MKM jumpai pertama kali adalah Mas Ryan, sang Cina Muslim. MKM merasa mas Ryan adalah orang yang tepat karena materi MKM sejenis tapi tak sama dengan persona Mas Ryan. MKM hari itu membawakan materi tentang Arema dan Katolik (ya itu materi yang ngambil dari tulisan MKM sebelumnya:  https://themkm.wordpress.com/2012/12/25/natal-versi-mkm-libur-natal-hari-kedua/ dan https://themkm.wordpress.com/2013/06/01/mkm-dan-arema/  dengan sedikit tambahan) .

Setelah mendapat banyak masukan dari Mas Ryan, MKM mencari comic senior yang lain. Bertemulah MKM dengan Mas Omes, sang comic Kristen. MKM disuruh mempraktekkan materi di depannya. Malu sih, tapi harus, agar MKM bisa lucu nanti di panggung. Akhirnya Mas Omes pun memberikan masukan yang sangat berguna.

MKM mendapatkan urutan maju ketiga. MKM sangat tegang. Apalagi ada cewe cantik yang merekam tiap comic yang open mic (itu bakal bikin speechless). Para senior memberikan masukan (yang agak gak logis) untuk menghilangkan tegang. Setiap comic biasanya punya “talisman” (benda keberuntungan) untuk mengurangi ketegangan. Banyak comic senior yang menggunakan cara itu. Ada ada yang nyelipin bolpen ke rambut, ada yang pake karet gelang di tangan, ada juga yang celana dalam yang ia pakai harus baru. Karena bingung mencari talisman, MKM menggunakan buku catatan (otak MKM yang berisi to do list) dan memasukkannya ke kantong belakang celana (kantong yang jarang kepake oleh MKM).

Giliran MKM tiba. Saat masuk panggung, tiba-tiba tegang MKM berkurang (ternyata si talisman berfungsi). MKM bahkan bisa ngajak bicara si cewe cantik berkamera itu. MKM menyajikan materi dengan cukup lancar. Alhasil, sebagai comic yang baru pertama kali open mic, MKM berhasil menuai standing applause. Setelah selesai open mic, MKM mendapatkan banyak evaluasi yang berharga dari comic senior.

MKM sangat senang. Banyak ilmu tak terlupakan yang MKM dapatkan. Terima kasih Stand Up Indo Malang.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: