Tahun Baru versi MKM

tahun baru tak lepas dari acara melek’an. walaupun sekarang melek’an lebih identik dengan acara bakar-bakar. maka dari itu tak heran bila menjelang tahun baru, barang2 pokok bakar2 (jagung, roti, dan arang) habis di pasaran. padahal masih banyak hal produktif yang bisa dilakukan pada saat menunggu detik pergantian tahun. contoh: nge-band, jual cilok, main capsa (produktif?), atau nyopet

ada dua hal yang sudah menjadi tradisi saat tahun baru. pertama adalah kembang api (yang gak ngerti kembang api, mercon… mercon). ritual membakar duit (beli mahal2 sensasinya cuma 5 detik) ini nampaknya digelar di setiap atap rumah. kembang api sendiri jenisnya bermacam-macam. ada yang konvensional (biasanya dari lidi yang dikasih mesiu atasnya), ada yang kayak tongkat sihir (dipegang, terus nyala kembang api dari atasnya), ada yang kayak air mancur (jadi bentuk apinya tumpeh-tumpeh), ada yang dibanting terus meledak (biasa dipake anak kecil buat ngerjain tetangga), bahkan ada yang begitu disulut, keluar suara yang keras banget (itu kembang api rusak kayaknya)

pernah lihat keadaan udara 15 menit setelah kembang api selesai ditembakkan pada saat tahun baru? jika pernah, pasti kalian melihat pemandangan ini: kabut. asap yang mengepul menyerupai kabut. setelah ribuan kembang api ditembakkan dari setiap halaman rumah, mesiu2 yang terbuang sia-sia hanya menyisakan asap. hanya asap (untuk harga kembang api yang mahal).

yang patut dipertanyakan adalah bagaimana nasib penjual kembang api yang barang jualannya masih banyak? kalau MKM jadi salah satu penjual, maka MKM tak mau rugi. MKM segera mencari kontak teroris, lalu menjual seluruh kembang apinya pada mereka. siapa tahu para teroris ada rencana mau meledakkan gedung MPR/DPR pake kembang api. jadi rekaman video amatirnya keren banget nanti (bakal jadi top video di youtube)

satu lagi yang sudah menjadi tradisi adalah terompet. walaupun menurut MKM ini hal yang Jayus, namun banyak orang yang masih membeli barang yang satu ini. padahal jelas-jelas suara terompet kalah keras dengan suara klakson sepeda motor Indonesia (yang biasanya pawai gak jelas).

tradisi umat Yahudi ini nampaknya memang tidak cocok diterapkan di Indonesia. salah satu sebabnya adalah terompet Indonesia kualitasnya masih jauh dari harapan. seakan2 masa kadaluarsanya adalah satu hari (beli sekarang, besok rusak). walaupun terompet Indonesia bisa didaur ulang tidak seperti terompet Yahudi. terompet Indonesia jika sudah rusak akan berubah menjadi mainan pukul2an anak kecil. lalu jika kertas emasnya sudah copot semua, maka terompet berubah menjadi bungkus kacang. dan ketika sudah kotor dan tak bisa dipakai lagi, saatnya terompet itu di”kilo”kan.

terompet yang paling sering dijumpai ada dua jenis. pertama yang bentuknya seperti naga. kita harus meniup terompet lewat ekornya. kalau dipikir2 hal itu pelecehan seksual banget (seperti niup patung babi lewat pantatnya). yang kedua adalah yang bentuknya kerucut. bentuk ini adalah yang paling digemari oleh anak2. kenapa? karena bila sudah rusak, mereka memiliki kesempatan untuk memasukkan tangannya lewat lobang yang besar sambil berkata, “Tanganku jadi pedang!” (efek anime – digimon,gallantmon)

gallantmon_by_kingdomblade-d5e6zsg

hal yang konyol saat Tahun Baru adalah pagi harinya. tanggal satu januari pukul 06.00 jalanan sangatlah sepi. bahkan bila MKM keliling kota sambil pake sepeda, telanjang dada (yang kurus banget), cuma pake boxer stabilo warna kuning (yang kalo kena cahaya, cahayanya berasa mantul), mungkin tidak akan ada orang yang tahu. jalanan yang malam harinya macet banget, pagi itu berasa car free day. orang2 munafik yang bangga bisa melek sampai jam 12 malam pun sudah terkapar pada saat itu.

anyway, MKM dan seluruh crew themkm.wordpress.com (kalo emang ada crewnya) mengucapkan selamat tahun baru 2013 bagi pembaca yang merayakannya. dengan masuknya tahun 2013, maka resmilah perubahan genre film 2012 dari film thriller menjadi film komedi. Keep Smile. lets make this year better than last year. (ini hasil google translate)

Trackbacks / Pingbacks

  1. Paskah versi MKM | Dunia MKM - 27 May 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: