Surat Terbuka Untuk Sari Roti

Kepada Sari Roti.

Mengapa Roti Double Soft di daerah saya sulit sekali ditemukan? Setiap kali saya ke Alfamart, atau Indomaret, Double Soft selalu habis. Kadang ada, tapi tinggal satu. Padahal Roti itu enak sekali. Kasihan para jomblo yang membutuhkan sentuhan lembut rotimu. Sulit carinya.

Masih tentang produk roti tawar double soft. Teksturnya begitu lembut, hal ini membuat pelanggan kalian curiga. Tolong diklarifikasi. Apakah double soft ada hubungannya dengan softex?

Saya juga menyesalkan keputusan pihak Sari Roti untuk membuat roti sobek hanya berisi 4. Sungguh hal tidak berpihak pada power rangers. Power rangers yang beranggotakan 5 orang sungguh tidak bisa menikmati roti ini secara kekeluargaan. Saya harap Sari Roti bisa meniru apa yang dilakukan Yakult yaitu membuat satu pak isi 5.

Karena keputusan kalian ini, ranger hitam sering tidak dapat jatah roti. Tolong klarifikasi. Apakah ini bentuk rasisme terhadap orang hitam?

Tetapi saya mengapresiasi Sari Roti karena sudah mau memunculkan produk-produk dengan rasa Srikaya. Di tempat saya, Sri miskin. Hanya dengan sari roti, Sri bisa jadi kaya.

Saran saya untuk Sari Roti adalah mengganti segel yang kotak yang biasa dipakai untuk menutup plastik rotinya dengan karet gelang. Sungguh karet gelang lebih dibutuhkan oleh anak kos-kosan daripada segel kotak. Karena dengan karet gelang kami anak kos bisa mengikat indomi yang hanya kami makan setengah (untuk dibikin lagi besoknya).

Saran terakhir, abaikan saja berita miring tentang perusahaan Sari Roti. Cukup perbaiki kualitasmu, Sari Roti. Cukup rebut kembali kepercayaan kami terhadapmu dengan rasa.

Tertanda,

Pecinta roti yang juga gak peduli dengan aksi 212.

Adit MKM

MKM ngartis

Well, gak bener-bener ngartis sih. MKM cuma kebetulan dapet kerjaan buat jadi talent di Acara Redaksiana Trans 7. emang acara gak terkenal (yang sebelum casting juga MKM gak tau itu acara apa), tapi minimal Trans 7 sempat terkenal gara-gara Tukul dan OVJ. So, ya. MKM akan segera masuk TV.

tapi cuma untuk beberapa menit. Maaf Fans.

“Wait! bukankah Redaksiana itu acara berita? jangan-jangan….” santai, MKM bukan tersangka pemerkosa yang harus disamarkan namanya. MKM di sana jadi selingan lucu-lucuan dari berita-berita tersebut.

MKM main di tiga sketsa yang masing-masing durasinya mungkin cuma semenit. jadi ya…. not much lah. tapi pengalaman yang berharga.

but well, MKM masuk TV!!!!!

MKM bersama dengan dua cast lain. yang pertama adalah Ibu Dosen yang merangkap sebagai penari, namanya Bu Devi. beliau dosen di Binus yang baru dibuka di Malang. Masih muda, cantik, siapapun pingin banget jadi anaknya. yang kedua adalah model profesional yang udah sana-sini di dunia modeling. baru aja jadi Miss Matos (Malang Town Square) 2016, namanya Vegi.

MKM? meh… mahasiswa drop out minim prestasi.

Dan ngeselinnya, mbak Fanni dari Trans 7 yang ngecasting MKM dengan jujur bilang, “Kami butuh pemeran tukang kebun, supir, dan salesman yang miskin. Maka untuk Casting cowo kali ini sengaja kami cari yang jelek dan mukanya melas.”

Seharian penuh MKM belajar banyak dunia di belakang layar pertelevisian. Thanks Trans 7. kalo ke malang lagi, ehem, ada mahasiswa butuh duit yang jago akting.

Buat kalian yang pingin juga masuk TV, MKM punya saran. pertama, jadilah ganteng atau cantik. Karena TV cari orang yang begitu. kalo gak bisa, coba dapatkan bencana yang hebat di hidupmu, Drop out misalnya. biar muka kalian bisa menderita.

Intinya, jangan pernah menyerah meraih mimpi. gagal adalah awal dari kesuksesan. Drop Out adalah langkah awal masuk box office.

Hopefully.

Ini foto abis syuting, bersama cast dan crew:

ngartis

M.H. Thamrin

Nama yang satu ini berkesan banget buat MKM. Setidaknya untuk tiga tahun, jika ditanya alamat, nama ini yang MKM tulis. MKM baru tahu kalau beliau adalah pejuang kemerdekaan yang sangat dekat dengan rakyat walaupun dia sendiri memiliki darah Belanda. Tapi honestly, seberapa peduli kalian sama nama jalan yang sering kalian lewati. Bahkan mungkin kalian gak tau itu siapa.

MKM pernah tahu ada sekolah Katolik yang terletak di Jalan Ahmad Dahlan. Padahal Ahmad Dahlan adalah salah satu tokoh pembesar Islam di Indonesia. Tapi jarang orang yang peduli hal ini. Kerukunan antar umat beragama akhirnya hanya sebatas jalan, bangunan, dan prasasti yang tak terealisasi.

Jujur deh, seberapa sih kita mengenang, kagum sama pahlawan kemerdekaan? MKM dan pacar MKM adalah fans berat Serial Supernatural. Namun kami tidak menganggap Castiel keren. Castiel memang keren, tapi kalah keren dengan Jendral Soedirman. Jas Panjang Jendral Soedirman lebih epic daripada Jas panjang Castiel.

Rupanya gejala yang sama ada di umat Katolik. Nama orang Katolik itu pasti diawali dengan nama Babtis. Orang pikir itu cuma nama random yang pokoknya diakhiri “us” seperti Fransiskus, Gregorius Maximus, atau Vincentius. Itu tidak random! Buktinya gak ada orang Katolik yang namanya Lactobacillus Protectus.

Jarang ada orang Katolik yang ngerti apa arti nama babtisnya. Kenapa? Mungkin karena orang mulai berhenti untuk bertanya. Orang tidak mau tahu. Orang hanya mau tahu apa yang menguntungkan bagi mereka. Bagi mereka, nama pahlawan, nama babtis, dan nama jajaran Menteri tidak sepenting nama orang yang menyakiti mereka.

Orang yang benci Ahok bisa tau segala sepak terjangnya hingga merekam setiap kata-katanya. Begitu juga yang benci Buni Yani atau Ahmad Dhani. Kita mengenal yang kita benci, agar kita bisa tahu salahnya di mana. Rupanya kekuatan benci bisa membuat orang peduli.

Apa MKM juga perlu memprovokasi kalian untuk benci pada para pahlawan agar kita semua mau peduli pada para pahlawan. Mungkin setelah kita membenci mereka, baru kita bisa merayakan Upacara Bendera dengan benar, bukan secara terpaksa.

Ah, tapi bukankah kita sudah terlalu nyaman saling membenci?

HI JAB

Bentuk toleransi antar umat beragama paling luhur sesungguhnya adalah ketika seorang Pria Katolik diizinkan untuk mengagumi Wanita Berhijab. Dulu MKM pernah ditegur oleh pastor, “Kamu gak boleh suka sama cewe itu!” “Romo, aku tau dia berkerudung, tapi cantic banget!” “Dia itu suster!”

Mari kita bahas kerudung suster nanti. Sekarang MKM mau bahas kerudung yang mainstream ada di Indonesia: Jilbab/Hijab/kerudung anak SMA pada umumnya. MKM kini harus banyak berteman dengan orang-orang berhijab. Buat MKM, mereka semua mirip. Susah menghafal orang tanpa ciri-ciri rambut. Bahkan bentuk muka mereka dipaksakan sama. Bulet.

Hijab ini ternyata coraknya bervariasi. Industri kreatif terus saja membuat corak batik baru, dari mulai polos, bunga-bunga, sampai ke bentuk geometris. MKM pernah liat ada cewe yang corak hijabnya kubus, prisma, dan tabung lengkap dengan ukurannya. Liat dia bawaannya pingin kerja soal.

Sayangnya, sampai hari ini MKM belum lihat hijab dengan corak anime. Padahal seru kalau ada hijab yang dikasih gambar kesatuannya Singeki no Kyojin atau botaknya Saitama. Tapi MKM pernah googling, minimal ada hijab yang bergaya Naruto. Lengkap dengan cadar.

kakuzu_mugshot

Cewe pake hijab itu bukan untuk manusia lo teman-teman. Dari sekian banyak temen cewe MKM yang pake hijab (karena belum ada temen cowo yg pake hijab), beberapa yang udah sempet MKM pergokin muka tanpa hijabnya, rupanya cantik. Artinya, hijab justru mengurangi kecantikan mereka. Hal ini mereka lakukan semata-mata hanya untuk patuh pada Tuhan dan membuat lelaki tidak tergoda untuk zina.

Well, walaupun sekarang udah banyak bokep yang pelakunya cewe berhijab.

Tetapi mari kita anggap semua wanita berhijab adalah wanita yang setia mempertahankan kesuciannya. Mereka rela gerah dengan menutup kepalanya serapat itu demi amal pahala. Dan make hijab itu susah lo teman-teman. Beberapa cewe harus pake jarum pentul di mana-mana. Ada yang harus pake jarum pentul di daerah sekitar leher. Bayangin kalo suatu hari mereka keburu-buru, terus leher mereka ketusuk jarum. Bisa mati lo. Minimal, dia bisa kehilangan pita suara. Wanita tersebut tak akan bisa gossip. Wanita tanpa gossip pada hakikatnya adalah mati.

Yang MKM pelajari adalah, jadi wanita muslim itu susah. Jadi cowo Kristen itu kewajibannya lebih gampang daripada jadi cewe muslim yang benar-benar muslim. Usaha mereka untuk ketemu Tuhan lebih besar daripada cowo-cowo pada umumnya, khususnya MKM. Dibanding mereka, MKM jauh.

Ah. Andai setiap orang sadar kalau dia tidak lebih baik dari sesamanya di hadapan Tuhan, tak akan perlu kita memperdebatkan siapa yang menistakan agama, siapa yang harus ditangkap, dan siapa yang harus dibunuh atas nama agama.

Oh. Ini bonus terakhir dari MKM. Follow insta: aditmkm untuk postingan jayus lainnya. #DrawingPun Project. Tebak-tebakan kuy! Fashion apa yang paling nonjok? Hi-Jab!

15192767_1491801567503667_826778344068510952_n

Donald

Ada tiga Donald yang penting buat kita tahu. Pertama Donald Duck. Donald Duck atau dalam Bahasa Indonesia Donal bebek, merupakan tokoh legendaris yang menghiasi masa kecil terutama anak-anak 90an. Komiknya dulu bersaing dengan Asteriks, Tintin, dan komik para penemu. Buat kalian yang kenal sama ketiga komik ini, nampaknya kalian harus segera cari kerja.

Donald Bebek mengajarkan kita banyak hal. Waktu belajar stand up comedy, MKM diajarkan bahwa artikulasi penting agar kamu bisa dapat tawa. Tapi Donald Bebek menghajar semua teori itu. Ngomongnya dia itu gak jelas, kayak orang lagi nenggak cola trus dipaksa buat nyanyi balonku ada lima. Donald bebek adalah contoh buat semua comedian kalo yang terpenting dari membuat orang tertawa adalah hatimu benar-benar ingin membuat orang lain bahagia.

Donald kedua tentu pesaing KFC, Mc’Donald. Di era digital ini nampaknya semua khalayak setuju untuk memanggil Ronald sebagai badut McD. Sekedar informasi, yang MKM ingat dari Ronald adalah dia ketua dari sekumpulan superheronya McD yang masing-masing mewakili produk dari McD. Tapi MKM paling suka sama Hamburglar, selain dia pake baju hitam, MKM juga suka burger.

MKM dan mantan teman sebangku (wah orang ini udah cukup lama gak muncul di blog gak terkenal ini) pernah makan di McD dan gak sengaja ngeliatin staffnya rapat. Akhirnya karena penasaran, kami mulai mencuri dengar secara diam2 layaknya 007 dan 008. Tentu banyak yang kami dapatkan, walaupun rapat mereka tidak menjelaskan kenapa harga ayam McD tiga kali lipat ayam nasi uduk.

Donald ketiga adalah Donald Pandiangan. Kalo Indonesia mau tambahin pahlawan Nasional, jangan Soeharto, tapi Donald Pandiangan. Berhasil bawa Indonesia 4 kali juara Sea Games di panahan. Punya julukan Robin Hood. Lihat, julukannya Robin Hood, bukan Green Arrow. Kenapa? Green Arrow/Oliver Quenn itu kaya. Veteran atlet Indonesia gak dapet perhatian lagi dari pemerintah.

Baru-baru ini ada filmnya, 3 Srikandi. Cerita medali pertama Indonesia di Olimpiade. 3 pemanah ini dilatih langsung oleh Donald Pandiangan. Yang jadi Om Pandi (panggilan akrab Donald Pandiangan) Reza Rahadian. See? Indonesia krisis actor tampan. Tolong Joko Anwar dan Riri Reza Acknowledge penulis blog yang jago acting ini.

Donald Trump? Out of the list. MKM gak akan ngomong apa-apa karena MKM bukan orang US. Tapi buat orang Indonesia, percuma Presiden US sekeren Obama tapi pimpinan daerahmu orang gak bener. Ayo sukseskan Pilkada!