Archive | January 2013

Back to School

Setelah sekian lama liburan, akhirnya tiba juga hari untuk masuk sekolah kembali. Back to school, begitulah kata iklan sepatu yang menampilkan wajah anak2 yang bahagia kembali masuk ke sekolah.

Padahal kenyataannya tidak. Kembali ke sekolah seperti kembali ke sebuah penjara. Setidaknya menurut MKM sekolah dan penjara memiliki beberapa persamaan. Pertama, sama-sama diwajibkan menggunakan seragam. Kedua, sama-sama harus patuh terhadap orang yang berkuasa di sana.

Akan ada banyak penyesuaian yang harus dijalani bagi para pelajar. Berikut ini adalah tips dari MKM untuk menyesuaikan diri dengan sekolah:

  1. Pastikan sudah punya jadwal pelajaran besok harinya. Buktikan dirimu sebagai pelajar yang siap sekolah (walaupun hati gak siap). Setidak-tidaknya, bawalah buku pelajaran yang lengkap sehingga guru2 tidak punya alasan untuk memarahi kalian.
  2. Pasang alarm (weker kalo gak ngerti) sepagi mungkin. Kebanyakan para pelajar saat liburan mengubah jam biologis mereka menjadi menyerupai hewan nokturnal (tidur pagi, bangun siang). Jadi, kalian masih punya waktu untuk mengatakan hal ini, “Aaahhmm…. Masih ngantuk…. 5 menit lagi deh….” (lalu tidur lagi sejenak untuk mempersiapkan mata)
  3. Bawa permen karet anti ngantuk. Ketika kalian merasa bosan dengan guru yang kebanyakan ceramah dan gak jelas nerangin apa, permen ini akan menolong kalian untuk mengurangi rasa kantuk.
  4. Pasang muka baik2 di depan guru. Buktikan pada guru2 bahwa semakin kita libur, semakin kita mendapatkan pencerahan. Dengan begitu, guru2 akan dengan senang hati memberikan kita libur di saat yang lain.

Karena MKM juga udah mulai sekolah (persiapan UN). Mulai hari ini, MKM akan terbit tiap hari rabu dan sabtu. Tunggu ya.

MKM dalam Acara Ireng Puteh

Acara ini ada di FiksiTV. pembawa acaranya anggap saja bernama Telo. pertanyaan2 ini dilontarkan dengan iringan musik menyerupai musik mario bros.

Telo: Oke Mas MKM, saya akan memberikan 2 pilihan dan harus dijawab secara cepat. Mandi atau cuci motor?
MKM: Cuci Motor (kan MKM ga doyan mandi)
Telo: Ayam atau Babi?
MKM: Babi
Telo: Blog atau pacar?
MKM: pacar la. gapapa blog ga laku asal pacar tetep sayang
Telo: Musik atau Sastra?
MKM: Sastra
Telo: ketahuan maling sandal atau ketahuan ngepet?
MKM: ketahuan ngepet. kan ngepet jarang ada yang bisa
Telo: Boker di celana atau Boker di WC cewe?
MKM: di WC cewe mas. sekalian curi kesempatan
Telo: Masuk TV karena kriminal atau Masuk TV karena selingkuh?
MKM: ga ada yang lebih enak mas?
Telo: Jawab aja
MKM: Karena kriminal mas. saya orangnya setia
Telo: Uenak. jadi superhero tapi pengangguran atau artis terkenal tapi banyak skandal?
MKM: jadi artis mas. nanti sambilannya jadi superhero.
Telo: Sekolah S2 di luar Negeri atau jadi S1 sukses di Indonesia?
MKM: Sukses di Indonesia mas. yang penting hati ayem dan bisa buat orang lain ketawa
Telo: diracun pake gas atau diracun pake jarum suntik?
MKM: pake gas mas. takut saya sama jarum suntik. (tapi kenapa harus diracun mas?)
Telo: Mencaci maki orang tua atau mencaci maki pacar?
MKM: mencaci maki sampeyan mas…… ayo mas!

setelah kejadian itu, Telo tidak pernah terlihat lagi di TV.

Tahun Baru versi MKM

tahun baru tak lepas dari acara melek’an. walaupun sekarang melek’an lebih identik dengan acara bakar-bakar. maka dari itu tak heran bila menjelang tahun baru, barang2 pokok bakar2 (jagung, roti, dan arang) habis di pasaran. padahal masih banyak hal produktif yang bisa dilakukan pada saat menunggu detik pergantian tahun. contoh: nge-band, jual cilok, main capsa (produktif?), atau nyopet

ada dua hal yang sudah menjadi tradisi saat tahun baru. pertama adalah kembang api (yang gak ngerti kembang api, mercon… mercon). ritual membakar duit (beli mahal2 sensasinya cuma 5 detik) ini nampaknya digelar di setiap atap rumah. kembang api sendiri jenisnya bermacam-macam. ada yang konvensional (biasanya dari lidi yang dikasih mesiu atasnya), ada yang kayak tongkat sihir (dipegang, terus nyala kembang api dari atasnya), ada yang kayak air mancur (jadi bentuk apinya tumpeh-tumpeh), ada yang dibanting terus meledak (biasa dipake anak kecil buat ngerjain tetangga), bahkan ada yang begitu disulut, keluar suara yang keras banget (itu kembang api rusak kayaknya)

pernah lihat keadaan udara 15 menit setelah kembang api selesai ditembakkan pada saat tahun baru? jika pernah, pasti kalian melihat pemandangan ini: kabut. asap yang mengepul menyerupai kabut. setelah ribuan kembang api ditembakkan dari setiap halaman rumah, mesiu2 yang terbuang sia-sia hanya menyisakan asap. hanya asap (untuk harga kembang api yang mahal).

yang patut dipertanyakan adalah bagaimana nasib penjual kembang api yang barang jualannya masih banyak? kalau MKM jadi salah satu penjual, maka MKM tak mau rugi. MKM segera mencari kontak teroris, lalu menjual seluruh kembang apinya pada mereka. siapa tahu para teroris ada rencana mau meledakkan gedung MPR/DPR pake kembang api. jadi rekaman video amatirnya keren banget nanti (bakal jadi top video di youtube)

satu lagi yang sudah menjadi tradisi adalah terompet. walaupun menurut MKM ini hal yang Jayus, namun banyak orang yang masih membeli barang yang satu ini. padahal jelas-jelas suara terompet kalah keras dengan suara klakson sepeda motor Indonesia (yang biasanya pawai gak jelas).

tradisi umat Yahudi ini nampaknya memang tidak cocok diterapkan di Indonesia. salah satu sebabnya adalah terompet Indonesia kualitasnya masih jauh dari harapan. seakan2 masa kadaluarsanya adalah satu hari (beli sekarang, besok rusak). walaupun terompet Indonesia bisa didaur ulang tidak seperti terompet Yahudi. terompet Indonesia jika sudah rusak akan berubah menjadi mainan pukul2an anak kecil. lalu jika kertas emasnya sudah copot semua, maka terompet berubah menjadi bungkus kacang. dan ketika sudah kotor dan tak bisa dipakai lagi, saatnya terompet itu di”kilo”kan.

terompet yang paling sering dijumpai ada dua jenis. pertama yang bentuknya seperti naga. kita harus meniup terompet lewat ekornya. kalau dipikir2 hal itu pelecehan seksual banget (seperti niup patung babi lewat pantatnya). yang kedua adalah yang bentuknya kerucut. bentuk ini adalah yang paling digemari oleh anak2. kenapa? karena bila sudah rusak, mereka memiliki kesempatan untuk memasukkan tangannya lewat lobang yang besar sambil berkata, “Tanganku jadi pedang!” (efek anime – digimon,gallantmon)

gallantmon_by_kingdomblade-d5e6zsg

hal yang konyol saat Tahun Baru adalah pagi harinya. tanggal satu januari pukul 06.00 jalanan sangatlah sepi. bahkan bila MKM keliling kota sambil pake sepeda, telanjang dada (yang kurus banget), cuma pake boxer stabilo warna kuning (yang kalo kena cahaya, cahayanya berasa mantul), mungkin tidak akan ada orang yang tahu. jalanan yang malam harinya macet banget, pagi itu berasa car free day. orang2 munafik yang bangga bisa melek sampai jam 12 malam pun sudah terkapar pada saat itu.

anyway, MKM dan seluruh crew themkm.wordpress.com (kalo emang ada crewnya) mengucapkan selamat tahun baru 2013 bagi pembaca yang merayakannya. dengan masuknya tahun 2013, maka resmilah perubahan genre film 2012 dari film thriller menjadi film komedi. Keep Smile. lets make this year better than last year. (ini hasil google translate)