MKM Ikutan Ujian Nasional

“Demi Allah, saya akan mengerjakan soal-soal ujian nasional dengan penuh percaya diri, tanggung jawab, dan jujur.”

Pasti bukan soal yang diingat oleh peserta ujian. melainkan kalimat di atas. kalimat yang senantiasa diucapkan dan dilanggar oleh peserta ujian setiap hari.

oups. lupa. maaf kalo beberapa hari ini MKM off. MKM lagi ikutan acara Negara yang namanya UJIAN NASIONAL. ini sekilas pengalaman MKM mengikuti Ujian Nasional.

setiap pagi, selesai doa pagi, kepala sekolah MKM (yang baru aja dilantik dan sedikit absurd) memimpin MKM dan teman2 mengucapkan “pakta kejujuran” (pakta kejujuran adalah kalimat semacam sumpah untuk menjalani ujian dengan jujur). pakta ini di’diktekan (kayak anak TK yang baru aja belajar baca) tiap hari sebelum mengerjakan soal. sampai2 MKM hafal dan menggunakan kalimat ini sebagai opening buat postingan ini.

namun kalimat ini kebanyakan dilanggar oleh teman2 MKM. yang pertama adalah tentang percaya diri. hampir semua peserta ujian masuk ke ruang ujian dengan panik. takut kalo gak bisa kerja. apalagi MKM. sebuah kabar buruk bagi MKM adalah alat tulis disediakan oleh sekolah! itu berarti MKM tidak bisa menggunakan pensil ajaibnya (https://themkm.wordpress.com/2012/09/28/ujian-versi-mkm/). beruntunglah MKM masih bisa mengerjakan dengan baik.

tanggung jawab. apanya?berapa banyakdari peserta ujian yang menjadikan lembar belakang soal ujian sebagai kanvas lukis karena sudah terlalu nganggur? ngaku! (MKM juga sih) lalu, banyak siswa yang meraut pensilnya dan ditaruh di sudut meja. ngotor2in ruangan.

dan masalah kejujuran, tak perlu ditanyakan lagi. tradisi nyimpen bocoran jawaban masih belum bisa hilang. padahal soal sudah dibuat 20 tipe dan pake barcode. para pencontek ini tidak kehabisan ide. dengan kunci jawaban yang tertulis di sebuah kertas yang dilipat-lipat sampai kecil (seperti yang biasa dipake buat pengganjal meja) disembunyikan di berbagai tempat. mulai dari sabuk, kaus kaki, celana, dan celana dalam. (serius. ada yang di tengah2 ujian buka celana)

namun MKM jujur. masa superhero nyontek? seperti yang ada di iklan sabun. kalau bukan kita yang jujur, siapa lagi?

(doain MKM lulus ya… AMIN)

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: