Archive | December 2012

Liburan Hari kelima (postingan terakhir tentang liburan natal)

tanggal:28-12-2012

Kegiatan: Balik ke Malang

niat: berangkat jam 10 pagi, sampe malang jam 1 siang. kenyataan: berangkat jam 4 sore, sampe malang jam 7 malam.

kenapa gak ada yang bangunin MKM? MKM ketiduran sampe jam 2 siang (efek begadang dan main capsa: https://themkm.wordpress.com/2012/12/31/liburan-hari-keempat-dari-bensin-sampai-jarum-suntik/). akhirnya dengan ikhlas, MKM pamitan dan kembali ke Malang.

tantangan yang harus MKM hadapi cukuplah berat. pertama, dingin. MKM yang bertubuh kecil dan botak (mirip jalangkung yang dibuat dari tiang listrik), harus menerpa udara dingin yang begitu keras. lingkungan perbukitan yang baru saja terguyur hujan membuat MKM harus berulang kali berhenti untuk sekedar menggosok pipi yang kedinginan.

walaupun dingin, MKM tidak kehilangan ke”keren”annya. sambil belagak “cool” MKM beristirahat di depan betamaret(bukan nama sebenarnya – sebuah minimarket). fenomena aneh yang nampaknya sudah jadi rahasia umum: di mana ada si betamaret, tak sampai 20 meter di sekitarnya selalu ada saingannya, Indiamart(bukan nama sebenarnya). sampai hari ini masih misteri mengapa mereka melakukan itu. Mungkin saja Indiamart dan Betamaret adalah satu perusahaan. tujuan mereka adalah menguasai dunia dengan cara memenuhinya dengan toko.

tantangan lain yang harus dihadapi MKM adalah jalan perbukitan yang creepy (artinya menyeramkan, makanya sering2 liat kamus….).  serem banget. kanan kiri pohon (kayak lagu anak2), tapi sepi banged dan hanya ada cahaya bulan dan cahaya lampu motor MKM. pemandangan ini membuat MKM berteriak layaknya zombie, “Kota! mana Kota!!!?”

sesampainya di Malang, MKM yang ketakutan dan kedinginan berusaha masuk ke rumah. MKM membuka pagar dan menyentuh gagang pintu.

“Eh. dikunci. gimana ini?”
tidak diceritakan bagaimana kelanjutan kisah ini. namun dengan kejadian terkunci ini berakhirlah liburan natal 2012 versi MKM. kembali ke hari2 yang menyebalkan.

Liburan Hari Keempat (dari Bensin sampai Jarum Suntik)

tanggal: 27 – 12 -2012

kegiatan: Kumpul-kumpul gak jelas

 

MKM kembali bertemu dengan teman-teman masa kecilnya. setelah sekian lama tidak bertemu, MKM menjumpai teman-temannya yang semakin absurd.

dimulai dari munculnya sebuah aliran musik baru yang ngetren di Kediri. Metal Jazz. nampaknya tanpa MKM terangin juga pembaca tahu bahwa Metal dan Jazz bagaikan Kotoran Gajah dan Mencret Manusia. sama-sama Tai, tetapi wujud dan ukurannya berbeda. gak kebayang kalo dua hal ini dicampur. bagaikan mencampur kopi item dengan jus stroberi. (catatan: temen MKM dengan bangga menyebutkan bahwa band-nya menganut aliran absurd ini)

untuk mempertobatkan mereka, MKM mengajak mereka untuk beribadah di Pohsarang (kalo gak tau, cari di google). tirakatan jumat legi dimulai pukul 11.00 pm. MKM dan teman-teman berangkat pukul 09.00 pm. karena bensin yang menipis, MKM dan teman-teman mencari pom bensin terdekat.  pom bensinnya ketemu, tetapi mbak2 SPG yang biasanya menyambut hangat (dengan kata-kata yang sudah dilatih dan dipaksakan, “mulai dari nol ya mas.”) tidak ada di sana.

“KAMPRET! JAM SEGINI UDAH TUTUP! MAU DUIT GAK SIH?”

akhirnya sambil tetap bercanda, MKM dan teman-teman meneruskan perjalanan sambil bertekad: bila ada yang jualan bensin eceran, kita berhenti, kita beli. namun tekad hanya menjadi tekad. sudah 3 tempat jual bensin eceran terlewati karena kebanyakan bercanda. “Yang keempat kita harus berhenti teman!” akhirnya setelah tancap gas pelan, tampak satu lagi tempat jual bensin eceran. setelah kami menepi dengan penuh harap, bapak yang jualan berkata, “Maaf mas. habis.”

“KAMPRET!”

sesampainya di pohsarang, MKM dan teman-teman membantu sebagai penjaga tatib (semacam security) di sana. tirakatan dimulai 1 jam lagi. nganggur tak jadi alasan untuk diam. segera satu dari teman-teman MKM mengeluarkan kotak kebanggaannya. ia berkata, “Ayo Capsa! (Capsa: salah satu cabang permainan kartu)”

“Terkutuk rek! kau jadikan rumah Bapaku menjadi sarang penyamun!” -walaupun akhirnya MKM ikutan main juga-

tirakatan dimulai. kartu2 sudah tersimpan dengan rapi dengan janji akan dimainkan lagi setelah tirakatan ini. di akhir tirakatan, sebuah kecelakaan tak terlupakan terjadi. (dialog di bawah ini sudah diterjemahkan dari bahasa jawa kasar menjadi bahasa yang mudah dipahami)

MKM: “Rek! kayaknya ada kayu yang masuk ke tanganku.”
Teman1: “Bisa keluar?”
MKM: “Macet.”
Teman2: “Wah, kalo kelamaan bisa infeksi, kanker kulit, dll.”
MKM:  (takut) “Ciyus?”
teman2: “Ciyus C*K!”
MKM: “Gimana nih?”
teman1: “Keluarin pake jarum suntik!”
MKM: “mending pake pisau/gunting. aku takut jarum suntik.”
teman2: “tapi pake pinset udah gak bisa kan? ini jalan satu2nya.”
MKM: (lemas) “tidak.”

akhirnya, berkat jarum suntik, kayu sepanjang 3mm itu bisa keluar. oleh2 dari Kediri: sebuah luka tusuk sedalam 3mm di tangan. thanks my friends.

Liburan MKM hari ketiga (Nganggur)

Tanggal: 26-12-2012
Kegiatan: berjemur di genteng

Hari-hari ini adalah hari-hari nanggung. kenapa? karena Natal sudah berlalu tetapi tahun baru belum datang. telat untuk menghias pohon natal, terlalu cepat untuk membeli terompet (made in Indonesia-> sehari dibeli, langsung rusak)

yang MKM lalukan seharian ini adala nganggur. menjalani seharian dengan tidur. manjat genteng, terus tidur di atas genteng (berasa kucing). di genteng itulah MKM mulai berfantasi yang aneh-aneh.

MKM membayangkan apa yang Santa Claus lakukan hari ini? yang biasa ditampilkan film2 adalah hari sebelum natal, namun apa yang terjadi pada hari-hari setelah Natal?

ya mungkin pemandangan yang akan kita saksikan adalah Santa Claus yang berotot sedang tidur telanjang di tempat tidurnya. dia tidak sendirian. ia ditemani istrinya yang sudah bersiap-siap dengan sebuah koin di tangannya. singkat cerita, Santa Claus lagi kerokan. (masuk angin, efek telanjang cuma pake kostum pegulat waktu malam natal yang bersalju)

namun bukan berarti pekerjaan bagi para kurcaci sudah selesai. kini misi membungkus kado sudah selesai. misi selanjutnya, menghilangkan jejak Santa Claus. kalau berkunjung ke kantor Santa Claus, kita akan menemukan sebuah ruangan yang penuh dengan monitor (yang digunakan untuk mengawasi setiap anak di dunia). di monitor itu tampak beberapa kurcaci yang sedang bertelekomunikasi.
Kurcaci 1: “Kampret masuk. TAI RUSA yang ada di koordinat xxxx.yyyy sudah berhasil dihilangkan. ganti.”
kurcaci 2: “Oke Telo. lalu apakah ketombe Santa Claus yang jatuh sudah ketemu? ganti.”
Kurcaci 1: “Ketombenya sudah ditelan seekor anjing. ganti.”

di tengah kesibukan para kurcaci itu, Istri Santa Claus yang sudah selesai “mengecat punggung” suaminya, pergi ke ruang tengah untuk menyapu. beliau mengenakan daster warna merah yang bermotif bunga. ia menyapu sambil melantunkan lagu yang terkenal di era 80an. (kayak kebiasaan orang tua pada umumnya)

di tempat lain, musuh besar Santa Claus, Black Pied, sedang mempersiapkan kejahatan yang selanjutnya. seperti biasa, Black Pied mengenakan pakaian hitam dan berwajah seram. saat ini dia sedang melamun dan merencanakan kejahatan di atas genteng rumahnya.

——–Bentar——

di atas genteng? pakaian hitam? melamun? itu Aku!!!!!

pembelaan: kalau ada orang tua yang merasa kehilangan anaknya bisa menghubungi langsung nomor berikut: 085731629766. tapi beneran, anak itu bungkus dirinya sendiri pake karung terus minta MKM bawa. MKM tidak bersalah. anak itu masih terbungkus rapi di karung. MKM janji akan kembalikan utuh.

Natal versi MKM (Libur Natal hari kedua)

Tanggal : 25-12-2012
Kegiatan: Natalan

Sebelumnya MKM mau ngucapkan selamat natal bagi para pembaca  yang merayakan. selamat ulang tahun Tuhan Yesus Kristus. selamat datang Santa Claus

hari ini MKM merayakan natal bersama anak2 sekolah minggu (kegiatan bina iman umat kristiani bagi anak-anak di bawah 7 tahun). di sanalah MKM melihat sebuah kegiatan di mana anak2 ini disuruh membawa kado dan diberikan pada Tuhan Yesus. kado yang mereka bawa kebanyakan adalah kotak pensil, alat tulis, tas, dsb. padahal kalau dipikir2, umur Tuhan Yesus kan sudah 2012 (udah tua). mestinya dikado tongkat/kursi roda/kacamata. atau mungkin kita perlu tahu hobi Tuhan Yesus apa. jadi kalau ternyata Tuhan Yesus hobi main golf ya kita kado stik golf, kalau hobi main tenis ya kita kado shuttle cock.

selain itu, MKM menjumpai beberapa hal yang tidak ada hubungannya dengan Tuhan Yesus. pertama, pohon natal. pohon natal yang sering kita lihat adalah pohon cemara yang ditaburi salju. Yesus lahir di timur tengah (daerah yang panas). jadi gak mungkin ada pohon cemara yang bersalju di sana. terus dari mana ada ide pohon natal ini?

yang kedua adalah permen berbentuk tongkat. ini juga sama2 absurd. apa hubungannya permen dengan natal? setahu MKM, Tuhan Yesus mati disalib, bukan mati diabetes. ataukah ada kisah yang tak tertulis di mana ada seorang pengusaha permen yang mempersembahkan seluruh permennya saat Yesus lahir?

dan yang ketiga, yang paling ekstrim, Santa Claus. semenjak muncul tokoh ini, natal bukan ajang menanti datangnya Tuhan Yesus, namun ajang menanti datangnya Santa Claus. di kitab suci tidak pernah muncul tokoh ini. lalu sebenarnya Santa Claus ini siapa?

Santa Claus juga digambarkan sebagai yang suka membagi-bagikan hadiah pada anak baik di malam natal. namun dalam kisahnya tidak ada yang pernah melihat Santa Claus melakukan aksinya. lalu siapa yang pertama kali menyebarkan Hoax bahwa Santa Claus adalah pria tua gemuk berjanggut putih?

Menurut MKM, Santa Claus memiliki wujud pria yang awet muda yang berotot. mengapa? karena Santa Claus memiliki hobi masuk ke rumah orang melalui cerobong asap/jendela. kesimpulannya: Santa Claus adalah atlet parkour (sebuah cabang olah raga untuk melompat-lompat dari gedung bertingkat). dan setahu MKM, tidak ada atlet parkour yang lansia.

dan mungkin untuk menyembunyikan identitasnya, Santa Claus menggunakan topeng dalam melakukan aksinya. jadi kurang lebih wujud Santa Claus di bayangan MKM adalah pria berotot berpakaian pegulat berwarna merah. jadi mulai hari ini, kalo dateng ke tempat fitnes, liat ada orang berotot pake kolor warna merah, mungkin dia adalah Santa Claus.

satu lagi yang absurd dari Santa Claus adalah cara dia memberikan kado natal. Santa Claus mempunyai kebiasaan untuk menaruh kado natal di dalam kaus kaki. MKM mencoba menerka maksud Santa Claus. mungkin Santa Claus berusaha membaca karakter anak. kalau kaus kakinya berlubang, maka dia adalah tipe yang gemar olah raga. maka hadiahnya adalah barbel/raket/shuttle cock/bola ping-pong/yang lain.

kalau kaus kakinya tidak berlubang, berarti jarang olah raga. hadiahnya juga sama (barbel/raket/shuttle cock/bola ping-pong/yang lain), biar dia nyobain nikmatnya olah raga. dengan kata lain, Santa Claus selalu memberikan hadiah berupa alat-alat olah raga. mungkin itu bekas latihannya selama setahun. (jadi buat yang dapet hadiah dari Santa Claus, maklum kalo masih basah)

Sebenarnya MKM belum pernah dapet hadiah dari Santa Claus. sekali lagi, Santa Claus hanya datang pada anak yang baik. ini juga berlaku bagi pembaca. kalau sampai hari ini kalian belum pernah mendapat hadiah dari Santa Claus, kalian pasti bukan anak baik2.

 

Libur Natal 2012 MKM (hari pertama)

Tanggal: 24-12-2012

Kegiatan: Pulang Kampung (Kediri)

Setelah (akhirnya) mendapatkan SIM, untuk pertama kalinya MKM pulang ke Kediri dengan menggunakan sepeda motor (sendirian). Buat pembaca yang belum tahu, kampung halaman MKM adalah Kediri. Sejauh ini, Kediri hanya terkenal dengan tiga hal: Tahu, Pabrik Gudang Garam, dan Wisata Rohani Goa Pohsarang. Kalau ada pembaca yang masih bertanya di manakah itu Kediri, tanya aja ama google.

Dalam pengalaman pertama, “Nyasar” itu wajar (alibi). Walau tidak terlalu lama nyasar, MKM menjumpai beberapa toko yang absurd. Pertama, Butik “Al-Modar.” Nama apaan itu? Al-> besar, Modar-> mati. Butik mati besar2an? Atau jangan2 baju yang dijual adalah baju2 dari orang yang sudah meninggal. Lalu ada lagi “Rawon Asli Cap Jenggot.” Asli? Emang ada rawon palsu? Terus kenapa harus cap jenggot? Apakah jenggot juga termasuk bahan rahasia untuk memasak rawon mereka?

Setelah menemukan jalan yang benar, rupanya jalan dari Malang menuju Kediri sedang macet. 10 menit bergulat dengan macet, akhirnya MKM bisa meloloskan diri. Bersamaan dengan itu, MKM sadar bahwa bukan jalan dari Malang menuju Kediri yang macet, tetapi dari Malang menuju Batu. Kalau dipikir2, memang benar. Untuk apa dalam momen natal yang special ini orang datang ke Kediri yang tidak ada yang menarik di sana? (walau hina begitu, aku mencintai Kediri)

Karena jalan yang sepi, MKM mendapat kesempatan untuk menjadi pembalap sesaat. Layaknya Dani Pedrosa, MKM menembus hutan pembatas antara Malang dan Kediri yang berliku-liku. Sensasi juara ini bertahan hingga ada sebuah bis yang menyemprotkan asap hitam ke wajah MKM. Dani Pedrosa berubah menjadi Perseus yang sedang berusaha melawan Kraken yang menyemprotkan racun dari tentakelnya. MKM melihat ke atas. Seolah mengejek, rupanya bis itu menempelkan sebuah stiker tulisan di kaca belakangnya. “SELAMAT”

Segera MKM mendahului bis sialan itu. Hawa dingin pegunungan tiba-tiba berubah menjadi panas. Walau tidak sepanas Jakarta (Ibukota Indonesia yang level panasnya bagai replika neraka), namun rasa panas ini cukup membuat MKM gerah. Benarlah, 20 menit kemudian tetesan air mulai menetes dari langit. Dalam hati MKM berkata, “Para malaikat di langit lagi kencing. Persiapan buat natalan nanti malam.”

Postingan ini dibuat di tengah hujan sambil ngopi. Bila anda membaca postingan ini beberapa saat setelah postingan ini terbit, maka kemungkinan besar MKM sedang terkapar di tempat tidur karena masuk angin.