Save Rupiah!

Hi readers, kabar buruk yang mungkin kalian udah denger nih: kurs rupiah terhadap dollar sekarang turun jadi 14000 lebih. Well, we can really say we are f*cked! Gak hanya karena harga naik, tapi juga karena kita gak tau kenapa harga-harga naik… well, MKM nemuin video ini di youtube:

 

 

Udah liat? Well, di videonya seakan-akan nyalahin US, dan seakan-akan pemerintah kita do nothing. Tapi gini, MKM sebagai orang awam yang sayang akan Indonesia tentu prihatin dengan kondisi ini. Siapa sih yang mau kejadian 98 keulang lagi? Siapa sih yang mau harga-harga naik? Siapa sih yang gak kangen beli ciki-citos-jetset harga 500? hah?

MKM bukan orang yang ngerti ekonomi. Seperti yang dibilang di video, ilmu ekonomi itu ribet. Jawaban dari pertanyaan apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan rupiah mungkin lebih sulit dari jawaban pertanyaan “Mau balikan gak?” dari mantan yang udah selingkuhin kita.

Dan pernyataannya seakan konyol, SAVE RUPIAH. kita SAVE diri sendiri aja susah. Apalagi kalau pekerjaanmu cuma guru, kayaknya buat tahun-tahun ke depan, gaji kalian bakal cuma cukup buat beli makan.

Tapi ayo kita do something little. something little kalo banyak orang yang bikin kan jadi gede juga. Ada dua hal dari video itu yang bikin kita krisis. satu, US do something sama ekonomi mereka. dua, neraca ekspor impor kita anjlok.

So, MKM gak menyarankan kita buat ngebakar Amerika, bukan karena dosa, tapi karena kita pasti kalah. Tapi ayo kita perbaiki neraca ekspor impor kita. Lakukan hal yang udah dipromote oleh Pak Jusuf Kalla dari zaman SBY. Cintai produk dalam negeri, kurangi konsumsi produk luar. Jangan biarkan duit negara kita diambil, kita yang harus ngambil duit dari negara lain!!

Dan satu lagi temen-temen, salah satu sumber devisa Indonesia adalah bidang pariwisata. Gimana turis mau buang duit di Indonesia kalo kalian kerjanya buang sampah sembarangan di gunung? Lihat pantai-pantai kalian, ombaknya udah kecampur sama botol plastik, bungkus makan, dan BH! (Sumpah, ini true story, MKM pernah pergi ke pantai dan nemuin BH kebawa ombak, LEBIH DARI SATU!!!)

Buat yang pengusaha, ayo semangat! kalian pasti bisa ekspor lebih lagi! Buat yang cuma jadi konsumen, ayo jadi konsumen yang baik.

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Permisi kak….

Hi readers, kalian pasti pernah mengalami hal serupa. Dulu marah-marahin mahasiswa/siswa baru karena gak hormat sama kakak kelas, sekarang ngeliatin si maba ini marahin maba di bawanya lagi karena alasan yang sama. Males banget liatin maba gak tau sopan santun ini udah punya adik kelas.

Nah, ini kejadian di kehidupan MKM. Sekarang males aja liatin anak di bawah MKM yang mukanya berubah jadi agak songong gara-gara udah punya adek kelas. Harga diri mereka berasa nambah gitu. “Gua udah jadi kakak kelas!!! Sekarang gua bisa lebih gampang cari cewe!!!” kayak gitu lo!

Dari tahun ke tahun kejadiannya sama guys. Waktu ospek sopannya keterlaluan. Cuma papasan di jalan, langsung nunduk sambil bilang, “permisi kak…” Takutnya nanti makin parah. Kakak kelasnya lagi makan, dianya deketin, disembah, cium cincin, sambil bilang, “permisi kak….”

Tapi itu Cuma waktu ospeknya doang. Ospek selesai? Sopan santun selesai! Jangankan disapa, kenal aja enggak. Menurut MKM, mestinya emang adik kelas yang harus kenalan sama kakak kelas. Dunia kita sekarang udah makin complicated. Kakak kelas ngajak kenalan adik kelas langsung disangka tukang modus, pengincar brondong, penculik… kita jadi serba salah.

Gini lo… buat para maba sekalian, ramah aja. Senyum aja lah minimal ke setiap orang yang kalian liat. “Tapi kakaknya disenyumin gak ngebales.” Ya siapa tau dianya emang lagi gak fokus, lagi mikirin skripsi yang udah 3 tahun kepending. pokoknya kalian dulu lah punya itikad baik. senyum yang ikhlas gak butuh balesan kan?

Usahakan panggil semua orang dengan sebutan kakak. Kan gak lucu kalo misalnya kamu nyapa orang, “Woi… kamu dari kelas mana?” trus dia jawab, “Aku kakak kelasmu! Setan!” see… sopan ke orang kan gak butuh kriteria usia minimal. Sopan itu baik ke segala umat. Pegawai Pizza Hot aja panggil semua orang kakak.

Buat kakak kelas, jadilah teladan buat adek2. Ramah aja, gak usah sok galak. GELI! Ayo kita didik adik kelas kita dengan kasih. Justru yang marah2 gitu yang bakal bikin adik kelas kita jadi pribadi-pribadi gak sopan yang ngomongin orang dari belakang.

Ya udah ya. Ayo kuliah

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa

Jadi Indonesia (yang Merdeka)

Hi Readers, udah 70 tahun Indonesia merdeka, tapi hidupmu tetep jomblo aja. (gak nyambung ya?) Udah 70 tahun Indonesia merdeka, tapi nasib bangsa kita gini-gini aja. Maka saatnya kita mempertanyakan pertanyaan retoris, “Apakah bangsa kita ini beneran udah merdeka?”

Ini pertanyaan retoris yang jawabannya udah pasti, pasti belum. Bagaimana kita mau merdeka kalo kita kehilangan identitas bangsa sendiri? (kece banget gak sih) well anyway, Kita udah kehilangan identitas temen-temen, pancasila udah berhenti kita anut. terakhir diucapin bahkan palingan ya SD. Bahkan MKM tau beberapa SD yang cuma ngucapin pancasila kalo upacara (itupun upacaranya jarang-jarang).

1 Ke-Tuhanan Yang Maha Esa
Orang Indonesia ngakunya bertuhan, tapi diem-diem ada yang atheis. Bukannya MKM benci atheis, tapi kalo kamu atheis, menurut undang-undang kamu gak boleh dapet KTP. Identitas maksimalnya itu cuma boleh kartu pelajar. Itupun kartu pelajar kursus bikin KTP.

Ada yang gak atheis tapi kelakuannya kayak orang atheis. Kalian mendukung LGBT? Gini, Tuhan yang mana sih yang menciptakan manusia cewe buat menikah ama cewe? Tuhan macam apa yang kayak gitu? Tuhanku gondrong, tapi gak banci juga!

2 Kemanusiaan yang adil dan beradab
Masi sering gak sih nyangka orang timur bego semua? Masi sering gak sih nyangka orang jawa ndeso semua? Masi sering gak sih nyangka orang keturunan cina kaya semua? Enggak! Dosen MKM setengahnya orang timur. Banyak orang timur yang S3 (Sangar, Seram, tapi Seru).

Kita sering tidak memanusiakan bangsa sendiri. Kita mempekerjakan orang asing sebagai guru dan mempekerjakan bangsa sendiri sebagai supir, dan kita masih berharap bangsa kita merdeka di atas kaki sendiri?

3 Persatuan Indonesia
Kalian udah baca belum berita tentang orang jogja yang nyegat konvoi moge yang udah dikawal polisi dan ngelanggar lampu merah? baca dulu beritanya, itu penting. Menurut kalian, yang salah siapa? yang salah pertanyaannya. Saat ada masalah, kita cenderung cari pihak yang salah dan membela yang benar.

Ya pasti ada yang salah dan benar. Tapi lebih penting lagi, bisa gak kita ambil hikmahnya? Apakah cara si orang jogja untuk membela kebenaran ini udah benar? apakah hal yang dilakukan polisi ini benar-benar salah? Lantas kalau si polisi salah, harus kita benci sama polisi? Kalo kita benci polisi, pemerintah, kepala sekolah, kapan Indonesia bisa bersatu?

4 Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Apanya yang bijaksana dari Negara yang dipimpin oleh kekuatan mayoritas? Bikin film Islami bagus dibilang prestasi, bikin film Kristiani dibilang Kristenisasi. Orang-orang yang patuh pake trotoar harus ngalah sama pengguna sepeda motor mayoritas yang berpegang pada, “Biasanya orang pake sepeda motor di trotoar juga gapapa”

Dari SD diajarin musyawarah mufakat, voting, dan menghargai pendapat orang lain. Kalo udah gede, ilang! Kita cenderung egois. Pinginnya menang sendiri. padahal kalo menang gak bisa sendiri, kita butuh orang lain buat dikalahin. (abaikan)

5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Kalian tau gak sih di Papua sana ada desa yang cuma ada satu sekolah di area itu. Itupun SD. dan sebenarnya ada yang lebih parah lagi. Itu anak kalo udah lulus SD, bingung dia mau ngapain. Mau sekolah SMP jauh, mending ke pabrik sekalian, dapet duit.

Trus kapan Indonesia mau maju kalo gak ada kesadaran buat ngebangun bumi di timur sana? tanah jawa aja terus dibangun toko, mall, dan wahana bermain sampe panas kayak neraka! orang jawa juga butuh pohon!

Intinya adalah, Indonesia gak akan merdeka kalo kitanya sendiri gak mau merdeka. ayo kita mulai dari step kecil buat memerdekakan Indonesia. kamu bisa apa?

#ShareTheLove #Indonesia70 #Arema28nuhat #Shalom1Jiwa

How to have a good racism

Hey readers. I think being racist is normal in this post-modern world. But the shape of racism these days are different than Nelson Mandela’s time. In the past, racism is due to political issue. Now, we are being racist because it is fun. Now I will teach you how to have a good racism.

1 Don’t be racist to strangers
You need to befriend with that person first. Don’t make people feel offended by your words. Be nice. Smile. If you shout, “Hey ASIAN!!!” to stranger, he will likely shout back to you with anger, “I am BLACK!!! YOU BLIND!!!”

2 Don’t judge people based on stereotype
Not all black people are stupid and rude. Not all Asian are good at math. Not all Javanese people are polite. NO! (especially the last one). Know the people who you want to be racist at before.

3 Be ready to take any response from them
Maybe they will be racist to you too. Or maybe you and him are in the same race, then he will invite you to have dinner. Just be ready. We will never know.

4 Be proud of yourself
Whatever your race is, you are precious. You are not a second class citizens or else. You are you, God’s most wonderful creation. Don’t be shy if you are black. Look upon the future, even though your eyes are barely opened.

So, what is racism now? Racism is the condition when you accept your neighbor as the same human. Treat them like you want to be treated. Lets learn from another culture. MKM believes if everyone would learn from Chinese people, we could find the cure for cancer, because Chinese medication is extremely recommended.  MKM believes if everyone would learn from Papua people, the world would never afraid of Global warming, because we know how to protect the nature.

Lets befriend, Lets love each other.

#Shalom1Jiwa #ShareTheLove

Just Random (and Thank you)

Hi readers, mungkin ada yang tanya-tanya ke MKM. “Bro, gimana audisi kemaren?” Iya, MKM baru aja ikutan audisi Street Comedy 5. hasilnya? gak lolos lah… gila aja… MKM yang anak kemaren sore ini ya mana mungkin bisa bersaing dengan mereka yang udah pro. Well, belum.

Pengalaman dijuriin oleh 3 komika kece (David Nurbianto, Kemal Palevi, Arie Kriting) adalah satu dari sekian banyak pengalaman tak terlupakan yang akan menjadi titik acuan MKM buat selalu maju ke depan. (kalimat barusan kece banget gak sih, anyway) MKM mau lebih baik lagi.

Well, hari ini MKM gak punya ide khusus mau nulis apa. Tapi mungkin MKM bakalana ngomong random aja tentang apa yang ada di pikiran MKM sekarang.

1 MKM pingin pulang
MKM pingin banget pulang ke Malang. hari ini. kenapa? Hari ini 28 tahun nya Arema….. Setelah sukses menjadikan pacar MKM aremanita, MKM merasa lebih arema.

2 MKM pingin jadi guru yang baik
MKM liat sekarang anak-anak makin nakal. banyak anak yang gak tau tujuan sekolah buat apa. Padahal hidup ini, minimal kalian butuh ijazah. Ada anak yang pamitnya sekolah, tapi malah pergi ke rentalan. terus selesai dari rentalan dia dapet Surat Tanda Tamat Metal Slug.

3 MKM pingin makan klepon dan gethuk
MKM laper. Tapi sekarang susah cari makanan kayak klepon dan gethuk. Dulu masih banyak di jalan2… klepon umum SLJJ.

Udah ah. emang lagi gak ada bahan buat nulis. tapi thanks buat temen2 yang udah support MKM buat tetep berkomedi. Love you

#ShareTheLove #Shalom1Jiwa #Arema28Nuhat

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 43 other followers