Archive | June 2013

Materi 3rd Open Mic

Aku Adit MKM, dan aku Arema. Gara-gara itu aku jadi percaya kalo Yesus itu Arema. Iya, Yesus tidak ke mana-mana tapi ada di mana-mana.

Aku Katolik. Dan jadi orang katolik di Malang itu gak enak. Apalagi sejak ada car free day. Car free day sekarang makin rame. Saking ramenya, sekarang ada orang yang jualan makanan di depan gereja ijen. Itu sekarang. Kalo car free day bertahan sampe tahun depan, bisa-bisa car free day menjajah gereja. Jadi di dalem gereja ada orang jual reptile, ada bmx lagi freestyle, ada mahasiswa lagi penggalangan dana.

Kenapa sih harus di jalan ijen. Sedikit banyak kan kegiatan ini mengganggu umat gereja ijen. Kenapa gak di suhat aja? Biar makin banyak orang yang tau 5.6 café. Kasian 5.6. Ramenya Cuma hari jumat, itupun jarang yang pesen.

Gak enaknya lagi kalo udah deket-deket hari raya. Umat katolik di malang dizolimi oleh Matos. Waktu idul fitri, matos majang miniatur kabah. Waktu imlek barusan, matos majang miniatur ular. Walaupun ularnya yang barusan ini unyu, ularnya senyum, itu ular apa cacing? Tapi kalo waktunya katolik? Contoh paskah, tau matos majang apa? Telor!

Ini kan gak sesuai tema. Maksudnya apa? Kalo matos majang salib aku ngerti, Yesus mati disalib. Telor? Yesus ngendhog? Nggak kan?

Gak ada adegan telor-menelor di kitab suci. Waktu para rasul hendak mengurapi jenazah Yesus, mereka Cuma bawa rempah-rempah, gak bawa telor. Kalo mereka bawa telor dan rempah-rempah, mereka bukan mengurapi jenazah Yesus, mereka bikin martabak.

Dan telor-telor ini coraknya nggilani! Ada yang totol-totol pink, ada yang pelangi, ada yang gambar ben10. Ini telor-telor salah pergaulan. Kebanyakan bergaul sama anak alay. Lama-lama nanti corak mereka aka nada tulisannya. BFF (Best Friend Forever), BP4E (Bezt Plendz 4 Ephel), BPHP (Belanja Puas Harga Pas).

Mengerikannya, telor-telor ini dijaga sama seekor kelinci. Sejak kapan kelinci bertelor? Ibu kandung telor-telor ini siapa? Jangan-jangan ini adalah telor-telor hasil hubungan di luar nikah, yang ditinggal di wc umum terus ditemuin kelinci.

Makanan yang dijual di matos juga ga adil. Waktu lebaran, makanan dihiasin pake ornament ketupat. Waktu imlek, makanannya dibungkus pake kertas merah. Waktu paskah gak dihias apa-apa. Dan emang gak bisa dihias. Mau dihias pake apa? Mahkota duri? Hardcore sekali agamaku.

Dan aku masuk ke komunitas stand up Indo Malang. Emang bener aku gak dapet diskriminasi. Aku dapet Islamisasi. Selalu aku ditawari, “Adit ayo masuk islam.” “Adit, ayo jadi mualaf.” “Adit ayo pake jilbab.” Aku menolak! Aku akan tetap jadi katolik. Sebab kalo aku bukan katolik, aku kekurangan materi. Aku Adit MKM, terima kasih.

Truk Bensin

Pernahkah perjalanan kamu terganggu oleh kendaraan yang satu ini? Ya, kendaraan besar ini mengklaim dirinya berbahaya dan mudah terbakar (padahal kita gak tau dalemnya ada isinya atau nggak). Namun tidak jarang kendaraan ini justru mencari masalah. Jalannya tidak pernah menepi, selalu di tengah. Seakan-akan berkata, “Aku adalah raja.” Dan begitu kita maki-maki supirnya, “Woi! Kamu kira ini jalannya bapakmu?!” Dia berkata, “Engkau sendiri yang mengatakannya.”

Kendaraan ini sangat mengerikan. Tidak sedikit orang yang takut untuk menabraknya. MKM bertanya pada seorang pengendara, apa pendapatnya tentang kendaraan ini. Ia menjawab, “Saya takut mas kalo tabrak’an sama truk bensin. Kan nanti meledak, terus saya bisa mati.” Ya, jawaban yang masuk akal. (walaupun kalau kamu tabrak’an dengan mobil lain juga ada kemungkinan besar buat mati)

Saat ada kendaraan ini di jalan, kita akan kesusahan memilih tindakan. Ingin mendahului, celahnya sangat kecil. Ingin mengikuti dari belakang, jalannya terlalu lama. Ingin menabrak, takut meledak.

Kalau kita mau mengamati kendaraan ini, di belakangnya ada sticker bertuliskan, “Bila kendaraan ini membahayakan anda, sms ke nomor di bawah ini: XXXX-XXX-XXXX” Ini sticker niatnya baik, tapi berbahaya sekali. Bayangkan kamu hampir tabrak’an sama si truk bensin. Apa yang akan anda lakukan? SMS nomor tersebut? Keburu mati! Injak rem!

Jalanan menjadi macet gara-gara truk bensin. Belum lagi kalo si truk bensin ini kena tilang. Supirnya lupa gak bawa STNK. Truknya disita polisi. Supirnya pulang jalan kaki (trus nyegat angkot). Polisinya bawa truk bensin ke kantor polisi yang jalannya sempit. Ini macetnya sudah level chaos.

Tapi MKM mengacungkan jempol pada truk-truk ini. Karena truk ini truk anti mainstream. Mereka tidak menempelkan sticker sejenis DOA IBU atau JARANG PULANG pada kaca depannya.

Akhirnya, komedi zaman sekarang kadang gak penting lucu, yang penting pesan moral. Jadi endingnya MKM kasih pesan moral. Pesan moralnya: Contohlah truk bensin yang meniti langkah hidupnya pelan tapi pasti. Buat supir truk bensin, jangan sampai ketilang ya pak.

MKM Nekad Jadian

Adit MKM, 18 tahun, sebagai generasi arema (anti rempong dan mainstream), punya caranya sendiri untuk menyikapi masalah cinta. Jadi jomblo itu enak. Saking enaknya, butuh sesuatu yang sangat besar untuk membuat MKM rela melepaskan title jomblo. Sesuatu yang besar itu adalah gadis kecil bernama Venny Apriliani.

Jadi jomblo membuat MKM memiliki banyak keresahan yang akhirnya bisa dituangkan di blog menjadi tulisan yang lucu. Jadi jomblo membuat MKM punya alasan untuk berteriak memaki orang-orang yang pacaran. Namun keresahan tetaplah keresahan. Keresahan adalah sesuatu yang harus diselesaikan.

MKM memang belum lama kenal dengan Venny. MKM juga gak tau perasaan apa yang timbul antara MKM dan Venny. Tetapi makin dipikir, makin MKM menyerupai anak-anak alay. Ya, anak-anak alay selalu mengklasifikasikan cinta dengan klasifikasi yang aneh (ada tingkatan-tingkatannya, yang indikatornya juga tidak jelas apa). Cukup! MKM gak mau seperti itu. MKM ingin membuat ini sederhana.

“Aku punya rasa ke kamu. Kamu juga begitu ke aku. Dan kita sama-sama gak ngerti ini perasaan apa. Ya udah, kita nekad pacaran aja. Biar waktu yang menjawab semua tanya.”

Kurang lebih begitulah cara MKM mengajak Venny pacaran. Gak romantis. Tapi apa ada dari antara pembaca yang mampu membayangkan kalo MKM jadi romantis?

Ini emang jadian paling nekad bagi MKM. Resiko putusnya banyak sekali. Pertama, kami akan VFAR (Very Far Away Relationship, karena LDR udah terlalu mainstream). Kedua, kami juga beda ras (MKM sejenis Doberman, Venny sejenis Chihuahua). Tapi ini justru harus menjadi semangat. Bila kami mampu melampaui ini, masa depan kami pasti akan bahagia.

Jadi, MKM sekarang punya pacar. Dalam pacaran yang kali ini MKM berniat melakukan sedikit perbaikan.

  1. Cukup Aku dan Kamu

Jangan ada tokoh-tokoh lain dalam kisah cinta yang ini. Cukup MKM dan Venny. Jangan ada orang ketiga, keempat, ke tujuh puluh satu, dan kesekian kalinya. Jalani semua berdua. Jangan ada yang ditutup-tutupi. Seperti yang diungkapkan parpol2 sebelum pemilu, Bersama Kita Bisa.

2. Percaya

Karena tantangan yang terlalu banyak, percaya itu penting. Percaya bahwa MKM gak gigit. Percaya bahwa Venny bisa tumbuh lebih tinggi saat nanti MKM kembali dari perantauan. Dan yang penting percaya bahwa hati kami sedang menyatu dan saling menjaga.

3. Saling mengerti

Minyak dan Urin gak akan pernah bisa menyatu walaupun diaduk seperti apapun. Itu karena minyak dan urin sama-sama keras kepala mempertahankan massa jenisnya. Warna yang sama tidak mencerminkan bahwa mereka menyatu. Memang susah mengubah massa jenis, hampir gak mungkin. Tapi seiring waktu berjalan, mereka berdua pasti bisa menyatu menjadi minuman yang enak.

Buat pembaca, optimislah terhadap hubungan yang sedang kalian jalani. Ingat, cinta bagai bikin martabak, makin dibanting makin besar.

Ketika Setan Mencoba Bisnis Kuliner

Mie Setan. Burger Buto. Kentang Drakula. Dan coba sebutkan nama-nama setan lain yang mulai merambah dunia kuliner! Mungkin para setan sekarang sudah bertobat dari memakan manusia jadi pemberi asupan gizi pada manusia.

Dan MKM bingung kenapa makanan dari neraka ini bisa laku di pasaran? makanan ini merugikan masyarakat. pertama karena bahan dasarnya cabe, dan ini akan semakin membuat harga cabe melonjak. kedua, cabe itu mengandung racun. (kog mau2nya diracuni)

Kalo kita telaah dari nama-namanya, setan-setan ini telah gagal menjadi setan. Ada satu makanan namanya, Oskab genderuwo (bakso monster). Ini genderuwo yang salah pergaulan. Dia kebanyakan bergaul sama Yuli Sumpil (dirigen Aremania) sampe2 nama makanannya dibalik (bahasa walikan malang). Ada lagi, Ayam Bangsat. Dia melakukan kriminalitas apa sehingga dipanggil bangsat? nyolong sandal?

Kenapa sih orang-orang gak bikin makanan surgawi aja? Contoh: Bubur Malaikat, Nasi Goreng Peri, Kebab Bidadari. Ketika makanan setan ada levelnya yang makin tinggi makin pedes, makanan surgawi ini akan ada levelnya juga. makin tinggi makin manis.

Ya terserah sih kalian kalo doyan makanan setan seperti itu. Semoga setan hanya namanya saja. Namun memakan makanan itu tetap membuat suka cita. (walau habis tisu satu pak dan es 3 gelas)

Bila Cewe Beli Alat Cukur

Judul ini adalah pencarian terbanyak di blog Dunia MKM. Ini membuat MKM bertanya, blog ini sudah jadi blog macam apa? Orang-orang yang mencari ini berharap mendapat jawaban apa?

Apakah sebuah dosa kalo cewe beli alat cukur? Alat cukur bukan barang haram. Siapa tahu emang mereka butuh. Memang mereka gak punya kumis, tapi seenggaknya mereka punya bulu ketiak dan bulu pantat yang juga butuh dicukur. (daripada pake gunting ato pecahan beling)

Memang alat cukur tidak didesain untuk wanita. Terbukti bahwa belum ada alat cukur yang berwarna pink. dan MKM juga belum pernah denger kalo ada diskon alat cukur.

Namun pantaslah para laki-laki berhati-hati apabila cewe beli alat cukur. Jangan-jangan mereka beli itu sebagai modus PDKT. Mereka akan bawa alat cukur mereka sambil berkata, “Ajarin aku cukuran donk…” dan berhati-hatilah bila tiba-tiba ada cewe yang menyerangmu karena alat cukur mereka lebih mahal 500 rupiah dari alat cukurmu.

Susahnya, alat cukur akan membuat mandi cewe (yang udah lama) akan semakin lama. Akan ada aktifitas tambahan selain keramas, nyanyi, dan ngaca di kamar mandi. Dan alat cukur akan menjadi bahan baru untuk dijadikan foto profil. Bahkan akan bermunculan juga video-video narsis di youtube tentang cewe dan alat cukur.

Jadi untuk memuaskan pembaca, MKM mengambil sebuah kesimpulan. Alat cukur buat cewe itu sah-sah saja, asalkan digunakan untuk mencukur, bukan yang lain. Dan buat cewe2, hati-hati saat mencukur bulu pantat. Bagi para pemula, sediakan saja plester sebagai pertolongan pertama.