MKM dan Arema

Keluarga memegang peran penting dalam pendidikan anak. Banyak keluarga menanamkan nilai moral dan keagamaan pada anaknya sejak kecil. Namun apa yang ditanamkan keluarga MKM sejak kecil? Yang mereka (ayah MKM terutama) tanamkan adalah semangat Arema.

Arema adalah sebuah klub sepak bola asal Kota Malang. Penduduk kota Malang juga menyebut diri mereka Arema (Arek Malang). Penduduk Kota Malang sangat bangga dengan nama Arema. Bahkan bila di kota lain, jersey klub sepak bola hanya sebagai koleksi, di Malang itu sudah menjadi tradisi (setiap orang minimal punya satu).

Doktrin Arema sudah melekat pada darah MKM sejak kecil. Ayah MKM yang merupakan salah satu pendiri Aremania Kediri selalu menekankan pada MKM untuk tidak menjadi seperti Bonek. Bonek adalah sebutan bagi pendukung Persebaya (klub sepak bola asal Kota Surabaya). Keluarga MKM mengajarkan bahwa Bonek sesuai dengan namanya (Bondho Nekad), adalah orang2 tak bertanggung jawab yang bisanya cuma bikin rusuh tanpa mikir.

Maka dari kecil MKM sudah di-Doktrin dengan kata2 seperti ini, “Kalau nanti cari teman, jangan Bonek ya nak…” atau “Ntar kalau punya pacar, tapi Bonek, segera putus ya… jangan mau pacaran sama Bonek.” Dan setiap kali lihat berita tawuran selalu kata2 ini yang muncul, “Itu pasti yang mulai orang pake baju ijo dan ada gambar buayanya (simbol Bonek). Trus setelah mulai tawuran, dia pergi pake mobil ijo Plat L, sambil tangannya keluar dari jendela, ngerokok, trus senyum troll face.”

Namun bukan berarti keluarga MKM mengajarkan kekerasan dan kebencian pada MKM. MKM hanya diajarkan untuk memilih teman yang tepat dalam bergaul (itu sih alibi mereka). Dan MKM tetap diajarkan tentang cinta kasih. Pesan ayah MKM, “Jadilah pembawa damai di mana pun kamu berada (bukan karena Tuhan Yesus memberi teladan demikian, tapi) karena Arema cinta damai.”

Tags: , , , , , ,

Trackbacks / Pingbacks

  1. MKM Ikutan Stand Up Comedy | Dunia MKM - 8 June 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: